Cara Cleaning Printer Epson, Canon, HP Dengan Benar

Printer merupakan alat cetak yang saat ini sangat banyak sekali digunakan, dikantor, disekolahan, dirumah printer banyak sekali digunakan, dengan harga yang sangat terjangkau kalian sudah bisa mendapatkan printer baru yang sudah memilki fitur yang sudah memenuhi kebutuhan kalian untuk mencetak dokumen atau gambar.

Setiap hari printer digunakan, mungkin hampir tidak di istirahatkan, hal tersebut mengakibatkan kinerja printer menurun dan bisa terjadi kualitas cetakan yang tidak bagus seperti cetakan tidak jelas atau buram dan masih banyak lainya.

Nah, maka dari itu printer wajib kita cleaning agar printer terhindar dari kerusakan-kerusakan dan menurunya kualitas cetakan.

Cara Cleaning Printer Epson, Canon, HP Dengan Benar

Apa Itu Head Cleaning Printer

Apa itu head cleaning? Head cleaning adalah sebuah cara untuk merawat printer untuk mengatasi tinta yang tidak keluar dengan baik yaitu dengan cara membuang tinta yang sudah mengendap atau menggumpal di bawah cartridge.

Cara Cleaning Printer Dengan Benar

Oke langsung kita bahas untuk cara cleaning printer dengan baik dan benar, bagi kalian yang tidak mengetahui caranya silahkan kalian simak pembahasan berikut ini :

Cara Cleaning Printer Canon



  1. Hidupkan printer terlebih dulu. Kalau sudah, silakan cari di kolom pencarian Devices and Printers. Lanjut buka.
  2. Di menu tersebut akan terdapat printer kamu yang sudah terdeteksi. Klik kanan printernya lalu pilih Properties (kalau belum terdeteksi, sambung ulang printernya).
  3. Lanjut masuk ke bagian maintenance kemudian pilih cleaning atau deep cleaning. Silakan pilih saja sesuai dengan kebutuhan.
  4. Kalau masalah cetaknya tidak terlalu parah, bisa pakai mode cleaning biasa. Namun jika sudah agak parah, sampai sulit mengeluarkan warna tertentu, pakai deep cleaning.
  5. Pada proses biasanya kita bisa memilih warna yang ingin dicleaning. Pilih saja, misalnya merah, biru, atau mungkin hitam saja juga bisa.
  6. Akan berlanjut lagi proses lainnya. Silakan klik check printer pattern untuk mengetahui hasil warnanya sekaligus hasil cetaknya (sudah sesuai atau belum). Kalau masih bergaris dan sejenisnya, ulangi lagi.

Cara Cleaning Printer Epson



  1. Silakan sambungkan terlebih dahulu printer Epson kamu ke komputer atau laptop. Pastikan sudah terbaca tanpa masalah.
  2. Klik tombol Windows > lanjut pilih Device and Printers > Cari dan klik kanan Printer yang sudah terdeteksi sebelumnya > buka menu Printer preferences > masuk ke tab maintenance > lalu klik opsi Head Cleaning
  3. Kalau sudah, klik Start untuk memulai proses cleaning printer Epson kamu.
  4. Tunggu prosesnya sampai selesai. Kalau sudah akan muncul menu Print Nozzle Check Pattern kemudian langsung klik Finish. Nah, demikian kamu tinggal klik saja tombol Print Nozzle untuk melakukukan pengecekan tinta printer sudah keluar dengan benar atau belum.

Cara Cleaning Printer HP



  1. Yang pertama, pastikan terlebih dahulu printer HP sudah terhubung ke komputer
  2. Kemudian jalankan aplikasi HP Deskjet di komputer, jangan lupa lakukan proses instalasi drivernya juga kalau belum (walau sebagian memang punya sistem install otomatis).
  3. Setelah muncul jendela pesan “HP Connected,” “Print,” “Shop,” dan lain-lain setelah aplikasi berjalan, klik tombol Print lalu lanjut pilih Maintain Your Printer.
  4. Setelah itu akan muncul jendela baru. Klik menu device service dan klik Clean Ink Catridges
  5. Tunggu proses cleaningnya berjalan sampai benar-benar selesai
  6. Kalau sudah, akan muncul pesan yang memberitahu bahwa prosesnya sudah selesai. “Cleaning Has Completed.“

Cara Cleaning Printer Brother



  1. Klik dulu tombol Menu kemudian lanjut pilih tombol Mono. Lanjut tekan tombol atas sebanyak 4x.
  2. Setelah itu, masukkan kode 76 untuk menjalankan cleaning all pada printer. Atau kode 768 untuk melakukan cleaning sebagian.
  3. Kalau sudah selesai prosesnya, lanjut tekan tombol 09. Di sana kamu bisa mengecek hasil cetaknya seperti apa.
  4. Setelah hasil cetakan sudah bagus, tidak bergaris dan tidak ada masalah apapun yang lainnya, tekan tombol 99 untuk keluar.

Penutup

Oke cukup sekian artikel dari saya tentang Cara Cleaning Printer Epson, Canon, HP Dengan Benar, semoga bermanfaat dan terimakasih....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel