Cara Memberi Makan Dan Minum Kelinci Yang Tepat Dan Benar



Mungkin kalian yang mempunyai kelinci bertanya-tanya gimana sih cara memberi pakan kelinci yang baik dan benar, dalam pemberian pakan kelinci kita dapat memberikan beberapa pakan seperti rumput, sayuran, biji-bijian, pelet dan pakan kelinci lainya.

Sebenarnya pakan utama kelinci adalah rumput, sayuran, dan biji-bijian. Jika kalian memberinya pakan dengan rumput kalian harus tau rumput apa yang baik untuk kelinci. Rumput yang baik untuk kelinci adalah jenis rumput lapangan, atau juga disebut dengan nama rumput timothy.

Rumput timothy merupakan rumput yang memiliki kadar serat yang cukup tinggi sehingga akan berpengaruh baik untuk pencernaan kelinci kalian.

Bagi kalian yang sering memberi makan kelinci dengan rumput jerami, usahakan jangan terlalu sering memberikan pakan tersebut. Dan jika hendak memberi makan rumput jerami usahakan layukan terlebih dahulu, bila rumpu  baru terkena hujan usahakan keringkan terlebih dahulu baru bisa di berikan ke kelinci.

Nah langsung aja kita menuju pembahasan utama, silahkan kalian simak baik-baik.

Cara Memberi Makan Dan Minum Kelinci Yang Tepat Dan Benar

Jika kalian salah dalam memberikan makan dan minum kelinci maka akan berakibat stress, biasanya kelinci kelinci akan menggigit jeruji kandang.

Bila kalian membiarkan kelinci terus menerus seperti itu, kelinci kalian akan bisa mati.

Nah berikut ini  langkah-langkah cara memberi makan dan minum kelinci yang tepat dan benar,

1. Sediakan tempat untuk makan dan minum khusus

Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah memberi tempat makan khusus hal ini bertujuan agar makanan dan minuman kelinci tidak berceceran kemana-mana.

Untuk tempat makan kalian bisa membelinya di toko peralatan ternak, atau pet shop kelinci terdekat dari rumah kalian.

Dan jika kalian memberinya makan rumput, kalian bisa memberikan wadah yang agak besar untuk tempat rumput tersebut, untuk wadah kalian bisa membelinya atau membuatnya sendiri dirumah agar lebih hemat lagi.

Untuk tempat minum kalian bisa menggunakan botol minum bekas yang sudah tidak terpakai, dan tambahkan dot khusus kelinci di bagian tutup botol, untuk mendapatkan dot minum khusus kelinci kalian bisa membelinya di toko ternak atau bisa juga di pet shop kelinci  yang terdekat dari rumah.

Dengan menggunakan botol dan dot tersebut minuman tidak mudah tumpah, dan untuk mengisinya juga cukup mudah tinggal membuka tutup botol/dot dan kalian tinggal isi dengan air bersih.

2. Mengatur jadwal makan kelinci

Untuk kalian yang baru dalam hal mempelihara kelinci, kalian harus menggatur jadwal makan kelinci.

Kelinci merupakan salah satu hewan nokturnal atau bisa disebut aktif di malam hari. Sehingga kalian harus memberikan porsi yang lebih saat malam hari. Kelinci makan itu dikit tapi sering, sebaiknya kalian juga mendambahkan makanan sedikit demi sedikit tapi sering.

Dalam memberikan makan usahakan jangan terlalu banyak, supaya untuk menghindari tercecernya makanan, yang bisa menyebabkan kotornya kandang, dan kalian harus mebersihkannya lagi.

Banyak sekali para orang yang memelihara kelinci yang mengabaikan hal ini, mereka meberikan pakan pada siang dan sore hari. Sehingga si kelinci mati kembung karena minum air terus menerus dan menggigit benda disekitarnya, karena kelaparan saat malam hari.

3. Pilihlah jenis pakan yang baik untuk kelinci

Dalam pemberian pakan pada kelinci kita harus memperhatikan kualitasnya baik dari segi vitamin dan nutrisi, dan pemberiannya pun harus seimbang.

Pemberian pakan yang diperhatikan dapat mempengaruhi pertumbuhan kelinci, sehingga kelinci dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

Jenis pakan pun harus deperhatikan peruntukannya agar kelinci tumbuh dengan maksimal, berikut ini adalah rinciannya.

a. Pemberian pakan kelinci pada saat usia 0-2 bulan
Untuk kelinci yang masih berusia 0-2 bulan makananya harus di perhatikan, jumlah dan jenis nya harus juga kalian perhatikan. Jika kalian memberinya sayuran maka berikan porsi yang tida terlalu banyak.

Karena beberapa jenis sayuran mengandung banyak gas yang mengakibatkan kelinci diare dan kembung, untuk menghindari diare dan kembung sebaiknya kalian memberinya pakan rumput layu dan pelet, jika itu keterusan akan berakibat kematian terhadap kelinci

b. Pemberian pakan kelinci yang hamil
Dalam pemberian pakan untuk kelinci yang hamil, kalian harus meberikan porsi yang lebih.

Karena bukan hanya manusia saja kelinci juga membutuhkan makanan dalam porsi yang lebih banyak, karena kelinci juga membutuhkan asupan makanan yang bergizi dan banyak untuk anaknya juga yang sedang dikandung.

Pemberian makan yang berporsi lebih banyak bertujuan agar kelak anak kelinci yang dikandung saat lahir sehat dan normal.

c. Pemberian pakan ampas tahu
Pemberian ampas tahu banyak digunakan oleh para peternak, ampas tahu sangat baik bagi pertumbuhan kelinci, Karena kandungan gizinya yang hampir sama dengan pelit. Hanya saja pelet harganya lebih mahal dan tahan lama.

Sebelum memberikan ampas tahu, silahkan kalian memerasnya terlebih dahulu agar kelinci tidak kembung.

d. Pemberian pakan alternatif
Selain memberi pakan sayuran, pelet, dan ampas tahu, kalian juga bisa memberikan pakan buah-buahan.

Untuk pemberian pakan buah-buahan kalian jangan terlalu sering karena dapat menyebabkan kelinci peliharaan kalian kalian.

Pakan alternatif lainya adalah biji-bijian, saya sarankan kalian memberikan ubi jalar ketela, biji jagung, ketela pohon.

Selain pakan-pakan diatas kalian juga bisa memberikan bekatul, bekatul sangat cocok untuk kelinci. Untuk pemberian bekatul kalian bisa mencapurnya dengan air, serta jangan sampai asam atau orang jawa bilang mambu. Jadi harus baru di campur dengan air.

4. Pemberian minum pada kelinci

Pemberian minum pada kelinci bisa dibilang wajib, jangan percaya pada orang yang bilang memberi minum kelinci itu gak penting, memberi minum kelinci itu gak penting, atau apalah. Jangan dengarkan semua itu.

Walaupun kelinci mudah kembung, kelinci juga mudah dehidrasi. Dia tetap mebutuhkan minum walau sudah makan rumput.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, kalian bisa meberikan minum dengan menggunakan botol yang sudah diberi dot khusus kelinci. Jika minuman sudah habis segeralah isi ulang agar kelinci tidak dehidrasi dan tetap terjaga cairan yang ada di tubuhnya,

Sekian artikel saya kali ini semoga bermanfaat, trimakasih sudah mengunjungi blog saya, silahkan tunggu update artikel terbaru dari saya. Trimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel