Pengertian Majas Hiperbola serta Contohnya LENGKAP!!!

Pengertian Majas Hiperbola serta Contohnya LENGKAP!!!

Biasanya buat masyarakat biasanya pemakaian majas hiperbola seringkali dipakai untuk beriklan, jual produk dipasaran, mengekspresikan sarkasme, atau kagum pada suatu hal pada seorang.

Majas ini sudah jadi sumber sastra yang banyak dipakai oleh penyair untuk bikin kesan-kesan menegangkan serta mengundang perhatian. Agar bertambah memahami lagi seharusnya baca penjelasannya berikut ini.


Pengertian Majas Hiperbola

Hiperbola (hyperbole) ialah tipe bahasa majas yang dari Yunani yang bermakna "terlalu berlebih".

Jadi, hiperbola ialah pengakuan yang menyengaja dibikin untuk melebih-lebihkan bukti, baik mengoptimalkannya atau meminimalisirnya, untuk mengundang perhatian audience serta memperoleh kemampuan gesturf yang semakin besar.

Hiperbola bukan perbandingan seperti perumpamaan serta metafora, tapi majas yang terlalu berlebih serta mempunyai dampak lucu yang dibuat oleh pengakuan terlalu berlebih.

Majas terlalu berlebih ini dipakai untuk mengutamakan satu situasi spesifik dari seorang, serta khususnya bagaimana rasanya.


Ciri-Ciri Majas Hiperbola

Hiperbola mempunyai karakter spesifik yang tidak ada pada style bahasa yang lain, yakni:

Melebih-Lebihkan Sesuatu

Hiperbola dipakai untuk menghidupkan perasaan yang kuat atau mengutamakan satu hal. Hiperbola bisa dipakai untuk melebih-lebihkan semua tipe keadaan atau emosi, serta bisa dipakai dengan komedi atau serius.

Contohnya sesudah lihat rekan Anda masuk kantor sesudah lama mangkir, Anda kemungkinan mengatakan, "Saya belum lihat Anda dalam sejuta tahun". Anda serta rekan Anda ketahui jika ini tidak betul-betul berlangsung.

Di sini, hiperbola dipakai untuk mengutamakan berapakah lama rasa-rasanya semenjak akhir kali Anda lihat rekan Anda.

Contoh

"Koper itu beratnya satu ton!" Dalam perumpamaan ini, pembicara mengakui jika satu koper memiliki bobot satu ton. Tentunya, ini tidak bermakna jika koper itu beratnya satu ton. Pembicara memakai hiperbola untuk mengutamakan jika koper sangat terasa berat.

Dramatis

Hiperbola seringkali dipakai dalam tulisan satu karya cuma untuk bikin gambaran bertambah lucu atau kreatif. Contohnya, bertambah menarik untuk menjelaskan "Ia punyai otak seukuran planet" dibanding "Ia betul-betul pandai".

Hiperbola tersering dipakai oleh penyair untuk bikin perbandingan serta memvisualisasikan beberapa hal dalam arti yang bertambah indah.

Contohnya dalam puisi cinta, penyair bisa memakai hiperbola untuk mengutamakan keinginan serta ketakjuban yang kuat pada orang yang di cintai.

Contoh

Saya akan mencintaimu, saya tetap akan mencintaimu

Sampai Cina serta Afrika berjumpa

Serta sungai melompati gunung

Serta salmon menyanyi di jalan

Kapan Cina serta Afrika berjumpa? Bagaimana sungai melompati gunung? Serta kapan salmon cukup pintar untuk menyanyi atau berevolusi untuk jalan-jalan? Tentunya, tidak satu juga dari beberapa hal ini yang akan berlangsung, jadi itu menunjukkan jika penulis akan menyukai pacarnya selama-lamanya.

Contoh lain. "Saya akan memberimu bulan serta bintang-bintang, serta apa saja yang kamu kehendaki". Sama seperti yang telah Anda kenali, sebetulnya ini mustahil. Tetapi ini ialah langkah hiperbola untuk menjelaskan jika pembicara akan memberi semua yang diharap pacarnya.

Mempengaruhi Audiens

Beberapa pernyataan dengan hiperbola dipakai untuk membuat kesan-kesan yang kuat serta meningkatkan penekanan, dan untuk mengekspresikan pesan dengan spesial.

Contohnya hiperbola dalam iklan TV serta situs situs promo. Iklan yang menjanjikan untuk memberi kemampuan super, gigi putih menyilaukan serta kekuatan mengagumkan untuk menarik konsumen sudah ada semasa beberapa dekade.

Contoh

"Pakai pemutih dari yy untuk cream malam Anda, agar dapat memperoleh kulit halus sebening kristal". Pemasar memakai pengakuan hiperbolik semacam ini untuk menarik konsumen setia dengan tidak biasa, yakni melebih-lebihkan produk, namun menggambarkan kebenaran dari produk itu.

Saat dipakai dengan pas, majas hiperbola dapat mengomunikasikan semua tipe perasaan serta menghibur atau beri pujian seorang dengan kreasi gambaran. Tetapi hati-hatilah tidak untuk memakainya terlalu berlebih.


Contoh Majas Hiperbola

Di bawah ini ada banyak contoh kalimat-kaliamat dari majas hiperbola mudah-mudahan bisa meningkatkan bahan referensi Anda.

-Anak memiliki kasih sayang selama galah, tapi kasih sayang ibu selama hidup.

-Si Rani harus banting tulang untuk menyangga kehidupan dalam keluarganya.

-Paman sedang memperoleh permasalahan hingga terus terbenam dalam kubangan air mata.

-Anak bungsu memperoleh kasih sayang buta sebab sudah lakukan kekeliruan.

-Anak jalanan itu telah dipandang oleh bapak Hendra untuk darah dagingnya sendiri.

-Walaupun harus melintas lautan saya masih berupaya, untuk memperoleh wanita yang saya sayang.

-Aku dapat mendapatkan bintang langit malam hari ini saat team bisa kerja sama juga dengan baik.

-Pria Tampan sedang merasai terbakar oleh semangatnya.

-Adik pertama berat tubuhnya sedang turun sampai seperti tinggal tulang serta kulit.

-Kebutuhan harga inti sekarang ini sedang membumbung tinggi sekali.


Demikian penjelasan mengenai majas hiperbola, baik dari sisi pengertian, ciri-ciri hingga contoh majas yang seringkali dicari banyak orang. Silakan meninggalkan tanggapan di bawah jika ada yang ingin diberi pertanyaankan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel