Aplikasi Edit Foto Terbaik dan Terpopuler di Android 2022

aplikasi edit foto terbaik di android

Aplikasi Edit Foto Terbaik - Di era digital seperti sekarang, editing foto telah menjadi bagian dari kehidupan sebagian besar orang. Terutama, bagi mereka yang sehari-hari bergelut dengan sosial media. Apalagi dengan hadirnya aplikasi edit foto terbaik yang bisa diinstal dari aplikasi Android menjadikan proses editing menjadi lebih simpel, lebih cepat, dan juga lebih mudah.

Nah, bagi kalian yang gemar berpose di sosial media, tentunya aplikasi edit foto semacam ini sangat penting bukan? Selain bisa digunakan memoles kekurangan dari hasil foto yang kurang optimal, juga mampu membuat foto menjadi lebih aesthetic dengan memanfaatkan beragam filter profesional yang tersedia di dalamnya.

Daftar Aplikasi Edit Foto Terbaik yang Wajib Kalian Coba

Berikut ini beberapa aplikasi edit foto terbaik di Android yang memiliki keunggulan dan fitur uniknya masing-masing yang dapat kalian coba nantinya:

PicsArt Photo Editor

Di urutan pertama, ada PicsArt Photo Editor yang merupakan salah satu aplikasi terpopuler dan terbaik yang bisa kalian gunakan untuk keperluan editing foto. Selain memiliki koleksi stiker dan filter yang lengkap, aplikasi ini pun sepenuhnya gratis dan dapat digunakan tanpa perlu membeli atau berlangganan sekalipun.

PicsArt Photo Editor menawarkan fitur instan one click yang akan mengubah foto kalian menjadi foto yang indah dan menarik hanya dalam sekali klik. Tanpa perlu menjadi ahli fotografi atau software untuk dapat memainkannya.

Terlebih, hadirnya fitur “magic effect” mampu membuat foto apapun menjadi tampak begitu aesthetic. Dengan fitur ini, kalian dapat mengubah foto hasil kamera menjadi kartun, lukisan, dan aneka filter unik lainnya.

Kategori Keterangan

Nama Aplikasi PicsArt Photo Editor

Developer Aplikasi PicsArt

Ukuran Aplikasi 31 MB

Jumlah Unduhan 500 juta +

Dukungan Sistem Android 4.1 + 

Baca Juga: Aplikasi Foto Selfie Cantik

Adobe Photoshop Express

Kita semua tentunya sudah tahu bahwa Adobe Photoshop merupakan aplikasi editing foto terbaik di PC / Windows. Kepopuleran aplikasi tersebut sudah tidak diragukan lagi mengingat fiturnya yang lengkap dan juga cocok digunakan di semua kalangan baik pribadi ataupun profesional.

Oleh karena itu, Adobe selaku developer dari aplikasi tersebut mengembangkan sebuah aplikasi baru yakni Adobe Photoshop Express yang disediakan secara khusus bagi pengguna HP Android. Aplikasi ini merupakan aplikasi instan dari Adobe Photoshop dengan fitur yang terbatas dan interface yang lebih simpel.

Walaupun tidak memiliki fitur selengkap versi Windows, namun aplikasi ini sepenuhnya gratis. Bahkan, tersedia pula fitur Creative Cloud sehingga nantinya kalian dapat mengedit ulang di PC yang diambil langsung dari server cloud. Menarik bukan?

Kategori Keterangan

Nama Aplikasi: Adobe Photoshop Express

Developer Aplikasi: Adobe

Ukuran Aplikasi: Tergantung variasi perangkat

Jumlah Unduhan: 100 juta +

Dukungan Sistem: Android 4.4 + 

Snapseed

Snapseed merupakan aplikasi yang dikembangkan langsung oleh Google LLC dan menjadi salah satu aplikasi edit foto terbaik dan terpopuler yang telah digunakan oleh para editor foto seluler profesional. Walaupun memiliki fitur dan tools editing yang langkap, namun Snapseed memiliki ukuran yang terbilang ringan yakni di bawah 25 MB.

Seperti yang kita ketahui, aplikasi buatan Google tentunya tidak perlu kita ragukan lagi kualitasnya. Hal ini bisa kita buktikan pada Snapseed yang memiliki kualitas editing profesional sekaligus pengaturan kelas atas seperti white balance dan dukungan editing file mentah layaknya raw file.

Bagi para pemula, kalian dapat memanfaatkan fitur auto edit yang akan melakukan editing secara instan menggunakan filter profesional. Namun, bagi para editor foto kelas pro, kalian bisa memanfaatkan beragam fitur yang ada di dalamnya.

Kategori Keterangan

Nama Aplikasi: Snapseed

Developer Aplikasi: Google LLC

Ukuran Aplikasi: 22 MB

Jumlah Unduhan: 100 juta +

Dukungan Sistem: Android 4.4 + 

Baca Juga: Aplikasi Edit Foto Jadi Pengantin

Adobe Lightroom

Adobe Lightroom dan Adobe Photoshop Express memang dikembangkan oleh developer yang sama. Akan tetapi, aplikasi ini memiliki tampilan yang lebih simpel, ukuran yang lebih ringan, dan juga sangat cocok diintegrasikan dengan berbagai macam jenis sosial media.

Dari segi fitur, memang Adobe Lightroom tidak selengkap Photosop Express. Walaupun demikian, fasilitas instan editingnya sangat membantu kita yang tidak ingin ribet mengeksplorasi beragam tools yang membingungkan.

Selain sebagai aplikasi photo editor, Adobe Lightroom juga dapat berfungsi sebagai foto “Pro Camera”. Jadi, nantinya kita bisa menerapkan filter secara langsung pada saat foto-foto sehingga tidak perlu melakukan editing lagi setelahnya.

Kategori Keterangan

Nama Aplikasi: Adobe Photoshop Express

Developer Aplikasi: Adobe

Ukuran Aplikasi: 72 MB

Jumlah Unduhan: 50 juta +

Dukungan Sistem: Android 5.0 + 

VSCO

Apabila kalian merupakan seorang konten kreator yang gemar upload foto, update meme, kata-kata bijak, ataupun video pendek yang penuh inspiratif maka cobalah aplikasi edit foto terbaik bernama VSCO. Akhir-akhir ini, VSCO menjadi salah satu aplikasi terpopuler yang digunakan oleh para kaum hawa yang gemar bersosial media di Instagram dan Tik Tok.

VSCO menggunakan konsep AI (Artificial Intelligence) sehingga hasil editing fotonya sangat indah walaupun dilakukan secara otomatis. Filter minimalisnya pun akan membuat hasil foto begitu ciamik dan juga indah.

Terdapat pula efek vintage yang bisa diterapkan langsung saat menjepret foto. Nantinya, kalian dapat menyesuaikan focus maupun exposure saat sedang menjepret dengan kamera. Dijamin hasil foto kalian akan tampil lebih indah dibandingkan saat menggunakan kamera bawaan HP.

Kategori Keterangan

Nama Aplikasi: VSCO

Developer Aplikasi: VSCO

Ukuran Aplikasi: 58 MB

Jumlah Unduhan: 50 juta +

Dukungan Sistem: Android 5.0 + 

Photo Lab Picture Editor

Sebelum kalian mengupload postingan di Instagram atau sosial media lainnya, alangkah baiknya untuk mengedit foto kalian terlebih dahulu di salah satu aplikasi edit foto terbaik yang bernama Photo Lab Picture Editor. Tak hanya mampu membuat foto menjadi tampak unik, namun kalian juga dapat berkreasi seunik dan sekreatif mungkin untuk sehingga menghasilkan foto yang spektakuler.

Photo Lab Picture Editor cocok digunakan oleh pemula maupun profesional. Bagi para pemula, kalian bisa menggunakan fitur instan edit ataupun fitur unggulan lainnya. Sedangkan bagi para profesional, kalian dapat memanfaatkan fitur teknis dan aneka tools yang super lengkap.

Dengan hadirnya fitus sosial media sharing juga memudahkan untuk mengupload langsung ke sosial media yang kalian gunakan. Dan yang tak kalah penting, hasil foto tidak memiliki watermark sehingga hasilnya dijamin luar biasa.

Kategori Keterangan

Nama Aplikasi: Photo Lab Picture Editor

Developer Aplikasi: Linerock Investments LTD

Ukuran Aplikasi: 50 MB

Jumlah Unduhan: 100 juta +

Dukungan Sistem: Android 4.2 + 

Itulah deretan aplikasi edit foto terbaik yang nantinya dapat kalian coba. Dengan menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi di atas, tentunya akan membuat hasil foto kalian tampak indah dan luar biasa.