Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah dan Gratis

cara membuat aplikasi di playstore

Pada dasarnya, cara membuat aplikasi di Playstore sangatlah mudah dan tidak terlalu rumit. Bahkan, Anda tidak perlu belajar ilmu komputer untuk bisa membuat sebuah apk atau aplikasi sederhana dalam versi Android. 

Langsung saja, ini dia langkah-langkah untuk membuat sebuah aplikasi sederhana di Playstore!

Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding

Untuk bisa membuat sebuah aplikasi Android dengan mudah dan tanpa proses coding, Anda bisa menggunakan beberapa platform penyedia paket pembuatan aplikasi Android secara gratis. Berikut daftar platformnya:

1. Appery.io

Situs ini menawarkan kepada Anda sebuah fasilitas guna mengembangkan aplikasi berbasis mobile Android dan backend service. Selain itu, situs ini juga mempunyai banyak sekali plugin untuk melengkapi aplikasi Android yang akan Anda buat. Bahkan, situs ini juga semakin lengkap dengan fitur desain yang menarik. 

Anda bisa mengakses situs ini secara gratis. Selain itu, Anda juga bakal memperoleh media penyimpanan sebesar 1 GB secara gratis. Situs ini juga menyediakan layanan customer service yang akan membantu Anda saat mengalami kendala. Fitur yang tersedia di situs Appery.io ini  juga sangat lengkap dan mudah.

2. Appsgeyser

Cara membuat aplikasi di Playstore yang kedua adalah dengan situs Appsgeyser. Situs ini sudah sangat populer di kalangan pengembang Android pemula. Selain itu, situs ini juga sangat mudah penggunaannya serta mempunyai banyak sekali fitur yang menarik.

Bahkan, Anda yang masih pemula akan sangat mudah menggunakan aplikasi ini. Anda hanya perlu melakukan drag and drop pada label aplikasi dan menjalankan fungsi variabelnya secara mudah. Selain itu, terdapat juga fitur auto maker yang akan memudahkan Anda untuk membuat aplikasi.

3. AppMakr

Di urutan ketiga cara membuat aplikasi di Playstore adalah dengan bantuan situs Appmakr. Situs ini memberikan kemudahan bagi Anda para pemula untuk membuat aplikasi Android tanpa menggunakan coding. 

Selain itu, situs ini dapat Anda akses secara gratis. Namun. di dalam hasil aplikasi yang Anda buat nantinya akan terdapat iklan. Akan tetapi, jika Anda ingin beralih ke versi premium dan berbayar juga bisa. Banyak sekali pilihan paket murah yang bisa Anda bisa pilih. 

Akun gratis dan premium tentu saja memiliki banyak perbedaan fitur dan fungsi, ya. Namun, pada dasarnya penggunaan situs ini sangat berguna untuk pembuatan aplikasi Android dengan sangat mudah dan tanpa coding.

Cara Membuat Aplikasi di Playstore

Setelah membuat aplikasi dari situs penyedia layanan pembuatan aplikasi Android, maka tahap selanjutnya adalah mengupload aplikasi tersebut di Play Store. Ikuti langkah unggah aplikasinya berikut ini:

  1. Login dengan email Google Anda.
  2. Setelah login, Anda akan menuju ke halaman Accept Developer Agreement..
  3. Kemudian, Anda perlu membayar biaya langganan sebesar $25. 
  4. Klik tombol “Complete Registration”.
  5. Selanjutnya, Anda akan masuk ke halaman dashboard. Setelah itu, Anda bisa upload aplikasi tersebut dengan cara klik opsi “Create Application”.
  6. Setelah terupload, langkah selanjutnya adalah mengisi informasi data aplikasi tersebut.
  7. Selain itu, masukkan juga kategori aplikasi agar pengguna lebih mudah untuk mengaksesnya.
  8. Terakhir, silakan klik opsi “Published”, dan Anda sudah resmi mendaftarkan aplikasi buatan Anda di Google Play Store.

Sudah Tahu Cara Membuat Aplikasi di Playstore?

Nah, itu dia cara membuat aplikasi di Playstore dengan mudah dan gratis. Namun, pada proses penguploadan aplikasi, Anda harus membayar sejumlah $25 untuk biaya pendaftaran akun di platform Google Play Store.

Baca Juga: Game Paling Mahal di Playstore