5 Rekomendasi Aplikasi Screenshot PC Terbaik 2022

Aplikasi screenshot di PC sering digunakan terutama bagi yang sering bekerja menggunakan laptop ataupun komputer. 

Sebenarnya ada aplikasi Screenshot PC bawaan Windows, yaitu Snipping Tool. Hasilnya lumayan memadai, namun tidak ada salahnya jika memiliki aplikasi aplikasi lain. Mungkin saja Anda akan lebih cocok menggunakan aplikasi screenshot PC dari pada aplikasi bawaan.

Daftar  Aplikasi Screenshot PC

Ada beberapa aplikasi screenshot PC yang bisa Anda unduh dan gunakan secara gratis, yaitu:

1. Lightshot

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi screenshot PC yang powerful. Anda bisa mengambil gambar yang akan Anda screenshot, mengedit hasil screenshot, mengupload ke internet, ataupun mencari gambar sejenis. 

Lightshot screenshot ini juga memiliki tampilan yang intutif dan tersedia untuk berbagai platform. Lightshot bisa digunakan di Windows, Mac dan berbagai browser, seperti Chrome, Firefox, Internet Explorer, dan Opera. 

Lightshot merupakan salah satu aplikasi screenshot PC gratis yang bisa Anda unduh sendiri.

2. TinyTake

TinyTake merupakan salah satu apliaksi screenshot PC Windows dan Mac. TinyTake tidak hanya bisa digunakan untuk screenshot, namun juga bisa untuk merekam layar sebagai video. Aplikasi ini menawarkan membuat catatan di screenshot, baik untuk gambar ataupun video.

Fitur untuk memindai gambar di TinyTake ini cuku lengkap. Anda bisa membagikan hasil tangkapan layar kepada siapapun menggunakan penyimpanan cloud TinyTake setelah selesai mengeditnya. Selain itu, Anda juga bisa mengirimkan hasil video ke YouTube.

Aplikasi ini bisa digunakakan secara gratis untuk keperluan personal. Akan tetapi TinyTake memiliki batasan rekaman video, yaitu 5 menit. Selain itu juga memiliki batasan penyimpanan cloud sebesar 2GB. 

3. Screenpresso 

Aplikasi ini bisa membantu Anda untuk melakukan print screen dalam berbagai bentuk. Anda bisa mengambil bagian tertentu pada layar, melakukan tangkapan layar untuk semua halaman website (termasuk saat scroll), dan juga merekam dalam bentuk video HD. 

Screenpresso dilengkapi dengan peralatan image editor, widget (yang disebut workplace), serta kemampuan mengirimkan hasil print screen baik ke pengyimpanan cloud Screenpresso, Google Drive, Microsoft OneDrive, Dropbox, dan sosial media lainnya.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis, namun memiliki batasan-batasan, seperti adanya watermark Screenpresso untuk video capture, image editor terbatas, peralatan generator dokumen yang terbatas, dan lain sebaainya.

4. Clarify 

Aplikasi Clarify menawarkan pembuatan screenshot dengan cepat serta berbagai variasi cara. Anda bisa melakukan tangkapan layar baik menggunakan tombol capture, shortcut di keyboard, ataupun ikon di toolbar. 

Sama dengan aplikasi lainnya, Anda juga bisa mengambil gambar layar hanya sebagian saja. fitur paling menarik dari Clarify ini adalah Anda bisa membuat setiap screenshot menjadi urutan daftar. 

Hal tersebut tentunya akan memudahkan Anda ingin membuat tutorial dengan langkah-langkah berurutan. Bagi Anda yang memiliki hobi blogging, fitur ini juga sangat cocok untuk Anda gunakan.

Selain itu, Clarify juga memiliki beberapa fitur yang bisa digunakan untuk menambah catatan, border, dan peralatan edit gambar sederhana lainnya. Akan tetapi, aplikasi ini tidak bisa digunakan untuk merekam layar dalam bentuk video.

Anda bisa download aplikasi screenshot PC ini di Windows dan juga Mac.

5. ShareX

Aplikasi screenshot PC yang powerful lainnya adalah ShareX. Aplikasi ini sudah beredar sekitar 9 tahun dan termasuk aplikasi yang memiliki banyak fitur.

Anda bisa membuat screenshot layar secara full screen, halaman website, monitor yang aktif (jika menggunakan banyak monitor), wilayah tertentu, dan lainnya. 

Selain itu, Anda juga bisa memilih tindakan setelah membuat screen capture untuk memilih copy ke clipboard, meihat di Explorer, print, membuat catatan, image editor, langsung mengunggah, dan lain sebagainya.

Tujuan untuk mengunggah file juga beragam, mulai dari Imagur, Google Photos, Twitter, dan sosial media lainnya.

Demikian rekomendasi  aplikasi screenshot PC yang bisa Anda gunakan secara gratis.