Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp di Android

Berikut 3 Cara Canggih Mengunci WhatsApp di Android. WhatsApp saat ini sudah menjadi plaform chatting paling populer di kalangan pengguna smartphone. Fitur keamanan yang paling diandalkan oleh Whatsapp hingga saat ini adalah end-to-end encryption yang melindungi keamanan data pengguna.

Tetapi, sampai saat ini Whatsapp belum menyematkan fitur Lock untuk melindungi privasi kita dari orang-orang terdekat yang iseng-iseng membuka chat Whatsapp kita. Berbeda dengan aplikasi chatting lainnya yang sudah didukung dengan fitur lock yang menggunakan password atau pin.

Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp di Android

Cara Mengunci WhatsApp di Android

Seperti yang kita tahu keamanan merupakan hal yang paling penting dari sebuah aplikasi untuk sekarang ini. Namun fitur lock dengan pin dan password saja tentu tidak cukup aman untuk melindungi privasi Kamu yang berada di aplikasi WhatsApp.

Minimal Kamu harus menggunakan fitur keamanan seperti fingerprint, agar dapat dipastikan keamanan privasi Kamu benar-benar terjaga. Karena seperti yang kita ketahui fitur lock menggunakan password dan pin cukup rawan untuk dibobol.

Lantas, bagaimana dengan smartphone yang tidak dilengkapi dengan fitur keamanan tersebut? Jangan khawatir, karena beberapa trik yang akan kita bahas kali ini menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Jadi meski smartphone tidak memiliki fitur keamanan canggih pun tetap dapat menggunakan cara ini.

Nah, apa saja sih Cara Canggih Mengunci WhatsApp di Android tersebut? Agar Kamu tidak semakin penasaran, langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Cara Canggih Mengunci WhatsApp Pakai Fingerprint

Sekarang ini fitur keamanan fingerprint sudah mulai populer di kalangan pengguna smartphone termasuk Android. Selain sangat mudah digunakan, fingerprint juga dirasa cukup aman.

Karena memang fingerprint tidak mudah diretas, mengingat penggunaannya memerlukan sidik jari. Tentunya sidik jari antara pengguna satu dengan yang lain jelas berbeda.

Langkah Pertama

Terlebih dahulu silahkan instal aplikasi Android yang bernama Fingerprint Applock melalui tautan berikut ini.

Download: Fingerprint AppLock

Langkah Kedua

Selanjutnya buka aplikasi tersebut, dan silahkan buat Master PIN yang berfungsi untuk opsi kedua jika Kamu tidak bisa membuka dengan menggunakan fingerprint. Setelah itu jika ada pertanyaan yang muncul silahkan pilih Yes.

Langkah Ketiga

Silahkan tab tanda (+) yang berada di bawah, kemudian cari aplikasi WhatsApp, lalu tab kembali tanda (+) yang berada dibawah. Jika terdapat aplikasi lain yang ingin Kamu kunci silahkan ulangi langkah ini.

Langkah Keempat

Jika muncul notifikasi, silahkan tab OK dan Kamu akan diarahkan ke Usage Access. Kemudian aktifkan AppLock – Fingerprint hingga muncul tanda On. Nah sekarang aplikasi kamu sudah terkunci.

2. Cara Canggih Mengunci WhatsApp Pakai Face Recognition

Selain fingerprint, cara canggih mengunci WhatsApp di Android bisa dengan menggunakan wajah kamu atau face recognition. Pasalnya seperti yang kita ketahui bahwa wajah orang itu berbeda-beda.

Jadi pastinya akan sangat sulit untuk nge-hack smartphone kecuali jika orang tersebut melakukan operasi plastik. Tentunya akan mustahil orang mau melakukan oplas hanya untuk nge-hack smartphone. Untuk langkah-langkahnya simak dibawah ini.

Langkah Pertama

Seperti sebelumnya, Kamu harus instal aplikasi bernama AppLock Face/Voice Recognition terlebih dahulu di Google Play Store. Agar lebih mudah silahkan instal pada link dibawah ini.

Download: AppLock Face/Voice Recognition

Langkah Kedua

Selanjutnya silahkan buka aplikasi tersebut lalu pilih I Agree pada syarat dan ketentuan yang ditunjukan. Kemudian silahkan pilih Create Your Own Unlock Phrase untuk membuat kata sandi.

Langkah Ketiga

Silahkan Kamu buat Kata Sandi untuk pengenalan suara. Kamu juga bebas menentukan kata sandi apa saja yang kamu inginkan. Setelah itu pilih Centang. Lalu lanjutkan dengan mengambil foto kamu sembari mengucapkan kata sandi yang kamu inginkan.

Langkah Keempat

Apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan seperti kamera hp error yang membuat pemindaian terkendala, maka kamu bisa gunakan alternatif lain seperti Pattern, Pin, atau Password  untuk membuka aplikasi.

Langkah Kelima

Setelah itu silahkan pilih Go To Android Settings, dan nantinya kamu akan diarahkan pada Usage Access. Cari aplikasi AppLock Face/Voice Recognition, kemudian tap On.

Langkah Keenam

Jika sudah silahkan pilih Ok, Got It. Lalu akan muncul daftar aplikasi yang siap untuk dikunci, pilih tanda Gembok untuk mengunci aplikasi yang Kamu inginkan.

3. Cara Canggih Mengunci WhatsApp Pakai Voice Recognition

Kemudian cara mengunci WA di hp Android tercanggih adalah dengan menggunakan voice recognition, yang mana untuk membuka aplikasi WhatsApp, kamu harus mengucapkan kata-kata khusus agar suara kamu terdeteksi.

Karena setiap orang tentu memiliki suara yang berbeda beda, sehingga dipastikan cara ini cukup aman dalam mengunci aplikasi WhatsApp

ntuk melakukan cara paling canggih ini sebenarnya cukup mudah, dan bisa dikatakan hampir sama dengan cara yang kedua. Hanya saja bedanya ada pada langkah terakhir dimana kamu harus mencentang tanda Gembok dalam Kotak.

Nah, sekarang WhatsApp kamu sudah aman terutama dari tangan tangan jahil orang terdekat kamu. Selain itu privasi kamu juga akan terjaga dengan aman, karena cara ini tentu tidak mudah untuk dihack.

Penutup

Itulah tadi pembahasan singkat tentang Cara Canggih Mengunci WhatsApp di Android yang dapat kami sampaikan. Semoga info tips trik diatas dapat bermanfaat untuk Anda semuanya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel