Kelemahan Ternak Kambing Etawa


Kelemahan Ternak Kambing Etawa

Mungkin dari kalian yang baru memulai bisnis ternak kambing bertanya-tanya," Apasih kelemahan ternak kambing etawa? "

Tidak sedikit masalah yang sering dihadapi oleh para peternak kambing khususnya ternak kambing etawa. Banyak dari peternak kambing pemula yang belum paham betul tentang kelemahan beternak kambing etawa ini yang menyebabkan mereka gagal dalam merintis bisnis mereka.

Nah kali ini saya akan membahas apa saja kelemahan saat beternak kambing etawa silahkan simak pembahasan ini lebih lanjut.

Kelemahan Ternak Kambing Etawa

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi kelemahan ternak kambing jenis etawa ini, meskipun begitu beternak kambing etawa merupakan salah satu bisnis yang sangat menguntungkan. Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi kelemahan beternak kambing etawa:

1. Sempitnya Lahan Pertanian

Semakin sempitnya lahan pertanian, semakin lama lahan pertanian semakin sempit, di perkotaan banyak sekali dibangun gedung-gedung pencakar langit.

Hal ini mengakibatkan lahan untuk para peternak semakin sempit, lahan untuk mencari rumput dan untuk menggembala mulai berkurang, para peternak yang berada di kota kesulitan untuk mencari pakan alami kambing tersebut.

Saran saya jika kalian ingin beternak kambing etawa pilih lahan yang ada di pedesaan, kenapa?

Karena di pedesaan suasananya masih sejuk dan untuk mencari rumput masih mudah, keuntungan lain adalah kambing kalian tidak mudah stres karena pepohonan yang masih banyak di jumpai.

Jika kalian ingin beternak kambing etawa di daerah perkotaan, pastikan terlebih dahulu lahan yang kalian gunakan memiliki lahan yang luas dan masih ada pepohonan serta rumput yang hijau.

Kenapa begitu? Agar kambing yang kalian pelihara tidak stres dan tetap sehat.

2. Memiliki Bau Yang Khas

Mungkin kalian sudah tau jika kambing memiliki bau yang sangat khas, orang jawa biasanya menyebutnya prengus. Beberapa dari kalian mungkin tidak terlalu suka dengan bau kambing tersebut akan menjadi kendala tersendiri saat memeliharanya.

Dengan baunya yang khas ini  banyak orang yang tidak mau lagi memeliharanya, karena tidak kuat dengan bau aroma prengus dari kambing tersebut.

3. Mudah Stres

Ini adalah salah satu kendala paling serius saat memelihara kambing,  biasanya jika kambing stres nafsu makan akan menurun, selain itu kambing akan memiliki bau prengus dan dagingnya terasa alot saat di olah.

Apalagi saat makan daging kambing aroma prengus masih menempel pada daging tersebut, dan daging tearasa alot saat dimakan.

Setelah saya bandingkan, kelemahan beternak kambing dengan keuntungan beternak kambing, kambing masih banyak menguntungkan. Nah bagi kalian yang inging serius menekuni bisnis kambing saran saya adalah pelajari dulu kambing yang kalian ternakkan, entah kambing etawa atau jenis kambing yang lain.

Sekian artikel saya kali ini semoga bermafaat, trimakasih telah mengunjungi  blog saya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel