7 Cara Ampuh Mengatasi Hp Android Sering Panas Dengan Mudah

Cara Ampuh Mengatasi Hp Android Sering Panas Dengan Mudah. Melihat perkembangan teknologi yang pesat seperti saat ini, smartphone sudah menjadi gadget yang wajib dimiliki bagi sebagian besar masyarakat. Dahulu ponsel hanya bisa dimiliki oleh sebagian kecil masyarakat terutama seorang pembisnis. Selain itu fungsi dari ponsel sendiri hanya dapat digunakan untuk telepon dan SMS saja.

Namun pada saat ini banyak sekali fungsi yang terdapat pada smartphone. Selain untuk berkomunikasi ponsel cerdas ini juga dapat digunakan untuk berbagi informasi, nonton video serta bermain game. Maka dari itu tidak salah jika smartphone memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Saking pentinya terkadang ada pengguna yang tangannya tidak berhenti mengoperasikan ponsel cerdas tersebut.

Cara Ampuh Mengatasi Hp Android Sering Panas Dengan Mudah

Cara Ampuh Mengatasi Hp Android Sering Panas Dengan Mudah

Sehingga hal inilah yang menjadikan porsesor smartphone berkerja secara terus menerus. Jadi tidak heran jika suhu pada smartphone menjadi panas dan daya baterai cukup boros. Tetapi, sayangnya tidak semua orang menyadari akan hal ini dan mereka hanya bisa berkeluh kesah.

Sebenarnya masih terbilang wajar jika hp Android mengalami peningkatan suhu saat dioperasikan, apalagi bila digunakan terlalu lama. Tapi berbeda lagi kasusnya jika penggunaan smartphone masih dalam batas wajar, dan suhu ponsel cepat meningkat atau bahkan overheat.

Ini berarti ada yang salah dengan performa dari perangkat, dan tentunya harus ada penanganan khusus agar hal ini tidak terjadi kembali. Perlu diketahui bahwa masalah overheat seperti ini dapat berpengaruh terhadap performa smartphone. Selain itu hal ini juga menjadikan baterai ponsel semakin boros dari biasanya. Dan parahnya lagi juga dapat menimbulkan kerusakan.

Lalu apa yang sebaiknya kita lakukan? Kamu tak perlu bingung jika smartphone kamu mengalami masalah seperti ini. Karena pada kesempatan kali ini admin koneksihp.net akan membagikan tips tentang bagaimana Cara Ampuh Mengatasi Hp Android Sering Panas Dengan Mudah. Agar tidak membuat kamu semua penasaran, langsung saja kita simak ulasannya dibawah ini.

1. Gunakan Smartphone Dengan Sewajarnya

Penggunaan smartphone yang hampir nonstop setiap harinya seperti dibuat gaming, straming video dan sosial media tentu akan membuat prosesor bekerja sangat ekstra. Sehingga hal ini akan membuat suhu ponsel menjadi meningkat secara signifikan. Selain itu daya baterai juga akan terkonsumsi lebih banyak dan juga akan membuat baterai smartphone menjadi panas.

Maka dari itu agar terhindar dari overheat sebaiknya gunakan smartphone kamu sewajarnya saja, apalagi jika spek hp Android kamu sendiri pas-pasan. Jika memang kamu ingin bermain gaming pada ponsel, sebaiknya belilah smartphone dengan spek tinggi terutama smartphone yang dibekali dengan RAM minimal 3GB.

2. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung Atau Tempat Bersuhu Tinggi

Penyebab lain dari smartphone yang mudah panas adalah penempatan yang kurang tepat saat tidak digunakan. Penempatan kurang tepat disini ialah meletakkan ponsel pada tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung. Hal ini juga dapat menyebabkan smartphone mengalami overheat ketika diistirahatkan.

Oleh karena itu saat Kamu ingin meletakkan smartphone, pastikan bahwa tempat tersebut terhindar dari paparan sinar matahari dan benda lain yang juga mengeluarkan hawa panas. Dan solusi yang tepat saat ingin menggunakan ponsel cerdas adalah pilih tempat yang sejuk.

3. Jangan Terlalu Lama Membuka Kamera

Tidak sedikit pengguna smartphone yang gemar mengabadikan setiap momen baik dimana saja. Terkandang mereka juga lupa menutup kamera saat sudah tidak digunakan. Hal inilah yang sebenarnya dapat membuat smartphone cepat panas. Pasalnya saat kamera terbuka prosesor dan GPU pada ponsel terus bekerja.

Maka dari itu untuk menghindari panas berlebih pada smartphone, sebaiknya teliti kembali, apakah kamera sudah ditutup setelah digunakan untuk berfoto maupun merekam video.

4. Gunakan Mode Pesawat Saat Jaringan Tidak Stabil

Sinyal tidak stabil atau mungkin jaringan yang lemah akan membuat ponsel anda lebih cepat panas terlebih lagi jika saat Kamu sedang browsing internet. Hal ini terjadi karena smartphone akan terus menerus mencari sinyal yang lebih baik, sehingga membuat prosesor bekerja lebih ekstra.

Cara Ampuh Mengatasi Hp Android Sering Panas yang disebabkan masalah ini adalah dengan mengaktifkan mode pesawat atau Airplane Mode. Dengan begitu maka pencarian jaringan akan terhenti. Lalu jika Kamu sudah berada pada area dengan jangkauan sinyal kuat maka Kamu bisa mengaktifkan kembali koneksi internte data kamu

5. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Masalah aplikasi yang tidak tertutup dengan sempurna dan masih berjalan di balik layar adalah masalah klasik setiap pengguna smartphone. Hal ini dikarenakan bahwa setelah menggunakan aplikasi pengguna selalu menutup dengan tombol “Home“. Jadi jangan heran jika tidak digunakan pun, smartphone kamu selalu terasa panas.

Apabila hal ini terjadi pada smartphone dengan spek yang cukup tinggi, mungkin masalah smartphone mudah panas tidak akan terasa. Namun jika ponsel kamu mengusung spek yang rendah maka dapat dipastikan bahwa smartphone kamu akan langsung panas.

Solusi yang tepat dalam melakukan Cara Ampuh Mengatasi Hp Android Sering Panas adalah dengan menutup aplikasi menggunakan tombol “Back“. Dengan demikian maka aplikasi akan tertutup dengan sempurna dan kinerja prosesor ponsel kamu akan terasa lebih ringan.

6. Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Banyaknya aplikasi yang terinstal pada smartphone, terkadang tidak kamu sadari jika beberapa dari aplikasi tersebut menjalankan suatu proses yang membuat prosesor hp Android kamu terus bekerja. Maka jangan heran jika Android kamu mudah overheat.

Oleh karena itu sebaiknya kamu hapus saja aplikasi hp Android kamu yang tidak terlalu penting. Terlebih jika keberadaan aplikasi tersebut hanya membuat tampilan smartphone kamu semakin keren saja.

7. Periksa Kesehatan Baterai

Normal atau tidaknya baterai smartphone juga dapat mempengaruhi performa smartphone sehingga mengakibatkan suhu menjadi naik. Apalagi jika baterai ponsel yang kamu gunakan mengalami kerusakan seperti bentuknya sudah menggembung, tentunya hal ini tidak baik jika masih kamu gunakan.

Untuk itu tidak ada salahnya jika kamu sering melakukan pengecekan kesehatan baterai. Dan jika terdapat kerusakan baterai seperti diatas, sebaiknya ganti baterai smartphone kamu dengan yang baru. Buat kamu pengguna smartphone dengan baterai non-removable maka kamu bisa membawa ke service center.

Penutup

Nah, itulah beberapa Cara Ampuh Mengatasi Hp Android Sering Panas Dengan Mudah beserta Penyebabnya. semoga artikel ini bermanfaat untuk buat kamu semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel