Cara Menjadikan Chrome Sebagai Default Browser di Xiaomi dengan Sekali Klik

cara menjadikan chrome sebagai default browser di xiaomi

Sebagian pengguna HP Xiaomi mungkin pernah bertanya bagaimana cara menjadikan chrome sebagai default browser di xiaomi. Dimana secara default Xiaomi memang memakai browser bawaan mereka untuk aplikasi perambannya. 

Sebagaimana yang diketahui, browser terbaik di perangkat Android sekarang ini memang masih dipegang oleh Google Chrome. Jika dibandingkan dengan browser peramban lainnya, maka Chrome masih menjadi pilihan terbaik yang banyak digunakan. 

Begini Cara Menjadikan Chrome Sebagai Default Browser di Xiaomi

Sebenarnya apa itu browser default? Browser default adalah browser tetapan awal yang telah disetting oleh pabrik (bawaan). Dengan kata lain, saat Anda memakai internet maka akan langsung menggunakan default browser jika Anda belum mengubah settingan awal.

Secara bawaan browser yang digunakan oleh HP Xiaomi memanglah bukan chrome, meskipun di HP Xiaomi tersebut sudah terinstal Chrome. Namun jangan khawatir dulu, ternyata setting default browser bisa dirubah dengan mudah. 

Baca Juga: Cara Menggunakan VPN di Xiaomi

Adapun cara mengubah default browser di HP Xiaomi dan Redmi di MIUI 11 dan 12 ini bisa diganti menggunakan pengaturan Kelola Aplikasi dan cara lainnya adalah dengan berbagai trik tertentu yang akan artikel ini bagikan. 

1. Menggunakan Pengaturan Kelola Aplikasi

Cara menjadikan chrome sebagai default browser di Xiaomi pertama-tama adalah pastikan terlebih dahulu jika Anda berhasil menginstal aplikasi chrome pada perangkat HP Xiaomi. 

Berikut ini cara mengatur setting default browser yang bisa dilakukan sendiri dengan mudah dan cepat, yaitu:

  1. Silahkan buka menu Setelan atau Settings di Xiaomi Anda.
  2. Kemudian pilih menu APl atau Aplikasi.
  3. Kemudian, pilih opsi Kelola Aplikasi.
  4. Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas layar, lalu pilih opsi Aplikasi Awal atau Aplikasi Default.
  5. Jika sudah, Anda tinggal klik menu Browser.
  6. Lalu ganti browser MI di Xiaomi atau Redmi dengan browser yang lain, misalnya saja Chrome. .
  7. Dan selesai

Harusnya, setiap kali Anda membuka tautan dari aplikasi lain akan terbuka dengan browser chrome tanpa perlu verifikasi pertanyaan penggunaan browser terlebih dahulu. 

Baca Juga: Cara Memperbaiki Fingerprint Xiaomi Error

Nah, berikut ini langkah alternatif bagaimana cara membuat chrome menjadi default browser di Xiaomi. 

2. Menggunakan Setel Ulang Default Browser

Ini dia cara menjadikan chrome sebagai default browser di Xiaomi selanjutnya yang bisa Anda lakukan dengan lebih simple dan  mudah dibandingkan dengan langkah di atas.

  • Silahkan masuk ke Settings pada perangkat Xiaomi Anda, lalu pilihlah opsi Setelan Sistem Aplikasi.
  • Kemudian pilih Browser terlebih dahulu dan menonaktifkan menu Setel sebagai browser bawaan dengan posisi tombol yang ada di sebelah kiri.
  • Jika nantinya muncul notifikasi menu pernyataan pilihan silahkan Anda klik Ganti.
  • Proses selanjutnya, carilah menu Hapus Bawaan dan tekan satu kali pada menu tersebut sampai muncul tulisan Dibersihkan.
  • Jika Anda sudah ada pada proses ini maka cara default browser android telah berhasil dilakukan.

Dengan demikian, setiap kali Anda membuka tautan dari aplikasi lain di HP android, maka akan langsung dibuka lewat browser pilihan Anda. 

Sedikit catatan, apabila nanti Anda melihat notifikasi pop up untuk memilih salah satu browser, maka Anda hanya cukup untuk memberikan tanda centang pada Ingat pilihan saya dan kembali menggunakan aplikasi Chrome. 

Demikian cara menjadikan Chrome sebagai default browser di Xiaomi yang bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah dan cepat. Semoga tutorial Serta informasi kali ini bisa bermanfaat dan diaplikasikan dengan baik. 

Baca Juga: Cara Menyinkronkan Kontak Google dengan Xiaomi