Cara Membedakan Kenari Jantan Dan Betina (LENGKAP)

Cara Membedakan Kenari Jantan Dan Betina


Burung kenari merupakan salah satu burung yang sering di pelihara oleh para pencinta burung di indonesia.Sudah banyak para pecinta burung yang memelihara burung kenari, mulai dari untuk di ternakan, dipelihara, maupun dijadikan sebagai masteran.

Di indonesia sendiri burung ini sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat, banyak sekali burung kenari yang di jual di pasar hewan, mulai dari kenari jantan dan betina.

Alasan para pemelihara memelihara burung ini adalah burung kenari memiliki suara kicau yang khas dan merdu, selain itu burung kenari juga memiliki warna yang khas. Selain itu juga kicaunnya di percaya ampuh untuk melatih berbagai macam jenis burung atau bisa di sebut juga sebagai masteran.

Untuk jenis kenari yang biasanya di pakai untuk lomba adalah jenis kenari yang berkelamin jantan. Nah untuk kalian yang ingin membeli kenari untuk lomba maupun digunakan sebagai masteran, sebaiknya kalian harus mengetahui perbedaan kenari jantan dan betina.

Jika kalian salah pilih dan mendapatkan burung kenarai yang berjenis kelamin betina maka nantinya hasil yang di peroleh tidak akan maksimal.

Banyak sekali para pecinta burung yang masih belum mengetahui perbedaan burung kenari jantan dan betina, apalagi yang baru memulai dunia kicau mania biasanya mereka masih awam dalam hal burung. 

Nah maka dari itu kali ini saya akan memberikan informasi tentang perbedaan kenari jantan dan betina, silahkan simak baik-baik.

Cara Membedakan Kenari Jantan Dan Betina

Untuk perbedaan kenari jantan dan betina dibedakan dari berbagai sudut pandang, mulai dari ciri fisik, perilaku, dan suara kicaunya.

Jika kalian memiliki cara sendiri untuk membedakan jenis kelamin burung kenari, menurut saya sah-sah saja. Karena setiap orang memiliki pandangan tersendiri. Asal caranya tepat dan sesuai dengan prosedur.

Nah berikut ini beberapa cara membedakan jenis kelamin kenari. Langsung saja tanpa basa basi.

Ciri Ciri Burung Kenari Jantan

Untuk kenari jantan berikut ini ciri ciri nya :
1. Tulang belakang pada burung kenari jantan akan terlihat berwarna pekat.
2. Pada kaki burung kenari jantan akan terlihat lebih renggang.
3. Secara fisik burung kenari juga lebih ramping dan panjang.
4. Ukuran kepala pada kenari jantan terlihat lebih ramping dari pada kenari betina.
5. Pada kenari jantan dubur dan anusnya akan menonjol.
6. Pada saat burung kenari jantan 3-5 hari, saluran pada pembuluh venanya akan terlihat menurun dari perut menuju duburnya.
7. Pada posisi matanya akan terlihat sejajar dengan paruhnya ketika sampai usia 7 hari.
8. Ketika usia burung kenari menginjak usia 3 minggu rata-rata anak jantan burung kenari dapat melompat lebih jauh dari burung kenari betina.
9. Pada anakkan burung kenari jantan akan terlihat lebih cerah warnannya dari pada kenari betina.
10. Untuk suara kicau, anakan jantan langsung bisa belajar berbunyi kita dipisahkan oleh induknya, berbeda dengan kenari betina yang justru sebaliknya.

Ciri Ciri Burung Kenari Betina

Untuk kenari betina berikut ini ciri cirinya :
1. Pada kepala kenari betina berciri memiliki kepal yang berbentuk relatif bulat dari pada burung kenari jantan.
2. Tubuh kenari betina terlihal lebih kecil dan terlihat lebih membulat.
3. Untuk anus burung kenari betina akan lebih terlihat datar dibanding anus burung kenari jantan.
4. Kaki burung kenari betina terlihat lebih pendek dan akan terlihat lebih rapat.
5. Pada tulang belakangnya akan terlihat lebih terang.
6. Dan untuk mata kenari betina akan terlihat lebih atas tata letak dari paruhnya dibandingkan mata burung kenari jantan yang terlihat lebih sejajar dari paruhnya.

Nah itulah beberapa perbedaan kenari jantan dan betina secara fisik, mulai dari ekor, pola ekor sampai bagian kepala sudah saya bahas.

Untuk tambahan saja biasanya tingakah laku kenari jantan akan terlihat lebih agresif dari pada kenari betina. Untuk kenari betina kebanyakan akan menghabiskan waktunya untuk berdiam diri di dalam sangkar. Biasanya kelinci jantan jika kelaparan akan terlihat lebih energik, tapi ingat jangan sampai kenari kesayangan kalian kelaparan dan akhirnya mati.

Untuk itu kenari jantan lebih cocok untuk lomba/kontes karena memiliki suara yang lebih merdu dan energik.

Nah sekian artikel saya kali ini semoga bermanfaat, trimakasih sudah mengunjungi blog saya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel