Pengertian Majas Metafora, Jenis, Fungsi serta Contohnya LENGKAP!!!

Pengertian Majas Metafora, Jenis, Fungsi serta Contohnya LENGKAP!!!

Majas metafora salah satu majas yang terkenal serta seringkali dipakai untuk lengkapi karya sastra. Supaya karya tulisan tidak membosankan serta lebih menarik untuk dibaca, majas perlu dipakai untuk melengkapi faktor gaya bahasa serta meningkatkan nilai seni.

Untuk majas umum, metafora tampil di mana-mana, dari mulai puisi, novel, film, sampai pidato presiden serta musik terkenal.

Tetapi menyelipkan majas dalam satu karya tidak segampang yang nampak, sebab diperlukan pandangan dalam serta latihan intensif supaya majas dalam tulisan nampak bertambah alami serta nyaman dibaca. Untuk meningkatkan wacana Anda, berikut bahasan mengenai majas metafora.


Pengertian Majas Metafora

Majas metafora ialah majas (beberapa kata yang bukan makna sebetulnya) yang memiliki kandungan perbandingan terbersit. Metafora dipakai untuk memvisualisasikan suatu hal yang seakan-akan itu ialah suatu hal lainnya.

Tetapi metafora bukan perbandingan, tetapi satu perumpamaan, dimana Anda menjelaskan satu hal ‘seperti' lainnya. Contoh, "Matanya indah seperti berlian".


Macam-Macam Majas Metafora

Terdapat beberapa jenis metafora serta langkah memakainya. Berikut beberapa salah satunya:

Metafora Mati

Metafora ini ialah yang termudah dimengerti serta tersering dipakai, khususnya dalam puisi cinta. 


Metafora Absolut

Memperbandingkan dua hal yang tidak mempunyai koneksi yang pasti, untuk bikin titik yang menonjol. Metafora absolut dikenal juga untuk metafora paralogis atau antimetafor.

Yakni majas yang susah serta dapat membuat pembaca bingung bila mereka tidak pahami jalinan yang Anda bikin antara kedua-duanya. 


Metafora Kompleks

Dipakai untuk memperbandingkan dua subyek atau bisa lebih. Contoh: "Hidup tidak lebih dari kuali seorang tukang sihir yang sarat dengan zamrud."


Metafora yang Diperpanjang

Sesuai dengan namanya, ini ialah metafora panjang yang ditujukan untuk bikin perbandingan dalam.

Seperti pada contoh classic dari Romeo serta Juliet: "Sinar apakah yang tembus jendela disana? Itu ialah sinar bulan, serta Juliet ialah matahari! Bangkitlah, matahari cerah, serta bunuh bulan yang iri, yang telah sakit serta pucat sebab duka cita".


Metafora Tersirat

Memperbandingkan dua hal tanpa ada memakai arti spesifik. Misalnya, "Menghabiskan terlalu banyak waktu dengannya bertambah buruk dibanding berenang di lautan hiu".


Metafora Campuran

Metafora ini mencampurkan perbandingan dengan cara serentak, yang tidak cocok atau mungkin tidak logis. Contoh: "Di saat hari panas seperti ini, ia berubah menjadi es dan asik dengan hentakan drumnya sendiri".


Metafora Root

Metafora ini benar-benar dekat dengan bahasa setiap hari, Anda bahkan bisa saja tidak mengenalnya untuk metafora. Contoh: "Hidup ialah perjalanan", atau "Ia merusak hatiku".


Metafora Konseptual

Metafora ini ambil satu subyek serta menggambarkannya dalam arti yang lain. Metafora konseptual seringkali disebutkan dengan penggati. Contoh: "Saya kehilangan waktu mudaku sebab hidup bersamamu".


Metafora Kreatif

Bila Anda telah sering memakai metafora mati, pikirkan metafora kreatif untuk alternatifnya. Tetapi tekankan Anda menulis dengan arti yang akan dimengerti audience.

Contoh: "Pintu kastil terbuka, serta pangerang mendapatkan tangan putri bertambah cepat dibanding menarik pedang dari sarungnya".


Fungsi Majas Metafora

Metafora bisa membuat beberapa kata Anda jadi hidup. Sering, metafora bisa membuat ide serta inspirasi Anda bertambah gampang dimengerti oleh pembaca atau untuk bikin pertimbangan yang susah bertambah gampang dipahami.

Contohnya untuk menerangkan warna yang tidak diketahui supaya gampang diketahui, suatu hal yang abstrak ke nyata, hal yang tidak dapat dimengerti jadi gampang dimengerti, dan lain-lain.

Gambar adegan penuh warna dengan jari-jari Anda. Perkenankan pembaca lihat sepintas ke pikiran ciri-ciri Anda dengan perbandingan kreatif yang mengutarakan semakin banyak info. Lewat majas metafora, pembaca bukan hanya bisa nikmati karya Anda, dan juga mendapatkan pengetahuan baru.


Contoh Majas Metafora

Agar dapat bertambah pahami majas dari metafora karena itu kami akan beri beberapa misalnya seperti berikut.

-Sang Ibu Merengkuh Buah Hati

-Masih Ada Tikus Kantor Di Negara Ini

-Pasar Itu Telah Dilalap Sang Jago Merah

-Diana Seorang Siswi Bintang Kelas

-Bunga Bangsa Dipastikan Oleh Anak Muda

-Gudang Pengetahuan Terdapat Pada Perpustakaan

-Rendy Memiliki Cita-Cita Jadi Anak Emas Di Kelasnya

-Seorang Kutu Buku Jadi Juara Lomba Puisi

-Ilmu Dunia Ada Pada Internet

-Si Bungsu Sedang Mati Kutu, Waktu Dimarahi Bapaknya


Demikian tentang penjelasan mengenai majas metafora baik dari pemahaman metafora, beberapa macam, peranan serta sampai berserta contoh-contohnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel