Tips Menjual Smartphone Bekas Agar Harganya Tinggi

Kebutuhan smartphone Android oleh setiap individual orang di masyarakat saat ini nampaknya sudah tidak bisa terelakkan lagi. Perkembangan zaman pun menuntut setiap orang menggunakan smartphone Android untuk melakukan aktivitasnya seperti mobilisasi dan juga browsing internet. Namun perkembangan zaman juga yang menjadikan kita dituntut untuk selalu mengupgrade smartphone yang kita miliki agar tidak sampai tergerus oleh perkembangan teknologi terbaru yang semakin canggih.

Tips Menjual Smartphone Bekas Agar Harganya Tinggi

Tips Menjual Smartphone Bekas Agar Harganya Tinggi

Kita tahu bahwa semakin ke depan teknologi menjadi semakin canggih yang disematkan ke dalam smartphone. Inilah hal utama yang mempelopori setiap orang selalu ingin membeli smartphone terbaru apabila dirasa di dalam smartphone tersebut terdapat teknologi yang lebih canggih daripada smartphone lama mereka.

Ketika sudah mendapat smartphone baru tentu kita akan berinisiatif untuk menjual smartphone lama kita karena sudah tidak terpakai lagi. Menjual smartphone pun tidak sembarangan karena ada caranya tersendiri supaya harganya bisa lebih tinggi. Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar ketika menjual smartphone kamu dapat memperoleh harga yang tinggi.

Mempersiapkan smartphone

Dalam melangkah pertama ini kita akan mempersiapkan smartphone yang akan kita jual. Di sini kamu harus pastikan telah mencabut SIMCard dan juga SD card supaya nanti ketika dijual tidak terbawa oleh pembeli.

Melakukan backup data

Jangan lupa juga untuk melakukan backup data terlebih dahulu pada saat ingin menjual smartphone kamu. Hal ini penting karena apabila kamu sudah mendapat smartphone baru kamu bisa melakukan restore data ke dalam smartphone baru kamu tersebut sehingga data-data kamu yang ada pada smartphone lama bisa muncul di smartphone baru yang kamu miliki.

Membuka semua kunci smartphone

Apabila kamu menggunakan sandi untuk mengunci smartphone kamu maka terlebih dahulu buka sandi tersebut sehingga nantinya pembeli tidak kerepotan ketika menjajal smartphone lama kamu karena adanya proteksi password.

Melakukan factory reset

Jika kamu telah benar-benar yakin bahwa tidak ada lagi data penting yang ada pada smartphone lama kamu karena semuanya telah ter-backup. Maka kini saatnya melakukan factory reset atau pengembalian smartphone ke kondisi awal pabrikan, dengan melakukan factory reset semua data akan terhapus. Caranya pergi ke setting > back-up and reset > lalu kemudian temukan opsi factory data reset.

Jangan lupa juga untuk mematikan opsi factory reset protection atau FRP yakni akun Google untuk ekstra keamanan jika smartphone hilang dan di factory reset oleh orang lain. Caranya masuk ke setting > accounts > Google > tekan 3 titik di kanan atas dan pilih remove account.

Kumpulkan aksesoris

Jangan lupa ketika ingin menjual smartphone kamu kumpulkan dulu aksesoris yang ada seperti kabel data, charger, earphone, dusbook dan lain sebagainya. Hal ini akan menambah harga jual smartphone kamu bila semuanya lengkap dan masih original.

Bersihkan smartphone terlebih dahulu

Sebelum dijual tentunya smartphone harus kita bersihkan supaya terlihat lebih bagus. Kita bisa membersihkan smartphone menggunakan kain yang terbuat dari microfiber.

Memasang iklan di situs jual beli online

Selain menggunakan cara manual untuk menjual smartphone yakni melalui Face to Face alias orang ke orang, kita bisa juga menanamkan foto smartphone lama kita yang ingin kita jual ke situs jual beli online. Untuk situs jual beli online yang ada di Indonesia sangat banyak sekali seperti OLX, Lazada, FJB Kaskus, Tokopedia, Bukalapak, shopee dan lain-lainnya. Kalau untuk masalah barang bekas mungkin yang paling bagus kamu mengiklankan di OLX, ini sebagai rekomendasi saja.

Jangan lupa sebelum memposting smartphone lama kamu untuk dijual di situs online, terlebih dahulu pastikan menempatkan foto yang bagus sebagai banner iklan agar pengunjung tertarik. Selanjutnya sertakan deskripsi yang inovatif tentang smartphone kamu tersebut, jangan ngawur ya tetapi tulislah yang sejujur-jujurnya karena orang jujur pastilah untung.

Penutup

Nah itulah tadi beberapa rekomendasi Tips Menjual Smartphone Bekas yang bisa kamu gunakan ketika ingin menjual smartphone lama kamu agar harganya dapat menjangkau tingkat yang lebih tinggi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa klik like serta share.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel