Cara Cek Saldo KIP Di HP Dengan Mudah

Cara Cek Saldo KIP Di HP Dengan Mudah


Oke pada artikel kali ini saya akan membahas Bagaimana cara cek saldo Kip di HP kalian masing-masing, dengan mengeceknya kalian bisa mengetahui saldo KIP yang sudah cair atau belum. 

Cukup melalui HP kalian sudah bisa mengetahui saldo KIP kalian masing-masing, menggunakan HP kalian tidak perlu datang ke bank untuk cek pencairan saldo KIP atau PIP.

Untuk pengecekan nya kalian hanya perlu menggunakan nomor induk siswa nasional atau NISN, Oke Langsung saja kalian simak pembahasan di bawah ini.

Apa itu saldo KIP

Kip adalah kepanjangan dari Kartu Indonesia Pintar sedangkan PIP adalah program Indonesia Pintar. Kip merupakan bentuk bantuan tunai yang diberikan kepada siswa yang masih bersekolah dan berumur 6 tahun hingga 21 tahun yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Bagi penerima bantuan tersebut atau siswa yang telah memegang Kartu Indonesia Pintar, siswa tersebut tergolong dari keluarga yang tidak mampu.

Untuk kegunaan Kartu Indonesia Pintar sendiri diberikan kepada siswa sebagai identitas atau penanda bahwa sifat tersebut telah mendapatkan bantuan atau berhak menerima bantuan. Untuk kalian yang menerima bantuan dapat mengecek saldo KIP kalian melalui HP atau smartphone.

Tentang PIP 2020

Saat ini Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan taraf pendidikan di Indonesia, satunya adalah melalui program Indonesia pintar atau pip. Program ini adalah pemberian bantuan dana untuk siswa yang tergolong tidak mampu dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar atau yang sering kita kenal dengan Kip.

PIP ini diberikan langsung oleh pemerintah pusat yang penyalurannya dilakukan secara langsung ke rekening masing-masing penerima atau siswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar.

PIP ini sangat membantu peserta didik atau siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu sebab banyak orang tua yang tidak bisa menyekolahkan mereka hanya karena persoalan ekonomi untuk membayar uang sekolah dan operasional sekolah lainnya.

Pip sendiri merupakan bagian dari penyempurnaan program sebelumnya siswa miskin atau BSM. Melalui program ini pemerintah bertujuan untuk mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan juga pemerintah mengharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikan mereka.

Jumlah Uang PIP Yang Bisa Dicairkan

Ada tiga sasaran dalam program ini dengan jumlah uang atau besaran bantuan yang sudah disesuaikan oleh pemerintah dengan tingkatan sekolah siswa penerima tersebut, berikut inilah rinciannya:

1. Untuk siswa SD atau paket a akan menerima bantuan senilai Rp450.000 per tahun.

2. Untuk siswa SMP atau paket B menerima bantuan sebesar Rp750.000 per tahun.

3. Sedangkan untuk tingkat SMA, SMK, atau paket C akan mendapatkan uang bantuan Rp1.000.000 per tahun.

Bagi kalian yang kebingungan atau bertanya Mengapa jumlah bantuan dana pip berbeda-beda untuk setiap tingkat sekolah? Jawabannya karena kebutuhan yang diperlukan untuk masing-masing peserta didik Pada setiap jenjang pendidikan juga berbeda-beda, semakin tinggi jenjang pendidikan pastinya jumlah kebutuhan yang diperlukan juga akan semakin banyak atau meningkat sehingga jumlah bantuan pip yang diberikan oleh pemerintah untuk jenjang SMA atau SMK lebih besar daripada jenjang SMP dan SD.

Cara Cek Saldo KIP PIP Lewat Hp

Perlu kalian ketahui bahwa setiap penerima pip memiliki rekening masing-masing Sehingga nantinya kalian bisa mengecek saldo dari bantuan pip akan dapat kalian cek melalui rekening penerima pip.

Bila kalian tidak segera melakukan pencairan hingga batas waktu yang telah ditentukan maka saldo tersebut akan dikembalikan ke kas negara, jadi saya harapkan bagi penerima PIP namanya telah keluar sebagai penerima bantuan agar segera melakukan validasi dan konfirmasi bahwa siap untuk menerima dana dengan melengkapi seluruh persyaratan pencairan bantuan pip.

Bagi kalian yang ingin mengetahui jumlah saldo dari bantuan pip yang akan diterima kalian hanya dapat melihat apabila SK penetapan nama-nama yang masuk sebagai calon penerima bantuan pip tersebut telah keluar.

Untuk kalian yang ingin Mengecek saldo kip atau pip melalui HP kalian bisa mengeceknya melalui kartu ATM kalian asalkan rekening kalian sudah terdaftar di internet banking atau Mobile Banking dan kemudian kalian dapat menginstal aplikasinya di HP agar kalian dapat mengetahui jumlah saldo kip atau pip tanpa harus ke bank atau mesin ATM.

Penutup

Oke cukup sekian artikel saya kali ini tentang cara cek saldo KIP di hp dengan mudah, semoga bermanfaat dan terimakasih banyak...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel