Cara Mengatasi Fingerprint Tak Fungsi, Terbukti Ampuh!

Kurang lebih selama hampir 1 tahun ini banyak sekali smartphone Android mengusung teknologi fingerprint sebagai slaah satu komponen fitur guna mengamankan smartphone Android dari para tangan – tangan jahil. Fitur fingerprint atau pemindai sidik jari dulu hanya digunakan pada handphone kelas atas saja, namun saat ini siapa yang menduga hampir semua ponsel baik itu kelas atas- menengah maupun bawah pun sudah memilikinya. Fingerprint tergolong fitur yang sangat membantu pasalnya dengan menggunakan fitur tersebut kita bisa mengamankan ponsel Android jauh lebih baik sebab tidak ada yang bisa membukanya sekali kita.

Fitur fingerprint memerlukan pendaftaran sidik jari penggunanya sebelum bisa diaktifkan, ini menyebabkan hanya sidik jari yang cocok saja yang bisa membuka Android. Selain bisa digunakan membantu mengamankan data – data penting serta aplikasi, kehadiran fingerprint pun dirasa lebih mampu membuat tombol home yang dulunya dipakai menghidupkan layar jauh lebih tahan lama tak cepat rusak sebab keseringan di pencet.
Cara Mengatasi Fingerprint Tak Fungsi, Terbukti Ampuh!

Cara Mengatasi Fingerprint Tak Fungsi


Namun sayangnya walaupun tergolong fitur yang canggih fingerprint pun tak luput pula dari kerusakan. Kerusakan – kerusakan yang terjadi pada fingerprint diakibatkan berbagai macam masalah, seperti terjatuh, sistem yang error, virus ataupun lain sebagainya.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan sedikit menyajikan langkah mudah apa yang harus dilakukan untuk mengatasi adanya fingerprint yang rusak/tak fungsi.

Mengatasi Fingerprint Tak Fungsi Di Semua HP Android
Silahkan anda simak langkah – langkah mudah berikut ini untuk bisa Mengatasi Fingerprint Tak Fungsi yang terjadi pada smartphone Android anda. Tips ini cukup mudah sebabnya tak perlu kuatir jika anda tak bisa, ikuti saja dengan benar ya!

Restart HP Android


Langkah mudah pertama buat Mengatasi Fingerprint Tak Fungsi adalah restart smartphone Android. Biasanya ponsel Android yang terlalu sering digunakan tak menutup kemungkinan terjadi crass pada sistemnya oleh sebab itu diperlukan paling tidak merestart ulang sistem untuk mengembalikan kinerja seperti semula.

Biasanya sih langkah restart ulang ini mampu memperbaiki error yang terjadi pada fingerprint sensor, saran kami sebelum melangkah ke opsi lain lebih baik anda coba dulu mengikuti langkah awal ini.

Membersihkan Cache Aplikasi Fingerprint


Masalah fingerprint tak fungsi juga biasanya terjadi akibat adanya cache menumpuk dalam ruang penyimpanan data fingerprint di sistem. Guna mengembalikan kemampuan fingerprint seperti semula maka kita perlu membuang atau mengahapus data cache yang menumpuk tersebut.

Caranya anda bisa mulai dari masuk ke menu setting → application manager → all, lalu temukan opsi fingerprint sensor dan bersihkan cache dengan mengklik pilihan clear cache.

Hapus Data Fingerprint


Melakukan hapus data fingerprint ini membuat kita akan kehilangan kemampuan dari aplikasi pemidai sidik jari guna mengenali sidik jari kita. Dalam hal ini apabila kita bermaksud menggunakan fingerprint kembali maka kita pun harus mendaftarkan ulang sidik jari kita dengan langkah – langkah yang sudah ditentukan aplikasi.

Factory Reset


Apabila kita sudah melakukan opsi ini dan itu namun hasilnya masih nihil tetap fingerprint tak bisa digunakan alias tak fungsi maka langkah terakhirnya adalah factory reset. Tentunya bagi anda yang mengenal lama Android sudah paham betul apa itu factory reset.

Factory reset ialah tindakan yang dilakukan oleh pengguna Android untuk mengembalikan keadaan smartphone seperti sediakala/beru dibeli. Kata lainnya dengan menggunakan factory reset maka kita telah melakukan pengembalian data sistem menjadi seperti pengaturan pabrik.

Konsekwensi dari melakukan tindakan factory reset ini ialah data – data yang tersimpan dalam handphone Android juga akan ikut hilang seperti aplikasi pihak ketiga dan semua data yang ada dalam memori internal. Dari itu sebelum anda mulai factory reset sangat disarankan backup dulu data – data penting.

Untuk melakukan factory reset anda bisa mulai dari mengujungi menu Setting → Backup and Reset → Factory Data Reset, pilih pada opsi Reset Device.

Kesimpulan Cara Mengatasi Fingerprint Tak Fungsi


Kesimpulan dari tutorial kita kali ini tentang Cara Mengatasi Fingerprint Tak Fungsi ialah ada kalanya fingerprint menjadi sebuah alternatif sangatb baik untuk memberikan perlindungan terhadap smartphone Android. Namun komponen fitur itupun harus pula dijaga agar tetap memiliki peranan ampuh melindungi setiap data – data penting anda.

Saran kami pula untuk menjaga fingerprint selalu berkondisi baik ialah jangan menyentuhnya apabila tangan anda basah atau habis mencuci yang disitu terkena deterjen, jangan sentuh fingerprint apabila tangan anda terkena minyak dan jangan benar – benar supaya gadget Android jangan sampai terjatuh.


Penutup

Mungkin sedikit inilah yang bisa kami wartakan pada anda semua tentang Cara Mengatasi Fingerprint Tak Fungsi pada semua handphone Android. Mudah – mudahan informasinya membantu dan bagi anda yang merasa artikel ini bermanfaat harap membagikannya pada teman sosial media agar mereka pun bisa terbantu ketika mengalami masalah seperti apa yang sedang kita bahas kali ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel