Cara Ampuh Menghemat Baterai Saat Main Game Berat di Smartphone

Cara Ampuh Menghemat Baterai Saat Main Game Berat di Smartphone. Dalam kehidupan sehari-hari, smartphone memiliki peranan yang sangat penting untuk menunjang aktivitas. Diantaranya yang paling sering digunakan untuk berkomunikasi dan mencari informasi di internet. Namun tidak sedikit pula pengguna yang menggunakan untuk bermain game.

Main game menggunakan smartphone tentu lebih praktis dan fleksibel dibandingkan dengan console game. Bagaimana tidak, karena kita dapat bermain game dimana saja dan kapan saja. Bahkan saat kita memiliki waktu kosong atau sedang menunggu sesuatu tentu lebih menyenangkan jika kita gunakan untuk bermain game pada smartphone.

Cara Ampuh Menghemat Baterai Saat Main Game Berat di Smartphone

Cara Ampuh Menghemat Baterai Saat Main Game Berat di Smartphone

Tidak hanya bermain game offline, main game online pun saat ini juga banyak peminatnya. Bahkan para gamers tersebut rela menghabiskan paket kuota data mereka hanya untuk bermain game. Apabila sudah menjadi hobi tentu apapun akan dilakukan, dan tentunya mereka hanya akan berhenti jika baterai smartphone habis.

Akan tetapi sebagian besar pengguna smartphone sering mengeluhkan konsumsi daya baterai yang boros saat digunakan mobile gaming. Hal ini tentu akan mengurangi kenyamanan pengguna saat asyik bermain game. Karena ditengah-tengah serunya bermain game, kemudian ada peringatan daya baterai menipis.

Lantas, adakah cara mengatasi baterai boros saat main game di Android?? Nah kebetulan pada kesempatan kali ini tim koneksihp.net akan membagikan tips dan Cara Ampuh Menghemat Baterai Saat Main Game Berat di Smartphone. Agar kamu dapat mengetahui lebih jelasnya simak selengkapnya dibawah ini

1. Aktifkan fitur Power Saver

Hampir semua game terbaru yang bisa dikatakan berat saat dijalankan sudah dilengkapi dengan fitur power saver internal yang tentunya akan membantu dalam menghemat daya baterai smartphone saat kamu main game.

Salah satunya adalah game populer Pokemon Go. Cara mengaktifkan fitur penghemat daya pada game ini juga cukup mudah. Pertama kamu buka opsi tertentu dan silahkan pilih Setting, kemudian gulirkan layar kebawah untuk menemukan opsi Battery saver lalu silahkan centang pada opsi tersebut.

Namun apabila game yang kamu mainkan tidak memiliki fitur penghemat daya internal, maka kamu bisa mengaktifkan fitur power saver yang terdapat pada hp Android kamu. Karena Hp Android dengan OS terbaru saat ini sudah dilengkapi dengan fitur penghemat daya baterai

2. Menurunkan Brighteness

Cara Menghemat Baterai Saat Main Game HD paling ampuh yang lain adalah dengan menurunkan tingkat kecerahan pada layar. Tidak bisa dipungkiri bahwa metode yang satu ini benar-benar aktif untuk menghemat daya baterai. Fitur pencerah layar ini biasanya dimanfaatkan oleh pengguna pada saat mengoperasikan ponsel di luar ruangan.

Seperti yang kita ketahui bersama, saat terkena paparan sinar matahari, layar smartphone akan menjadi tampak gelap. Maka dari itu, disinilah fungsi dari brightness. Bila kamu ingin daya baterai tetap awet sebaiknya gunakan aplikasi baterai tahan lama.

Untuk mengaktifkannya juga terbilang cukup mudah. Karena fitur ini sudah tersedia di bagian depan layar. Kamu cukup melakukan scroll layar ke bawah, dan disitu kamu akan melihat menu dan pengaturan tingkat kecerahan. Silahkan geser ke kiri untuk menurunkan kecerahan. Perlu diketahui pula bahwa cara ini juga dapat mencegah ponsel cepat panas saat main game

3. Matikan Volume Game

Musik maupun efek suara pada game tentunya akan membuat permainan seolah tampak nyata dan seru. Sebagian besar gamers tentu saja menyukai akan hal ini. Namun permainan akan terasa tidak nyaman lagi jika daya baterai ponsel menjadi boros dikarenakan hal ini.

Oleh karena itu Cara Ampuh Menghemat Baterai Saat Main Game Berat adalah dengan menonaktifkan volume permainan. Dengan demikian maka konsumsi daya baterai akan berkurang dan baterai menjadi lebih awet.

4. Non-aktifkan Bluetooth dan Wi-Fi

Bila kamu memainkan game online, mungkin tips yang satu ini tidak berlaku untuk kamu. Namun kamu tetap harus mematikan bluetooth kamu. Sebaliknya buat kamu yang bermain game online tentunya kamu harus mematikan WiFi dan juga bluetooth.

Karena seperti yang kita ketahui dua fitur bawaan smartphone ini selalu mencoba terus mencari jalur akses yang kuat. Jika tidak ada koneksi hotspot di dekat kamu maka tentu fitur WiFi akan terus melakukan pencarian. Hal inilah yang membuat baterai semakin boros.

5. Menurunkan Tingkat Grafis

Tanpa disadari, terkadang pengguna smartphone menaikan tingkat grafis untuk memaksimalkan kualitas tampilan ponsel. Namun tahukah kamu tingkat grafis yang tinggi akan membuat ponsel menjadi mudah panas saat digunakan untuk bermain game. Sehingga hal ini membuat daya baterai ponsel menjadi mudah habis.

Agar kamu dapat merasa nyaman saat sedang main game, sebaiknya turunkan tingkat grafis pada ponsel Android kamu. Selain konsumsi daya menjadi lebih irit, tentunya game menjadi lebih mudah untuk dijalankan. Untuk menurunkan tingkat grafis tentu terbilang cukup mudah, pertama silahkan masuk pada menu Developers.

Kemudian silahkan atur ulang setelan grafis pada ponsel. Bila kamu menggunakan wallpaper tipe live, kami sarankan agar kamu menonaktifkannya dan sebaiknya kamu gunakan wallpaper tipe biasa seperti foto.

Penutup

Nah, itulah tadi informasi mengenai 3 Cara Ampuh Menghemat Baterai Saat Main Game Berat di Smartphone, agar kamu dapat main game dengan nyaman tanpa rasa khawatir baterai boros. Semoga bermanfaat untuk semuanya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel