Cara Mengembalikan Notifikasi Hp Android yang Terhapus

Cara Mengembalikan Notifikasi Hp Android yang Terhapus. Setiap pengguna smartphone tentunya hal yang paling ditunggu adalah notifikasi yang masuk pada ponselnya. Baik itu notifikasi dari telepon, sms, pesan chat, sosial media ataupun yang lainnya. Bayangkan saja jika dalam sehari smartphone tidak ada notifikasi yang masuk pasti akan terasa sepi.

Bukan cuma dikatakan sepi, tetapi juga bisa dibilang bahwa jaringan atau koneksi internet pada smartphone tersebut memang tidak aktif. Dikatakan demikian, karena jika sinyal atau jaringan internet aktif tentu akan ada notifikasi, entah itu permintaan update aplikasi, SMS dari operator maupun pemberitahuan dari sosmed seperti Facebook atau Instagram.

Cara Mengembalikan Notifikasi Hp Android yang Terhapus

Cara Mengembalikan Notifikasi Hp Android yang Terhapus

Seperti yang kita ketahui bahwa notifikasi merupakan fitur paling penting pada smartphone. Saking pentingnya, pengguna smartphone rela membawa ponsel cerdasnya kemana saja mereka pergi. Namun terkadang ada pula pengguna smartphone yang malas untuk membuka notifikasi yang masuk. Sehingga tidak salah jika akhirnya notifikasi menumpuk.

Apabila hal ini terjadi, sebagian besar pengguna smartphone akan langsung melakukan tap dan swipe. Bahkan ada pula yang langsung menghapus semua notifikasi yang menumpuk tersebut secara bersamaan, termasuk notifikasi penting yang tidak disadarinya. Jika sudah begini tentu rasa menyesal akan datang, sehingga pengguna smartphone biasanya akan mencari satu per satu dari aplikasi yang mengirimkan notifikasi.

Apabila hal ini terjadi sama kamu, tentu hal yang sama juga akan kamu lakukan. Namun dari pada membuang-buang waktu untuk mencari satu per satu secara manual, kamu sebaiknya menggunakan solusi yang lebih baik dengan menggunakan Cara Mengembalikan Notifikasi Hp Android yang Terhapus. Nah bagaimanakah langkah-langkahnya? Untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak berikut ini.

1. Manfaatkan Fitur Notifications Log Pada Smartphone

Untuk dapat mengembalikan notifikasi Android yang hilang atau terhapus, kamu dapat memanfaatkan fitur bawaan dari hp Android kamu yang bernama Notifications Log. Fitur ini memang disediakan jika Notifikasi pada smartphone secara tidak sengaja terhapus.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk pada bagian widget dengan cara menekan dan tahan ikon atau tombol Home pada hp Android. Namun jika dengan menekan ikon Home masih belum berhasil, kamu bisa masuk melalui halaman daftar aplikasi, selanjutnya pilih tab widget.

Apabila kamu sudah masuk pada bagian widget, silahkan tab dan taham widget Settings Shortcut. Setelah itu tarik widget setting shortcut tersebut ke halaman Home, sehingga secara otomatis kamu akan masuk pada daftar pengaturan.

Setelah masuk pada daftar pengaturan, selanjutnya kamu pilih notifications lalu silahkan kembali ke halaman Home kamu. Kemudian pada halaman Home kamu akan menemukan ikon notifications.

Pada ikon bertuliskan Notifications tersebut kamu dapat menemukan semua aplikasi yang sudah terhapus secara tidak sengaja.

Perlu kamu sampaikan bahwa tidak semua hp Android memiliki fitur Notifications Log seperti ini. Fitur tersebut hanya dapat kamu temukan pada smartphone dengan OS Android versi 4.3 keatas.

Apabila cara pertama membuat kamu bingung atau merasa kesulitan, mungkin kamu bisa menggunakan cara yang kedua ini. Tentunya cara yang kedua ini tidak kalah efektifnya dalam mengembalikan notifikasi smartphone kamu yang sudah terhapus.

2. Instal Aplikasi Timeline Notifications History

Selanjutnya Cara Mengembalikan Notifikasi Hp Android yang Terhapus yang ke dua adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, yakni Timeline Notifications History. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini pada Google Play

Download: Timeline Notifications History

  1. Setelah aplikasi tersebut selesai terinstal, selanjutnya silahkan buka dan kamu akan diminta untuk memberikan akses notifikasi smartphone melalui aplikasi tersebut. Untuk memberikannya kamu cukup pilih OK dan ceklist pilihan Timeline Notifications History.
  2. Selanjutnya tap setting pada sudut kiri atas, lalu pada Recording Options, ceklis kedua pilihan.   * Perlu diketahui bahwa pilihan pertama adalah untuk membuat pengguna tidak bisa melihat notifikasi kosong masuk pada smartphone. Karena hal ini hanya akan membuang-buang waktu   * Sementara untuk pilihan yang kedua adalah untuk mencegah notifikasi yang sama persis masuk dalam jangka waktu 10 detik, sehingga pengguna tidak akan terganggu dengan notifikasi yang isinya sama.
  3. Jika pada menu setting sudah selesai, silahkan kembali pada halaman utama, lalu pilih All Notifications. Disini kamu bisa melihat semua notifikasi smartphone kamu yang terhapus.
  4. Dengan aplikasi ini kamu juga akan mengetahui tanggal beserta Jam notifikasi masuk ke smartphone yang telah terhapus. Selain itu pada aplikasi ini juga tersedia fitur pencarian notifikasi dan kamu juga dapat menghapus notifikasi yang tidak diperlukan.

3. Gunakan Aplikasi Notification History Log

Selain menggunakan aplikasi Timeline Notifications History, kamu juga bisa menggunakan aplikasi lain yang tidak kalah ampuhnya yang bernama Notification History Log. Kamu juga dapat menginstalnya pada toko aplikasi Android, yakni Google Play

  1. Silahkan Instal aplikasi Notification History Log pada Google Play Store Download: Notification History Log
  2. Selanjutnya, pada sebuah contoh kasus kamu mendapatkan banyak notifikasi, lalu secara tidak sengaja kamu menghapus semua notifikasi tersebut secara bersamaan
  3. Jika hal ini terjadi langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk pada aplikasi Notification History Log. Setelah itu kamu akan melihat tiga pilihan menu, disini silahkan kamu pilih Notifications History
  4. Disini kamu akan mengetahui berbagai notifikasi beserta jam dan tanggal masuknya ke smartphone kamu. Sehingga kamu akan langsung mengetahui mana notifikasi penting yang baru saja terhapus

Penutup

Nah, itulah tadi ketiga Cara Mengembalikan Notifikasi Hp Android yang Terhapus yang dapat kami sampaikan. Kamu bisa memilih salah satu cara diatas yang menurut kamu cukup mudah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel