Pengertian Hukum Pascal, Rumus, Bunyi Hukum, serta Contoh Soal

Pengertian Hukum Pascal, Rumus, Bunyi Hukum, serta Contoh Soal

Kesempatan ini kami akan mengulas mengenai rumus hukum pascal dan rumus serta analisis dan contoh-contoh masalah hukum pascal. untuk lebih detilnya baca keterangan berikut ini

Pengertian Hukum Pascal

Hukum Pascal yakni hukum yang mengatakan jika desakan pada zat cair dalam suatu ruangan tertutup akan dilanjutkan ke semua arah dengan sama besar serta sama rata. Yang mempunyai makna jika desakan yang mendesak wadah besarnya sama di semua tempat.

Hukum Pascal diketemukan oleh seorang periset fisika asal Prancis namanya Blaise Pascal. Hukum ini dinamakan sesuai namanya untuk memberikan penghormatan pada dianya.

Bunyi Hukum Pascal

"Tekanan yang diberikan zat cair dalam ruang tertutup diteruskan ke segala arah dengan sama besar"

Rumus Hukum Pascal

ΔP = ρg(Δh)


Keterangan Rumus

-ΔP yakni desakan hidrostatik (dalam unit pascal atau "Pa "), atau ketidaksamaan desakan pada 2 titik dalam penyekat yang berisi zat cair, sebab ketidaksamaan berat di antara kedua-duanya.

-ρ yakni massa tipe zat cair (dalam kg per mtr. kubik).

-g yakni pemercepatan sebab gravitasi (biasanya menggunakan pemercepatan ketinggian dari permukaan laut karena gravitasi bumi, dalam unit mtr. per detik pangkat 2).

-Δh yakni ketinggian zat cair di atas titik pengukuran (dalam unit meter), atau ketidaksamaan ketinggian di antara 2 titik pada kolom yang berisi zat cair.

Bila yang diketahui ialah jari-jari atau diameter, karena itu rumus hukum pascal menjadi:

F1/A1 = F2/A2 karena itu F1 = A1/A2 x F2 atau F1 = (D1/D2)2 x F2


Keterangan:

F1 ialah gaya pada penampang 1 (newton)

F2 ialah gaya pada penampang 2 (newton)

A1 ialah luas penampang 1 (m2)

A2 ialah luas penampang 2 (m2)

R1 ialah jari-jari pada penampang 1 (m)

R2 ialah jari-jari pada penampang 2 (m)

D1 ialah diameter pada penampang 1 (m)

D2 ialah diameter pada penampang 2 (m)

Penerapan Hukum Pascal

Hukum Pascal sudah banyak diaplikasikan untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Pada Pengungkit Hidrolik

Salah satunya contoh yang simpel yakni pengungkit hidrolik. Pada pengungkit hidrolik, sedikit style masuk yang diberi serta digunakan untuk membuahkan style keluar yang semakin besar dengan membuat luasan piston sisi luar semakin besar dibanding luasan piston sisi dalam.

Dengan langkah ini, keuntungan mekanis yang dibuat akan berlipat-lipat bergantung rasio ketidaksamaan luasan piston.

Untuk contoh, bila luasan piston luar 20 kali semakin besar dibanding piston sisi dalam, karena itu style yang keluar dikalikan dengan unsur 20, hingga bila style yang diberi sama dengan 100 kg, karena itu dapat mengusung mobil sampai seberat 2000 kg atau 2 ton.

Pada Pompa Sepeda

Ada 2 tipe pompa sepeda yakni pompa sepeda biasa serta pompa sepeda hidrolik. Semakin lebih gampang memompa ban sepeda dengan memakai pompa hidrolik hanya karena memerlukan sedikit tenaga karena implikasi hukum pascal.

Mesin Pengepres Kapas (Kempa)

Kecuali dongkel hidrolink, pompa, implikasi hukum pascal adadi mesin pengepres kapas (kempa) untuk memperoleh ukuran yang pas disimpan serta ditebarluaskan.

Langkah kerjanya yakni style pencet yang didapat oleh pompa yang mendesak penyedot kecil, sampai penyedot besar bergerak ke atas serta menggerakkan kapas, sampai kabas akan mampat.

Contoh Soal Hukum Pascal

1. Sebuah pengungkit hidrolik digunakan untuk mengusung mobil. Udara bertekanan tinggi digunakan untuk mendesak piston kecil yang memiliki jari-jari 5 cm. Takanan yang diterima selanjutnya dilanjutkan oleh cairan di dalam skema tertutup ke piston besar yang mempunyai jari-jari 15 cm.

Berapakah besar style yang perlu diberi udara bertekan tinggi untuk mengusung mobil yang memiliki berat sebesar 13.300 N? Berapakah desakan yang dibuat oleh udara bertekanan tinggi itu?

Pembahasan:

Dengan memakai rumus hukum Pascal F2/A2 = F1A1 bisa dicari nilai style yang dibutuhkan:

f1 = (A1/A2)F2


2. Sebuah pengungkit hidrolik memiliki piston masuk (penting) berdiameter 1 cm serta silinder luar dengan diameter 6 cm. Tetapkan style yang dikeluarkan silinder luar waktu diberi style sebesar 10 N pada silinder masuk. Bila piston masuk bergerak sejauh 4 cm, sejauh mana piston luar bergerak?

Pembahasan:Dengan memakai rumus hukum Pascal F2/A2 = F1A1 bisa dicari nilai style yang dibuat:

F2 = (A1/A2)F1



Demikian keterangan mengenai hukum pascal dan bahasan rumus dan contoh soalnya. Mudah-mudahan artikel kesempatan ini bisa meningkatkan pengetahuan kalian dan wacana mengenai hukum pascal. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel