Cara Scan Dokumen Langsung Jadi Teks di Android

Dengan adanya kecanggihan smartphone Android yang semakin mumpuni kamu pun yang masih sekolah dapat terbantu berkat adanya teknologi dari gadget berplatform robot hijau buatan Google tersebut. Scan dokumen merupakan hal yang biasa dilakukan untuk pelajar sekolah maupun kamu yang sedang kuliah. 

Tentunya kegiatan tersebut jika dilakukan dengan cepat maka akan menghasilkan kepuasan tersendiri bukan? Nah maka dari itu mempergunakan smartphone Android untuk scan dokumen menjadi alternatif rekomendasi yang sangat baik buat kamu coba.

Cara Scan Dokumen Langsung Jadi Teks di Android

Cara Scan Dokumen Langsung Jadi Teks di Android

Untuk melakukan hal diatas kamu pengguna ponsel Android memerlukan aplikasi bernama Text Fairy (OCR Text Scanner). Aplikasi ini menggunakan metode optical character recognition atau disingkat OCR, fungsinya sendiri mampu mengenai tulisan dalam sebuah gambar ke dalam teks digital.

Lalu bagaimana cara mengoperasikan Text Fairy untuk membuat scan dokumen performa digital, berikut ulasannya yang bisa kamu praktekkan langsung di smartphone Android kamu.

Untuk langkah pertamanya tentu kamu membutuhkan aplikasi Text Fairy terlebih dahulu, silahkan kamu download di Google Play Store, gratis.

Pertama kali kamu membuka aplikasi Text Fairy akan ada beberapa pemberitahuan yakni seperti aplikasi ini tidak bisa untuk menterjemahkan, hasil foto yang digunakan harus tajam serta tidak bisa untuk tulisan tangan. Jika kamu sudah paham semua tekan OK.

Untuk pertama disarankan kamu mendownload bahasa yang hendak digunakan. Caranya tekan download your language dan pilih Indonesia lalu tab atau klik download. Tunggu prosesnya sampai selesai.

Nah pada saat mulai kamu bisa tab ikon kamera untuk mengakses kamera ataupun ikon galeri untuk memilih foto yang tersedia pada memori smartphone.

Ketika kamu sudah mencetak foto, crop bagian yang hendak kamu scan. Kamu bisa menggeser titik biru pada bagian foto. Selanjutnya tinggal klik ikon panah biru pada bagian pojok kanan bawah layar.

Proses selanjutnya tinggal pilih jumlah kolom yang telah kamu foto. Bisa juga kamu memilih bahasa yang kamu scan dengan mengubahnya pada penuh pop-down di bawah. Untuk memulai proses klik Start.

Tunggu sampai proses selesai dan terakhir kamu bisa memilih opsi untuk membagikan menyalin atau menjadikannya file PDF. Kamu bisa juga beralih ke mode gambar atau bisa pula langsung menterjemahkannya dalam Google Translate.

Akhirnya ketemu juga kan cara yang mudah untuk melakukan scan dokumen, sekarang kamu tidak membutuhkan lagi printer dan sangat praktis menggunakan Smartphone Android untuk melakukan scan dokumen di mana pun dan kapan pun kamu membutuhkannya.

Penutup

Oke terima kasih atas kehadirannya jangan lupa kami masih memiliki beragam artikel menarik lain tentang aplikasi, gadget maupun tips cara lainnya yang tentu sangat sayang untuk dilewatkan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel