Aplikasi Merangkum Online, Jadikan Membaca Jadi Lebih Mudah!

Membaca adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan untuk mendapatkan informasi. Ada banyak sumber untuk mendapatkan informasi, baik melalui membaca buku ataupun media online. Seiring perkembangan teknologi kini hadir aplikasi merangkum online.

Daftar Aplikasi Merangkum Online

Ada beberapa aplikasi merangkum online yang bisa Anda gunakan untuk membantu mempermudah Anda dalam membaca. Aplikasi-aplikasi tersebut antara lain:

1. Prepostseo

Aplikasi ini merupakan salah satu ringkasan online gratis dan memiliki banyak pilihan bahasa. Keakuratan hasil rangkuman dari website ini terbilang tinggi. Dengan demikian Anda tidak akan bingung dengan hasil rangkuman dari website ini.

2. Editpad

Ada beberapa opsi bahasa yang bisa dirangkum menggunakan website ini, termasuk bahasa Indonesia. Anda tidak perlu ragu ketika ingin merangkum bacaan menggunakan alat merangkum ini.

3. Paraphraser

Website ini tidak hanya bisa digunakan untuk meringkas bacaan, namun, Anda juga bisa menggunakannya untuk melakukan cek plagiasi ataupun cek grammar. Anda perlu mencentang chapta yang tersedia untuk merangkum melalui website ini.

4. Smodin

Smoding salah satu websiter yang cocok untuk digunakan merangkum berbagai jenis tulisan dan teks. Smodin tidak hanya web untuk meringkas jurnal dan artikel, namun juga bisa digunakan untuk merangkum jenis tulisan seperti dokumen legal hingga manuskrip.

Website ini tidak hanya ditujukan untuk pelajar dan dosen, namun juga cocok untuk berbagai jenis pekerjaan yang membutuhkan aplikasi merangkum online. 

5. Quillbot

Bagi Anda yang sedang mengerjakan tugas akhir, Anda bisa memanfaatkan Quillbot untuk membantu Anda dalam menyelesaikan tugas tersebut. Quillbot tidak hanya memiliki fitur meringkas tulisan, namun juga menyediakan berbagai fitur seperti parafrasa dan pengecekan plagiarism.

6. Resoomer

Aplikasi merangkum online ini merupakan salah satu yang paling sering sering digunakan. Hal ini terbukti dari penggunanya yang berasal dari berbagai macam kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, guru, dosen, jurnalis, editor, dan masih banyak lagi dari seluruh negara di dunia.

Resoomer akan sangat membantu Anda dalam meringkas dan mengurangi teks ilmiah, misalnya jurnal ataupun artikel penelitian. Selain itu, websiter ini juga bisa digunakn untuk meringkas teks non ilmiah seperti surat kabar hingga cerpen. 

Resoomer rangluman ini sangat efektif untuk Anda yang ingin menghemat waktu tanpa harus membaca teks secara keseluruhan.

7. RingkasIn

RingkasIn dibuat khusus untuk tulisan dan teks berbahasa Indonesia. Oleh karena itu, website ini sangat cocok bagi Anda yang ingin merangkum sumber tulisan berbahasa Indonesia. 

Selain menghasilkan rangkuman yang akurat, ada fitur-fitur lain yang bisa Anda gunakan untuk menentukan berapa persen dari sumber tulisan yang akan diringkas.

8. TLDR This

Website ini menyediakan fitur untuk memasukkan URL teks atau tulisan yang ingin Anda ringkas. Selain itu, Anda juga diberikan pilihan bagaimana metode meringkas yang akan digunakan.

Pilihan metode meringkas tersebut adalah dengan menggunakan key sentences atau AI. TLDR This memberikan fitur pilihan lain yang tidak kalah penting, yaitu hasil ringkasan yang singkat namun detail, sehingga Anda tidak perlu membaca ulang rangkumannya.

9. I Lazy to Read

Beralama-lama menatap tulisan dan teks di layar, seringnya membuat pusing dan mual. Anda bisa coba membuka website I Lazy to Read karena Anda akan disuguhkan dengan tampilan desain UX website yang membuat mata lebih nyaman.

Anda bisa meletakkan tulisan dan teks di I Lazy to Read dengan cara copy-paste ke halaman website ini agar tulisan bisa dirangkum.

10. Auto Summarizer 

Website ini cukup ringan, sehingga Anda hanya membutuhkan waktu singkat saat membukanya. Selain itu, tampilan website yang sederhana dan minimal tanpa adanya pop-up iklan akan membuat Anda nyaman ketika menggunakannya. 

Penutup

Demikian aplikasi merangkum online versi kitabrumus yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah Anda dalam membaca.