8 Cara Ampuh Memperkuat Sinyal 4G di HP Android

Cara Ampuh Memperkuat Sinyal 4G di HP Android. Indonesia saat ini sudah mensupport jaringan internet tercepat yakni 4G LTE. Sebenarnya kabar untuk akan kemunculan jaringan pengganti 4G LTE yakni 5G sudah digadang-gadang akan muncul pada tahun mendatang. Jaringan koneksi internet 4G LTE mempergunakan alur perayapan yang berbeda namun masih satu koridor dengan GSM dan juga HSPA.

Jaringan ini lebih sering disebut dengan 4G karena memang merupakan generasi keempat dari teknologi jaringan seluler yang mengusung kecepatan berbeda dari generasi sebelumnya. Namun di Indonesia sendiri koneksi jaringan internet 4G LTE masih belum dikatakan merata. Sehinggga tidak semua pengguna smartphone dapat mencicipi teknologi internet paling cepat tersebut.

Cara Ampuh Memperkuat Sinyal 4G di HP Android

Cara Ampuh Memperkuat Sinyal 4G di HP Android

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tentang bisa atau tidaknya smartphone Android berkolaborasi dengan 4G LTE. Hal yang pertama adalah ponsel cerdas tersebut sudah mengusung prosesor yang sudah mendukung jaringan internet 4G LTE. Sehingga smartphone tersebut memang sudah mengusung teknologi internet 4G LTE. Sendangkan yang kedua pastikan ponsel kamu sudah pada area yang terjangkau oleh jaringan tersebut.

Buat kamu yang memiliki gadget Android berteknologi 4G LTE dan sudah pada area yang terjangkau oleh jaringan internet tersebut, namun masih mengalami hambatan seperti terkadang kehilangan sinyal internet, maka untuk menstabilkannya ada beberapa tips dan Cara Ampuh Memperkuat Sinyal 4G di HP Android. Agar tidak penasaran langsung saja kita simak ulasannya dibawah ini.

1. Cek Kekuatan Sinyal Provider

Banyak sekali provider yang menawarkan kecepatan jaringan internet 4G LTE. Namun tidak semua jaringan provider tersebut memiliki kecepatan yang sama. Saat kamu melakukan aktivitas dunia maya seperti download dan streaming, tiba-tiba proses download kamu terhenti dan video buffering. Ternyata setelah kamu lihat pada status bar sinyal tidak seperti biasanya.

Hal ini tentunya merupakan jaringan internet pada provider yang kamu gunakan tidak maksimal, sehingga akan mengganggu aktivitas dunia maya kamu. Selain melakukan pengecekan status bar tersebut, cara lainnya adalah masuk pada menu Setting > About Phone > Status. Kemudian kamu akan mengetahui tinggal berapa sinyal provider yang kamu gunakan.

2. Gunakan Aplikasi Untuk Memperkuat Sinyal

Aplikasi penguat sinyal sangat dibutuhkan apabila kita berada diarea yang kurang begitu memadai seperti pedesaan misalnya. Android mempunyai beragam aplikasi penguat sinyal yang tangguh seperti Network Signal Speed Booster, Network Booster Plus atau 4G LTE Signal Booster.

Aplikasi-aplikasi di atas akan memberikan informasi mendetail tentang kekuatan sinyal yang sedang kita gunakan. Tak hanya itu aplikasi tersebut juga bisa mencari posisi tepat dalam melakukan jangkauan 4G LTE.

3. Gunakan Fitur Airplane Mode Untuk Memancing Sinyal

Cara ini sudah lama diketahui dan banyak dipraktekkan oleh para pengguna smartphone Android untuk memancing sinyal yang lebih kuat. Fungsi airplane mode ternyata cukup banyak yang diantaranya ialah memancing sinyal agar dapat lebih kuat masuk ke smartphone Android kita.

Ketika fungsi dari jaringan 4G LTE memburuk kita bisa nyalakan sebentar mode airplane, dengan menyalakan mode airplane maka seluruh koneksi jaringan keluar akan dihentikan secara menyeluruh. Tunggu beberapa lama lalu matikan airplane mode maka secara otomatis Android langsung mencari sinyal baru dan tentunya yang jauh lebih kuat.

4. Pindah ke Luar Ruangan

Ketika berada di dalam ruangan adakalanya sinyal terhalang oleh dinding atau benda lain yang dapat mempengaruhinya. Sinyal Internet memang bersifat sensitif, karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang tak kasat mata. Maka dari itu untuk memperbaiki kualitas dari sinyal internet, kamu dapat mencobanya dengan cara pindah ke luar ruangan

5. Usahakan Baterai Smartphone Selalu Full

Baterai smartphone yang menipis tentu akan berpengaruh terhadap koneksi jaringan internet. Karena pada posisi yang tinggal hanya beberapa persen, smartphone biasanya akan mengaktifkan mode hemat daya. Mode tersebut secara otomatis akan memutus koneksi data internet, sehingga membuat aktivitas dunia maya akan akan terganggu.

Perlu diketahui bahwa konsumsi daya baterai akan menjadi besar pada saat smartphone melakukan pemindahan koneksi internet dari satu pemancar ke pemancar yang lain. Maka dari itu jika masalah internet 4G LTE yang tidak maksimal disebabkan oleh hal ini, kamu cukup melakukan isi ulang saja.

6. Gunakan Mode 4G LTE only

Cara Ampuh Memperkuat Sinyal 4G di HP Android yang berikutnya adalah dengan mengaktifkan mode 4G LTE only. Bagi smartphone Android yang sudah mensupport jaringan 4G LTE pastinya terdapat mode 4G LTE only di menu setting jaringan. Kita bisa memanfaatkan mode tersebut untuk hanya memprioritaskan jaringan 4G LTE yang bisa diakses oleh smartphone Android sehingga terasa jauh lebih stabil.

7. Gunakan Provider Dengan Sinyal Terbaik

Seperti yang sudah kita bahas bahwa provider penyedia layanan adalah salah satu kunci utama yang menunggangi akan bagus atau tidaknya sebuah jaringan. Untuk itulah kita perlu memastikan secara gamblang bahwa provider jaringan yang kita gunakan sudah memiliki kualitas yang baik.

Untuk hal ini tergantung di mana tempat anda tinggal. Biasanya jika anda tinggal di kota-kota besar tak akan menjadi masalah karena semua jaringan pasti bagus sebab didukung banyak Tower. Akan tetapi berbeda hal dengan yang berada di sekitar pedesaan anda disini harus cukup jeli yang mana provider yang bagus untuk anda gunakan.

8. Menggunakan HP Android dengan teknologi sinyal khusus

Beberapa merk smartphone Android seperti keluaran produk Samsung telah dipersenjatai dengan fitur untuk memperkuat sinyal internet yang biasa disebut Samsung Signal Max. Teknologi tersebut dipercaya dapat mengoptimalkan jaringan 4G LTE, sebab didalamnya ditempatkan multi DAT System serta multiantena.

Dengan menggunakan smartphone yang memiliki teknologi sinyal khusus seperti ini, tentunya sinyal internet 4G LTE akan lebih maksimal dan aktivitas dunia maya tidak akan terhambat.

Penutup

Sepertinya inilah yang bisa kami sampaikan tentang 8 Cara Ampuh Memperkuat Sinyal 4G di HP Android. Akhir kata semoga review di atas memberi manfaat kepada para pembaca semua, jangan lupa kunjungi terus situs ini agar anda mendapatkan review tentang cara-cara menarik lainnya seputar gadget Android yang akan setiap harinya diulas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel