Tips Hemat Kuota Data 4G di Android 100% Ampuh

Berikut cara dan tips hemat kuota data 4G di Android tapi tetap ngebut. Menghemat paket data merupakan salah satu prioritas utama untuk para pengguna Android. Apalagi di jaringan 4G LTE yang saat ini terkenal dengan  kecepatan yang melesat sekali. Hal ini dikarenakan semakin tinggi kecepatan internet maka semakin banyak konsumsi paket data pengguna smartphone.

Hal inilah yang terkadang dikeluhkan oleh pengguna smartphone. Pasalnya kuota data yang dulunya dapat awet sampe 1 bulan, sekarang hanya dalam 1 sampe 2 minggu saja sudah kandas. Apalagi jika pengguna smartphone sangat gemar streaming Youtube, pastinya dengan kecepatan internet yang tinggi bukan tidak mungkin pengguna akan sering lupa waktu.

Tips Hemat Kuota Data 4G di Android 100% Ampuh

8 Tips Hemat Kuota Data 4G di Android 100% Ampuh

Buat kamu penikmat jaringan internet 4G LTE yang sering lupa kontrol terhadap kuota data internet, tak perlu khawatir. Karena kali ini tim KoneksiHP.net akan memberikan beberapa Tips Hemat Kuota Data 4G di Android. Menariknya lagi trik yang akan kami ulas tidak akan mempengaruhi kecepatan internet 4G di smartphone kamu.

Dengan begitu kamu bisa menggunakan paket data dengan irit meski berada pada jaringan 4G LTE. Nah penasaran kan bagaimana cara menghemat kuota data 4G LTE di Android? Untuk itu simak pembahasan secara detailnya berikut ini.

1. Batasi Latar Belakang

Langkah awal dalam Tips Hemat Kuota Data 4G di hp Android adalah membatasi data latar belakang. Hal yang bisa timbul atau sering terjadi tanpa sepengetahuan kita yaitu Widget Cuaca, Email Sinkronisasi, Feed Update, dan sebagainya.Nahh itu akan memakan paket data kamu walau hanya beberapa KB saja. So tunggu apalagi buruan ikuti langkah dibawah ini buat menghindari hal tersebut.

  1. Pertama masuk ke menu Setelan
  2. Lalu carilah dan kemudian klik dibagian Penggunaan Data.
  3. Selanjutnya akan ditampilkan beberapa pilihan di layar ponsel kalian dan pilih Membatasi data latar belakang atau untuk Aplikasi Individu dalam pengaturan > Apps (Tergantung pada Smartphone yang kalian punya).

2. Matikan Fitur atau Non-Aktifkan Sinkronisasi

Terkadang kita tidak peduli dengan adanya Sinkronisasi dan para pengguna Smartphone mungkin menganggap ini adalah hal yang sangat biasa serta akan diacuhkan begitu saja tanpa ada rasa ingin tau menau mengenai hal tersebut.

Perlu kalian ketahui fungsi Sinkronisasi / Auto Sync di Android yaitu fitur gadget dimana gunanya untuk mensinkronkan gadget dengan server dari berbagai akun yang kita gunakan dan memberitahukan kepada pengguna untuk meng-update akun yang digunakannya. Lalu bagimanakah caranya? Yukk ikuti langkahnya dibawah ini.

  1. Buka Pengaturan lalu langsung saja masuk ke
  2. Kemudian kalian bisa langsung pilih mana akan yang ingin di Non-Aktifkan Sinkronisasinya.
  3. Dan selesai.

3. Menggunakan Browser Ringan

Menggunakan Browser ringan sangat dianjurkan karena akan memudahkan dan membantu kalian dalam mode penghematan. Dalam penggunaan browser yang ringan jika digunakan secara otomatis maka setiap permintaan dikirim ke server akan diterima dengan ukuran lebih kecil seperti halnya Dolphin Browser.

4. Minimalkan Aplikasi Media Sosial

Naahh untuk yang satu ini pasti sudah menjadi kebutuhan apalagi kewajiban bagi semua orang. Kenapa? Pasalnya banyak yang menggunakan medsos untuk ajang silaturrahmi dan sebagainya. Namun saran saya minimalkan penggunaan aplikasinya sebab itu menjadi salah satu penyebab cepat habisnya serta lemotnya kuota data yang dipakai.

5. Gunakan Aplikasi Opera Max

Tips Hemat Kuota Data 4G di smartphone yang kelima adalah menggunakan Opera Max, mengapa demikian? Karena aplikasi Opera Max ini mempunyai fitur data saver. Selain itu juga dapat memperkecil permintaan data, namun hasilnya akan tetap maksimal. Apalagi aplikasi ini dapat menghemat data seluler 4G hingga 50% besarnya. Jadi kamu tidak akan khawatir lagi akan habisnya kuota secara singkat.

Lebih hebatnya lagi kamu diperbolehkan dalam mengatur berapa banyak data yang akan dikonsumsi. Tak hanya itu Opera max juga akan melindungi kamu dalam melakukan kegiatan bersifat privasi saat ponsel terkoneksi ke wifi/data seluler yang berbahaya. Untuk bisa mendapatkannya kamu hanya tinggal mengunduhnya di Playstore.

6. Matikan Data Seluler Ketika Tidak Digunakan

Menonaktifkan data seluler saat tidak dipakai juga menjadi salah satu cara agar kuota 4G lebih irit. Seperti yang kita ketahui banyak pengguna smartphone yang membiarkan data seluler tetap aktif meskipun tidak digunakan. Biasanya hal ini terjadi ketika sedang dalam keadaan tidur malam.

Padahal seperti yang kita ketahui banyak aplikasi Android yang hanya dapat berjalan ketika terhubung dengan internet, diantaranya adalah aplikasi media sosial. Jika aplikasi media sosial ini terus terhubung dengan internet, maka bukan tidak mungkin konsumsi kuota kamu akan semakin boros.

7. Tonton Video Youtube Secara Offline

Buat kamu yang gemar nonton video Youtube, tampaknya kamu harus melakukan tips yang satu ini, agar kuota data 4G kamu lebih irit. Menggunakan fitur video offline di Youtube sangat kami sarankan, karena Kamu sudah tidak akan lagi membutuhkan koneksi internet saat mononton video. Fitur ini hanya bisa kamu gunakan jika kamu menggunakan aplikasi Youtube versi terbaru.

  1. Pertama buka Aplikasi Youtube
  2. Kemudian cari video yang ingin Kamu tonton
  3. Setelah itu pilih ikon Simpan Offline yang tepat berada dibawah judul
  4. Selanjutnya pilih resolusi video, dan perlu diketahui bahwa semakin kecil resolusi maka semakin kecil pula konsumsi data.
  5. Jika sudah silahkan tunggu hingga selesai.
  6. Lalu silahkan Kamu lihat video yang terdapat pada menu offline

Perlu kami sampaikan bahwa tidak semua video pada di Youtube yang dapat dilihat secara offline

8. Non-aktifkan Auto Update Aplikasi di Google Play Store

Smartphone Android Kamu tentu mengusung banyak aplikasi, mulai dari yang sering digunakan hingga yang hampir tidak dimanfaatkan sama sekali. Tentunya semua aplikasi tersebut memiliki ukuran data yang cukup bervariasi, yakni mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar.

Semua aplikasi tersebut pastinya membutuhkan update setiap saat jika ada rilisan versi terbaru. Untuk itu cara menghemat kuota 4G Android kamu adalah dengan menon-aktifkan auto update atau ganti update otomatis hanya melalui WiFi. Untuk langkah pengaturannya simak tutorialnya berikut.

  1. Pertama silahkan buka aplikasi Play Store
  2. Selanjutnya buka Setelan
  3. Setelah itu silahkan pilih opsi update aplikasi otomatis
  4. Terakhir pilih update aplikasi otomatis hanya melalui WiFi.

Penutup

Nah baiklah kamu bisa menerapkan Tips Hemat Kuota Data 4G di Android kamu dan dapat diterapkan pada merk smartphone apapun yang kamu gunakan. Daripada makin boros mending langsung dicegah aja mulai dari sekarang, dengan  mengikuti tips diatas. Lalu kamu akan langsung menikmati sensasinya nanti.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel