Cara Menggunakan Google Meet dengan Mudah dan Cepat

cara menggunakan google meet

Teknologi komunikasi saat ini memang menjadi hal yang biasa digunakan seperti Google Meet. Terutama ketika pandemi membuat pekerjaan dan pembelajaran harus dilakukan secara daring melalui video conference. Nah bagi yang belum tahu, berikut cara menggunakan Google Meet dengan mudah. 

Cara Menggunakan Aplikasi Google Meet

Terdapat beberapa langkah yang bisa Anda ikuti ketika ingin menggunakan Google Meet, antara lain:

1. Mendownload Aplikasi Google Meet

Langkah yang pertama adalah mendownload aplikasi Google Meet terlebih dahulu. Untuk mendownloadnya bisa melalui smartphone Android di Play Store dan iOS di App Store Anda. Aplikasi Google Meet ini bisa Anda unduh secara gratis.

2. Melakukan Sign In atau Sign Up

Cara menggunakan Google Meet selanjutnya yaitu Anda perlu melakukan sign in atau sign up pada aplikasi. Langkah ini perlu Anda lakukan agar dapat menggunakan Google Meet. Kemudian untuk melakukannya bisa memakai akun yang sudah ada atau membuat baru dengan menyinkronkan gmail Anda. 

3. Memilih Meeting

Berikutnya adalah cara yang mudah untuk Anda lakukan yaitu memilih meeting pada aplikasi. Jika ingin melakukan meeting, bisa mengklik icon "+" yang terletak di bagian kanan bawah. Setelah itu akan muncul pilihan "New Video Call" dan saat Anda klik maka Anda akan menjadi host dalam meeting tersebut. 

4. Menambahkan Partisipan

Setelah Anda memilih meeting, maka bisa menambahkan partisipan untuk bergabung ke meeting Anda. Ada dua cara jika menambahkan beberapa partisipan dengan menginput nomor HP setiap peserta atau emailnya. Namun ketika Anda ingin bergabung bisa langsung join dengan password atau link yang sudah ada. 

Bagaimana Cara Memulai Google Meet?

Setelah Anda mengetahui cara menggunakan Google Meet, adapun cara memulai Google Meet, yaitu:

1. Melakukan Join atau Present

Cara memulai Google Meet yaitu bisa menekan pilihan present jika ingin menjadi host. Nantinya Anda dapat membuat meeting sendiri dan mengundang beberapa peserta ke dalam pertemuan tersebut. 

Nah jika Anda bukan sebagai host dan hanya menjadi peserta, bisa melakukan join meeting. Nantinya host akan membagikan link dan password Google Meet ke platform yang Anda gunakan. Kemudian klik link meeting maka akan diarahkan ke halaman Google Meet untuk bergabung.

2. Membagikan Link untuk Join kepada Peserta

Cara menggunakan atau memulai Google Meet yang kedua yaitu dengan membagikan link atau password ke peserta lainnya. Jadi, jika Anda menjadi host atau yang membuat room meeting tersebut, maka harus membagikan link pertemuannya dan ketika peserta mengklik tautan tersebut dapat langsung masuk. 

Keunggulan Google Meet

Adapun beberapa keunggulan dari menggunakan Google Meet, seperti:

  1. Pengguna dapat melakukan video atau audio call secara gratis.
  2. Kapasitas peserta yang bisa join mencapai lebih dari 250 orang. 
  3. Dapat melakukan komunikasi secara real time.
  4. Kemudahan melakukan presentasi ketika pembelajaran atau terkait pekerjaan.
  5. Bisa langsung menggunakan akun Google Anda untuk bisa terhubung ke Google Meet.
  6. Keamanan user akan terjaga oleh pihak Google saat menggunakan layanan Google Meet. 

Sudah Paham Cara Menggunakan dan Memulai Google Meet?

Dengan demikian, adanya Google Meet memudahkan Anda untuk berinteraksi secara virtual atau tanpa bertemu langsung. Meskipun tidak secara langsung, namun Anda bisa memanfaatkan fitur video dan audio call di dalamnya untuk berkomunikasi. 

Selain itu, cara menggunakannya juga mudah. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Google Meet di Play Store atau App Store. 

Kemudian masuk menggunakan akun Google pribadi dan bisa langsung menikmati fitur di dalamnya. Lalu ada juga beberapa kelebihan yang bisa Anda rasakan dari Google Meet seperti di atas.