Cara Belajar Main Saham untuk Pemula yang Baik dan Bijak

Cara belajar main saham perlu diketahui oleh para pelaku trading pemula sebelum terjun ke dalam dunia investasi. Karena investasi ini merupakan salah satu produk pasar modal yang memiliki risiko tinggi.

Meski istilahnya ‘bermain saham’, Anda harus tetap menjalaninya dengan serius agar bisa meminimalisir risiko dan memperoleh keuntungan. Ini merupakan produk investasi yang bisa menawarkan potensi keuntungan cukup tinggi.

Pengertian Saham yang Perlu Anda Ketahui

Cara belajar main saham merupakan salah satu bentuk instrumen pasar uang paling populer saat ini. Instrumen ini juga sering disebut sebagai efek atau stock yang menjadi surat berharga untuk menyatakan bukti kepemilikan sebuah perusahaan atau badan usaha.

Investasi ini juga dapat diartikan sebagai tanda penyertaan modal seseorang atau badan usaha sebagai pihak tertentu didalam perusahaan atau perseroan terbatas. Pihak pemberi modal dapat mengklaim atas pendapatan, aset perusahaan dan berhak hadir dalam rapat umum pemegang saham.

Berdasarkan Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 tahun 1995 pasal 1 ayat 5 adalah surat berharga yang menjadi pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, unit penyertaan kontrak investasi kolektif, tanda bukti utang, kontrak jangka atas efek dan setiap bentuk derivatif dari efek.

Dalam bahasa lebih sederhana, ini merupakan bukti kepemilikan seseorang atas sebuah perusahaan atau badan usaha. Sehingga jika memiliki instrumen ini berarti Anda menjadi bagian dari pemilik perusahaan tersebut.

Cara Belajar Main Saham untuk Para Pemula

Dalam menentukan cara bermain saham untuk pemula yang baik dan bijak, Anda perlu meyakinkan diri terlebih dahulu. Apakah saham merupakan salah satu instrumen investasi yang tepat untuk Anda saat ini.

Karena cara belajar main saham bagi pemula perlu membutuhkan komitmen kuat. Instrumen investasi ini biasanya dijadikan sebagai sarana investasi jangka panjang. Berikut ini adalah langkah-langkah perlu diperhatikan saat memulai berinvestasi.

1. Pahami Ilmu Dasar Mengenai Investasi Saham

Terlebih dahulu Anda perlu memahami ilmu dasar mengenai investasi itu sendiri. Karena di dalamnya Anda akan menemukan istilah-istilah teknis yang akan membingungkan jika tidak dipahami terlebih dahulu.

Agar lebih mudah dalam menentukan cara bermain saham yang baik dan bijak, Anda bisa kenali terlebih dahulu beberapa istilah-istilah teknis dan mungkin masih asing di telinga Anda.

2. Pelajari Analisis dalam Instrumen Investasi Saham

Dalam bermain salah satu instrumen investasi ini, Anda akan menemukan pergerakan yang terus berubah setiap detiknya. Bagi beberapa orang awam, faktor penentuan pergerakan ini dianggap menjadi hal yang misterius.

Cara belajar main saham bagi pemula adalah dengan mempelajari analisis dari instrumen tersebut. Dengan mempelajari analisis secara mendalam dapat membantu Anda untuk menentukan pergerakan saham tersebut.

3. Lakukan Transaksi secara Berjangka

Lakukan juga transaksi secara berjangka. Transaksi berjangka ini bukan berarti Anda memulai investasi dari modal paling kecil. Namun Anda perlu bersabar untuk menambah saham yang dimiliki pada setiap transaksi.

Investasi dengan modal besar juga menghadirkan risiko besar. Hal tersebut perlu Anda pastikan agar mendapatkan persentase return yang diinginkan supaya dana modal tetap aman untuk melakukan investasi lanjutan.

4. Hindari Berhutang

Cara belajar main saham dengan transaksi berjangka juga dapat membantu dalam menghindari risiko utang. Berhutang untuk melakukan investasi bukanlah cara bermain investasi bagi pemula yang baik dan bijak.

Investasi saham memiliki tujuan untuk meningkatkan kekuatan finansial di masa mendatang. Jika berhutang, tujuan tersebut tidak akan terlaksana dengan baik dan keuntungan yang didapat hanya dialihkan untuk melunasi utang.

5. Beli Saham Saat Harga Saham Turun

Bagi pemula lebih baik mulai membeli pertama kali di saat nilai saham incaran sedang turun. Salah satu cara bermain bagi pemula yang baik dan bijak adalah berperan dalam menjaga kondisi finansial untuk tetap stabil.

6. Kenali Saham LQ45 dan IDX30

LQ45 dan IDX30 mengacu pada indeks yang tersedia dan dikeluarkan oleh Bursa Efek Indonesia. Pelajari kedua jenis indeks ini, Anda memiliki kesempatan untuk dapat menjual saham dengan cepat sekaligus memiliki perkembangan yang bisa diprediksi.

Bagi pemula tentu akan sangat membingungkan saat pertama kali terjun ke dalam dunia investasi. Cara belajar main saham perlu dipelajari dan dipahami agar terhindar dari risiko yang besar.