Cara daftar Kartu Prakerja, sebelum cairkan BLT Rp3,55 juta

Cara daftar Kartu Prakerja, sebelum cairkan BLT Rp3,55 juta


Pendaftaran kartu prakerja gelombang 12 akan segera dibuka. Ketika dibuka, nantinya tidak hanya orang yang menganggur yang dapat mendaftar tetapi orang-orang yang telah bekerja diizinkan untuk membuat daftar kartu tenaga kerja.

Manfaat bagi masyarakat yang daftar kartu kerjanya berhak mendapatkan BLT disiapkan oleh pemerintah dengan besarnya Rp3,55 juta. Dana bantuan dapat dicairkan oleh pekerja kartu tenaga kerja sebagai dana untuk mengembangkan kemampuan.

Dari total anggaran yang terkandung pada kartu latihan Rp3,55 juta, ada perincian yang telah diberikan pemerintah sebesar Rp. 600 ribu digunakan untuk pelatihan setiap bulan.

Pemegang kartu praktik akan mendapatkan dana selama 4 bulan berturut-turut sehingga total dana dapat digunakan untuk mencapai Rp2,4 juta. Biaya pelatihan selama 4 bulan tidak berdiri sendiri, karena pemerintah juga menganggarkan biaya lain.

Di antara mereka, biaya insentif pelatihan lanjutan setelah 4 bulan, untuk biaya pelatihan ini, anggaran mencapai Rp1 juta. Serta biaya tambahan ketika melakukan survei Rp150 ribu, semua biaya yang disediakan dalam total kartu kerja mencapai Rp3,55 juta.

Dana tersebut adalah BLT yang diberikan oleh pemerintah sebagai bantuan untuk membantu masyarakat di tengah-tengah pandemi saat ini, dan membantu dalam meningkatkan kemampuan orang yang menghasilkan peluang baru.

Untuk dapat mendaftar untuk kartu latihan, beberapa persyaratan terkandung dalam kebijakan melalui Perpres 76/2020 dan 11/2020 Permenako. Di mana kartu tenaga kerja dapat diakses oleh semua orang Indonesia berusia di atas 18 tahun dan bukan pendidikan formal.

Pencari kerja atau pekerja diberhentikan, pekerja dan pekerja yang membutuhkan kompetensi kerja. Oleh karena itu kartu tenaga kerja diprioritaskan bagi mereka yang memiliki pandemi dan belum menerima bantuan sosial selama pandemi.

Dalam aturan itu juga jelas merupakan kriteria untuk daftar non-pertunjukan termasuk pejabat negara, pemimpin dan anggota DPRD, ASN, TNI, polisi, kepala desa dan pejabat desa, Direktur, Komisaris, Dewan Pengawas BUMN atau BUMD.

Seluruh profesi tidak diizinkan untuk mendaftar untuk kartu tenaga kerja, yang berarti bahwa semua orang bisa mendapatkan kartu tenaga kerja untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah. Kecuali orang-orang yang telah menerima bantuan sosial dari Kementerian Sosial.

Saat mendaftar, pemegang kartu kasus prospektif harus mengisi beberapa pertanyaan yang dikirimkan dalam Formulir Deklarasi Diri. Formulir pertanyaan ini adalah satu-satunya syarat bagi Pemohon Kartu Premera sebelum mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Dalam pendaftaran juga ditekankan jika tidak ada gaji atau penghasilan yang dimiliki oleh calon pelamar kartu tenaga kerja. Jadi siapa pun dapat mengajukan pendaftaran kartu tenaga kerja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel