Keuntungan/Kelebihan Beternak Kambing Etawa (Tips Sukses)

Keuntungan/Kelebihan Beternak Kambing Etawa

Menjadi kaya adalah impian banyak orang, Untuk mencapainya pun perlu pengorbanan yang tidak mudah kita perlu berjuang dan tidak mudah putus asa.

Banyak sekali rintangan yang perlu dihadapi dalam berbisnis, salah satunya adalah beternak kambing etawa. Beternak tidaklah sulit namun juga tidaklah mudah.

Semua kesuksesan harus dibarengi dengan perjuangan yang gigih, kerja keras, ulet, sabar, dan pantang menyerah.

Jika kalian memilih berbisnis ternak kambing etawa pilihan anda adalah tepat, kenapa?

Peluang usaha kambing etawa bisa dibilang sangat menjajikan dan menguntungkan. Dibanding jenis kambing yang lain kambing etawa memanglah lebih menguntungkan.

Tidak rugi jika kalian beternak kambing etawa, kambing ini memiliki banyak dagaing. Bukan hanya daging saja, susu dari kambing etawa pun juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Di pasaran kambing etawa menjadi unggulan dan banyak yang meliriknya. Memelihara kambing ini tidak perlu membutuhkan banyak lahan, dan selain itu umur kambing ini cukup panjang di banding kambing yang lain.

Apasih keuntungan beternak kambing etawa?

1.Pasar Luas
Keunggulan berbisnis ternak kambing etawa adalah memiliki pasar yang sangat luas. Setiap orang akan membutuhkan kambing untuk di konsumsi ataupun untuk dipelihaara.

Misalnya, pada hari raya idul adha banyak orang yang membutuhkan kambing untuk dijadikan kurban. Setiap muslim yang mampu membeli maka akan mencari kambing tersebut.

Contoh selanjutnya adalah saat orang baru melahirkan anak, nah disitulah orang akan membutuhkan kambing untuk aqiqahan. Misal, bayinya laki-laki maka orang tersebut membutuhkan dua ekor kambing untuk aqiqah.

2.Mudah Di Jual
Kambing sangat mudah jual mengingat pasarnya yang begitu luas, apalagi kambing jenis etawa. Contoh, seorang yang membutuhkan uang dalam jumlah yang besar untuk biaya modal usaha. Dia memilih untuk menjual kambing tersebut seharga 2 juta, ke peternak. Kambing yang dibeli tersebut di perlihara dan di besarkan oleh peternak hingga harganya naik.

Dari contoh diatas berbisnis kambing tidak ada matinya atau bisa dibilang tidak ada ruginya. Maka dari itu berbisnis kambing sangatlah menguntungkan.

3.Menguntungkan
Seperti yang sudah saya bahas di atas berbisnis ternak kambing memanglah sangat menguntungkan.

Jika bisnis ini kalian lakukan dengan rajin dan pantang menyerah saya yakin akan sukses dalam waktu dekat.

Bukan hanya daging saja yang menguntungkan dari kambing etawa, namun juga susu dan kotoranya. Susu kambing etawa sendiri banyak sekali dicari oleh orang karena sudah terbukti ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

4.Mudah di Pelihara
Selain kelebihan-kelebihan yang ada di atas, kambing etawa juga memiliki kelebihan yang mudah untuk dipelihara. Apalagi saat ini dengan berkembangnya teknologi kalian tidak perlu susah susah ngarit.

Karena saat ini kalian bisa memberi makan dengan teknologi pakan fermentasi. dengan adanya teknologi ini diharapkan para peternak dapat meningkatkan kualiatsnya.

5.Lahan Sempit
Dengan modal lahan yang sempit saja usaha beternak kambing bisa dijalankan , apalagi mempunyai lahan yang luas dan banyak rerumputan. Akan lebih mudah memeliharanya karena tidak perlu susah mencari rumput untuk pakan kambing etawa

6.Mudah Beradaptasi
Kambing merupakan salah satu hewan ternak yang sangat mudah beradaptasi, di lingkungan baru kambing dapat melakukan adaptasi dengan baik.

Hal ini membuat binatang kambing dapat di ternakan secara rumahan, sistem kandang, ataupun sistem modern

7.Cepat Panen
Usaha ternak kambing adalah salah satu bisnis yang cepat mendapatkan keuntungan, karena kambing adalah hewan ternak yang menguntungkan dalah waktu yang singkat.

Dari lima kambing bisa bernak pinak menjadi dua puluh lima ekor dalam waktu satu tahun, yang tentunya dengan kerja keras dan usaha yang tekun.

8.Banyak manfaat
Sudah tidak asing lagi jika kambing mempunyai banyak sekali manfaat, dari mulai daging yang memiliki banyak protein, lalu kotoran yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kandang, selanjutnya susu nya yang banyak sekali mengandung manfaat. Dan bulu dan kulitnya yang bisa di manfaatkan sebagai bahan industri tekstil.

9.Pakan Mudah Didapatkan
Yang terpenting dalam usaha ternak kambing adalah ketersedian pakan yang mudah di dapat dari alam, rumput saat ini sangat mudah sekali di dapatkan apalagi di pedesaan.

Itulah mengapa alasan kambing sangat cocok untuk di pelihara di desa, karena ketersedian rumput yang bisa dibilang masih mudah dicari.

10.Modal Yang Kecil
Salah satu kelebihan dalam usaha kambing adalah memerlukan modal yang kecil, hanya memerlukan 5 Juta saja kalian bisa memulai usaha ini.

Hal ini sangat berbeda jika kalian memulai usaha kerbau atau sapi, kalian harus memrlukan modal yang lebih banyak.

11.Mengurangi Pengangguran
Usaha ternak kambing akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi semua orang yang belum memiliki pekerjaan.

Bagaimana tidak? Bisnis ternak kambing yang bersekala besar akan menyerap tenaga kerja yang cukup banyak. Maka dari itu usaha ternak kambing dapat mengurangi pengangguran yang ada.

Keuntungan/Kelebihan Beternak Kambing Etawa

Apa Saja Yang Harus Di Siapkan Saat Memulai Bisnis Kambing Etawa?

Bagi kalian yang ingin sekali memulai bisnis kambing etawa, namun bingung apa saja yang harus dipersiapkan untuk memulainya. Nah saya akan memberitahu ke kalian hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai bisnis ini.

1.Pemilihan bibit
Bibit kambing etawa terdiri dari kambing betina dan jantan. Pemilihan bibit tersebut harus cukup umur dan siap kawin.

Pastikan bahwa bibit yang kalian pilih merupakan bibit yang unggul dan berkualitas bagus. Tandanya, tubuh kambing dalam keadaan sehan dan sedang tidak terkena penyakit, tidak mengalami kecacatan dan lain-lain.

Kalian bisa membeli bibit kambing etawa di pasar hewan terdekat, atau peternak kambing etawa disekitar kalian.

Berdasarkan analisa, kambing etawa betina dapat beranak tiga kali dalam dua tahun. Dalam sekali melahirkan kambing etawa betina bisa melahirkan satu hingga empat ekor anak. Sehingga beternak kambing etawa sangatlah menguntungkan dan cepat sekali berkembang.

2.Lokasi yang mendukung
Untuk lokasi yang cocok untuk digunakan beternak kambing etawa adalah pedesaan, kenapa?

Karena pedesaan biasanya wilayahnya masih terpencil dan linkungan alamnya masih alami. Sehingga kalian tidak kesulitan saat mencari pakan alami kambing yaitu rumput. Jika usaha ternak kambing ini di jalankan di kota maka akan kesulitan untuk mencari pakan kambing.

3.Pembuatan kandang
Sebelum membuat kandang kalian harus tau berapa kambing yang akan kalian ternak, karena kalian harus menyesuaikan ukuran kandang dengan jumlah kambing yang akan kalian pelihara.

Untuk membuat kandang kalian bisa menggunakan bambu, bisa membuat sendiri atau menyuruh orang untuk membuatkan lalu kalian membayarnya.

4.Kerja keras dan serius
Kalian harus siap untuk bekerja keras dan serius, walupun usaha beternak kambing bisa dilakukan sebagai usaha sampingan, kalian harus melakukanya dengan kerja keras dan serius, agar usaha tersebut berjalan dengan lancar dan dapat berkembang.

5.Membekali diri dengan ilmu beternak kambing etawa
Ilmu adalah kunci utama dalam beternak kambing etawa, sehingga jika kalian ingin usaha ternak kambing etawa maka kalian harus dan wajib mengetahui cara perawatan kambing, cara memberi makan kambing, cara menjual kambing, cara mengawinkan kambing etawa jantan dan betina, cara mengatasi penyakit pada kambing, cara agar kambing tidak stres dan masih banyak lainya.

Untuk kalian yang sama sekali belum paham dan masih baru memulai usaha ini kalian bisa bertanya kepada orang yang sudah sukses beternak kambing, disitulah kalian akan mendapatkan ilmu-ilmu yang sangat bermanfaat bagi kemajuan usaha kalian.

Jika kalian tidak punya kenalan seorang pengusaha kambing yang sudah sukses kalian bisa mencarinya sendiri di google, kalian bisa memanfaatkan salah satu layanan internet satu ini untuk mendapatkan ilmu-ilmu tersebut. Disitu kalian dapat memperoleh sangat banyak sekali ilmu jika kalian mau berusaha untuk mendalaminya.

6.Menentukan tujuan beternak kambing etawa
Kalian harus menentukan tujuan kalian beternak. Apakah diambil daging, susu, kotoran atau di buat hewan kontes?

Hampir seluruh bagian yang dihasilkan oleh kambing etawa dapat dimanfaatkan, mulai dari susu, daging dan masih banyak lainya.

7.Membeli bibit kambing etawa
Setelah kalian memilih-milih bibit kambing yang sesuai dengan kriteria kambing yang unggu dan berkualias, selanjutnya kalian silahkan membelinya. Karena masih pemula saran saya jangan membeli terlalu banyak bibit kambing, kalian bisa membeli sebanyak dua ekor untuk pertama.

Jika sudah berkembang dan berhasil kalian bisa membeli lagi di tahun berikutnya untuk diternakan lagi.

8.Mencari bantuan modal (Opsional)
Usaha beternak kambing biasanya memerlukan mudal yang cukup besar, mulai dari pembuatan kandang dan membeli bibit kambing yang akan diternakan.

Biaya pembuatan kandang biasanya memerlukan biaya 1,5 Juta, tetapi juga semua tergantu luas kandang yang akan dibangun. Dan harga bibit kambing jantan yang siap kawin adalah sekitar 3 Juta, untuk kambing betina yang siap kawin adalah sekitar 2 Juta.

Nah bagi kalian yang memiliki modal terbatas, tenang saja kalian bisa mendapatkan modal melalui berbagai macam cara yang saya berikan berikut ini :

a. Pinjaman lunak
Anda bisa meminjam ke orang tua, saudara, kerabat dekat, teman, sahabat, dll. Bicarakan niat kalian untuk membuka usaha ternak kambing, dan memrlukan modal berapa setelah itu tanyakan ada uang segitu atau tidak jika tidak pinjamlah sebisa dia memberikan, ingat jangan memaksa.

b. Hibah pemerintah
Untuk meningkatkan kesejahteraan peternak, pemerintah biasanya memberikan bantuan modal secara gratis melalui kementrian pertanian.

Biasanya berupa dana, atau bibit unggul dan perlengkapan usaha. Bantuan pemerintah tersebut akan di berikan kepada kelompok usaha ternak di suatu daerah.

c. Pinjaman Bank
Untuk mendapatkan pinjaman untuk modal usaha ternak kambing, kalian bisa meminjam ke bank di sekitar kalian seperti BRI syariah,Bank Mega syariah,Mandiri syariah, dan bank lain yang menyediakan pinjaman tanpa riba.

d. Mencari Investor
Mencari investor merupakan cara mencari modal secara gratis. Caranya kalian mencari investor setalah kalian mendapatkan, investor tersebut menyerahkan kambingnya untuk kalian urus, setelah kambing tersebut melahirkan dua anak maka kalian mendapatkan satu anak kambing dan investor mendpatkan satu anak kambing. Dari situlah kalian bisa mengembangbiakan ternak secara gratis.

9.Kombinasi usaha dengan usaha kuliner daging kambing
Selain kalian mendapatkan untung dari berkembang biaknya kambing, kalian juga bisa mendapatkan keuntungan dengan mencoba usaha kuliner, ini contoh kuliner yang berasal dari daging kambing :

a. Sate kambing
Daging kambing juga bisa dijadikan menu sate, sate kambing juga banyak sekali peminatnya. Rasanya gurih dan enak serta tidak terlalu memiliki bau.

b. Gulai kambing
Salah satu menu yang juga banyak orang menyukai, gulai kambing sangat cocok untuk dijadikan menu saat aqiqah. Kalian juga bisa membuka usaha catering aqiqah dengan menu gulai kambing.

c. Soto kambing
Soto kambing juga tidak kalah populernya dengan sate kambing dan gulai kambing. Soto kambing juga banyak disukai oleh orang. Soto kambing memiliki cita rasa yang nikmat dan segar yang membuat para pecinta kuliner ketagihan.

10.Pantang menyerah saat berusaha
Hal yang juga perlu di perhatikan dalam memulai bisnis adalah pantang menyerah, karena dengan pantang menyerah kalian dapat mencapai kesuksesan yang kalian ingin kan.

Cukup sekian artikel saya kali ini semoga bermanfaat, trimakasih telah mengunjungi blog saya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel