Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi Dengan Mudah, Simak di Sini!

Baterai merupakan salah satu komponen penting dalam Hp, oleh karena itu kesehatannya harus selalu terjaga. Mengetahui cara cek kesehatan baterai Xiaomi merupakan trik yang perlu diketahui, apalagi jika termasuk pengguna merk Hp Xiaomi.

Dengan mengerti cara cek kesehatannya, maka akan dapat memastikan kondisi baterai dalam keadaan sehat. Karena jika baterainya normal, maka Hp akan dapat bekerja dengan maksimal. Lantas bagaimana cara mengeceknya? Perhatikan penjelasan berikut.

Cara Melihat Kesehatan Baterai Xiaomi

Jika merupakan user Hp Xiaomi maka perlu untuk mempelajari bagaimana cara cek kesehatan baterai Xiaomi. Karena cara ini sangat penting untuk dilakukan, sebagai sebuah upaya untuk tetap menjaga baterai Hp agar tetap sehat.

Terdapat 3 cara untuk dapat mengetahui kondisi baterai Hp Xiaomi, apakah dalam keadaan baik-baik saja atau tidak. Adapun tata caranya yaitu sebagai berikut:

1. Melalui About Phone

Cara melihat kondisi baterai Hp Xiaomi yang pertama ialah melalui About Phone yang terdapat pada Hp. Caranya ini cukup mudah, karena tidak membutuhkan aplikasi dalam prosesnya, kemudian untuk langkah-langkahnya adalah:

  • Bukalah menu pengaturan pada Hp.
  • Selanjutnya buka menu “About Phone” lalu klik “All Specs”.
  • Setelah itu klik “Kernel Version” sebanyak 3 kali.
  • Jika terdapat peringatan “You are 3 steps away” maka biarkan saja, lanjutnya klik sebanyak 3 kali.
  • Jika sudah, maka selanjutnya akan masuk pada CIT mode. Akan terdapat banyak pilihan menu di sana, kemudian klik saja menu “Battery”. Setelah itu akan terdapat berbagai informasi yang lengkap terkait kondisi baterai Hp tersebut.

2. Melalui Kode Nomor

Terdapat kode nomor yang perlu diketahui oleh para pengguna Hp Xiaomi, karena dengan kode tersebut pembaca dapat melihat kondisi baterai Hp. Tentu saja ini termasuk suatu cara yang unik namun sangatlah berguna. Perhatikan caranya berikut:

  • Bukalah menu telepon pada Hp.
  • Selanjutnya ketikkan kode nomor ##4636##.
  • Setelah itu akan muncul berbagai menu, maka klik opsi “Battery”.
  • Jika sudah, maka informasi seputar kondisi baterai Hp akan terlihat dengan jelas di layar.
  • Namun jika Hp Xiaomi memakai sistem operasi MIUI 12, maka cara ini tidak akan bisa berhasil. Jadi, silahkan memakai cara lainnya yang dirasa mudah dan berhasil.

Manfaat Mengecek Kondisi Baterai Hp

Setelah mengerti cara melihat kondisi baterai, maka selanjutnya juga perlu mengerti manfaat pengecekan baterai Hp. Karena dengan begitu, akan memunculkan rasa untuk terus menjaga kesehatan dan rutin mengecek kondisi baterai. Adapun manfaatnya ialah:

  • Menjaga daya Hp tetap tahan lama.Jika rutin melakukan pengecekan serta merawat kondisi baterai dengan baik, maka perangkat Hp akan dapat menyala dengan optimal dalam waktu yang lama (sesuai kapasitas baterainya).
  • Mencegah Hp mudah mati. Biasanya jika baterai Hp sudah bermasalah, maka Hp akan mudah/cepat mati. Hal itu karena baterai sudah tidak dapat bekerja dengan optimal. Oleh karenanya penting untuk selalu mengecek dan menjaga kondisinya.
  • Mencegah indikator baterai rusak. Umumnya ketika baterai Hp rusak maka indikatornya juga akan bermasalah. Tertulis 100% namun dalam waktu yang singkat sudah kembali habis. Hal itu dapat dicegah dengan melakukan pengecekan dan menjaga kesehatan baterai.

Demikianlah cara cek kesehatan baterai Xiaomi, silahkan praktekkan agar kondisi baterai selalu terkontrol dengan baik. Selain itu, jagalah pola pemakaian Hp, karena hal itu juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan usia dari baterai.