Tips Penting Untuk Maksimalkan Performa Android

 

Tips Penting Untuk Maksimalkan Performa Android

Kesal dengan ponsel Android yang mulai sering lemot atau boros baterai? Mungkin sebenarnya kamu hanya perlu mengubah settingan agar performa smartphone Android menjadi semakin baik dan lancar. Apapun merk ponsel Android yang digunakan, sesekali pasti akan diperlukan maintenance agar performanya tidak mengalami penurunan yang signifikan.

 

Apalagi saat ini smartphone sepertinya menjadi salah satu kebutuhan utama. Kegiatan kita sehari-hari tidak bisa lepas dari smartphone. Baik itu untuk bekerja, untuk jualan, main game, hingga mencari penghasilan tambahan dari betting online, misalnya di W88 link alternatif yang aman. Apapun kegiatan kita, memiliki smartphone Android dengan performa yang maksimal pasti akan membuat aktivitas kita menjadi semakin mudah. Inilah tipsnya agar smartphone Android memiliki performa yang maksimal.

 

1. Atur tingkat kecerahan layar secara manual

Ponsel Android selalu dilengkapi dengan fitur yang dapat mengatur tingkat kecerahan layar secara otomatis. Fitur ini memang praktis, tapi sebenarnya kita bisa mengatur sendiri tingkat kecerahan layar dengan sangat mudah. Apalagi jika mengatur tingkat kecerahan layar secara manual, kita bisa mengatur agar tingkat kecerahan layar bisa seminimal mungkin.

 

Mengatur tingkat kecerahan layar ini adalah salah satu trik agar baterai Android tidak cepat habis. Jadi agar baterai ponsel Android lebih awet, matikan pengatur tingkat kecerahan layar otomatis dan atur sendiri tingkat kecerahan layar. Selalu usahakan tingkat kecerahan layar Android untuk tidak melebihi 50%. Dengan begitu, baterai ponsel menjadi lebih awet, dan kita bisa melakukan lebih banyak hal dengan ponsel Android kita.

 

2. Menggunakan dark mode

Bagi yang belum mengaktifkan dark mode atau mode gelap pada ponsel Android, sebaiknya segera ubah setting pada ponsel Android. Menggunakan dark mode pada ponsel Android memiliki banyak kelebihan, diantaranya adalah baterai ponsel menjadi lebih tahan lama. Pilihan dark mode ini mulai tersedia pada Android 10 ke atas.

 

Menurut Google, mode dark mode pada ponsel Android akan lebih ramah untuk mata kita dan menurunkan resiko mata lelah karena terlalu lama menatap layar HP. Selain itu, warna hitam pada layar juga memerlukan energi yang lebih sedikit dibandingkan dengan warna terang, sehingga konsumsi baterai menjadi lebih hemat.

 

Fitur dark mode dapat diaktifkan dari menu pengaturan. Bagi yang memiliki Android 9 ke bawah, jangan kuatir. Kamu juga bisa menikmati fitur dark mode dengan mengunduh aplikasi tertentu yang akan membuat ponsel Android bisa memiliki mode dark mode.

 

Fitur dark mode juga bisa dijadwalkan untuk hanya aktif pada waktu tertentu. Jadi bagi yang merasa kurang nyaman memakai dark mode sepanjang hari, kamu bisa mengatur agar fitur dark mode hanya aktif pada waktu tertentu, misalnya dari jam 7 malam hingga jam 7 pagi saja.

 

3. Antisipasi jika ponsel hilang

Tidak ada yang menginginkan ponselnya hilang, tapi sebaiknya kita mengantisipasi hal ini. Untuk mengantisipasi kemungkinan ponsel hilang, aktifkan fitur Google Find My Device pada Android. Caranya, masuk ke menu pengaturan dan cari fitur tersebut, lalu aktifkan. Untuk pengguna Samsung juga bisa menggunakan fitur Samsung Find My Device.

 

Fitur Find My Device ini akan membuat kita bisa melihat posisi smartphone dari laptop atau perangkat lainnya. Fitur ini akan melacak lokasi smartphone, dan juga bisa membuat ponsel berdering, terkunci, atau memunculkan pesan otomatis. Fitur ini juga sangat berguna bagi yang sering lupa di mana meletakkan ponselnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel