√ Tips Memilih Tas Carrier Agar Tidak Salah Pilih (LENGKAP!)

Tips Memilih Tas Carrier Agar Tidak Salah Pilih

Tas carrier atau biasa juga disebut tas gunung adalah salah satu perlatan yang wajib di bawa saat melakukan pendakian ke gunung.

Di Indonesia kita dapat memilih berbagai macam tas carrier sesuai dengan keinginan kita, tentunya dengan mempertimbangkan berbagai hal sebelum membelinya.

Untuk kalian yang pertama kali mau membeli tas, bingung tas yang cocok untuk kalian dan pas digunakan untuk mendaki. Nah kali ini saya akan membagikan tips memilih tas carrier, silahkan simak saja artikel saya kali ini.

Pilih Merk/Brand Yang Sudah Terkenal Dan Sudah Terpercaya


Memilih Merk/Brand sangatlah penting, brand yang sudah terkenal tentu kualitasnya sudah tidak diragukan lagi oleh kalangan para pendaki. Kalian bisa memilih brand luar antara lain Osprey, Millet, Deuter, Vaude, atau Salewa, brand tersebut bisa kalian jadikan pilihan sebelum membelinya.

Untuk brand lokal kalian bisa memilih salah satu brand ini,  Eiger, REI, dan Consina. Walaupun brand lokal kualitasnya bisa di adu dengan kualitas brand luar negeri.

Perhatikan Fungsi Utama Tas Tersebut


Jika sudah memilih merk tas yang akan kalian beli maka selanjutnya adalah menentukan fungsi tas tersebut, tas hanya digunakan untuk mendaki atau untuk jalan-jalan saja?

Sebelum membeli harus menentukan fungsinya karena setiap tas carrier memiliki fungsi dan kegunaan yang bermacam-macam.

Jika kalian ingin membeli tas yang memiliki dua kegunaan kalian bisa memilih tas Dueter Act Lite berukuran 35 L + 10 L, tas tersebut bisa digunakan untuk mendaki gunung dan jalan-jalan. Meskipun memiliki dua fungsi tas tersebut tergolong berkualitas baik.

Untuk tas jalan-jalan kalian bisa memilih tas yang berukuran 20 L - 30 L saya rasa sudah cukup untuk lama perjalanan sekitar 1-3 hari. Dan untuk perjalan yang lebih lama kalian bisa memilih tas yang berukuran 40 L - 50 L.

Dan untuk kalian yang hendak mendaki gunung kalian bisa memilih tas carrier yang berukuran 60 L keatas karena saat mendaki kalian perlu membawa banyak sekali barang yang perlu kalian bawa.

Perhatikan Kapasitas Tas Yang Akan Kamu Beli


Memperhatikan kapasitas tas adalah hal yang perlu diperhatikan, karena menurut saya kapasitas tas membuat nyaman saat mendaki. Kita tidak perlu khawatir tas tidak muat membawa barang-barang/makanan yang mau dabawa.

Kita juga harus menyesuaikan kapasitas tas dengan berapa lama kita saat mendaki. Semakin lama kalian melakukan perjalanan semakin banyak pula barang yang kalian bawa.

Lama Waktu Perjalanan Kapasitas Carrier (liter)
1-3 Malam                         35-50
3-5 Malam                         50-80
Lebih dari 5 Malam           80+

Banyak pendaki pemula yang belum mengetahui, kapasitas carrier ternyata dipengaruhi oleh gender. Gender sangat berpengaruh dalam memilih tas, jangan sampai kalian perempuan membawa tas yang terlalu besar. 

Jika hal tersebut terjadi maka akan mempengaruhi kondisi tubuh perempuan tersebut, yaitu tubuh menjadi lelah karena bawaan terlalu berat.

Nah saya akan membaginya menjadi 2 bagian kapasitas untuk laki-laki dan perempuan:

Tas Carrier Yang Baik Untuk Laki-Laki


Untuk laki-laki tidak terlalu repot untuk menentukan tas yang cocok dan pas untuk digunakan, karena jika terlalu kecil pun tidak masalah untuk kesehatan yang menggunakannya. 

Yang perlu diperhatikan laki-laki dalam memilih tas carrier adalah sesuaikan dengan postur tubuh, tentukan tas carrier yang tinggi keatas atau agak lebar.

Sesuaikan Tinggi Badan Kalian
Untuk menentukan kalian memilih tas yang tinggi keatas atau agak lebar kalian harus tau tinggi badan kalian terlebih dahulu agar bisa menyesuaikan tas yang akan kalian pilih.

Jika tinggi badanmu >160cm maka pilihlah carrier yang lebar. Sedangkan jika kamu memiliki tinggi badan 160cm< maka pilihlah tas carrier yang tinggi. Dengan menentukan tas yang cocok dan sesuai dengan tinggi badan maka kalian akan lebih nyaman saat mendaki.

Sesuaikan Kapasitas Carrier (Liter) Untuk Laki-Laki
Ada standar tas untuk pria yang sebenarnya tidak terlalu di ikuti, namun bisa kalian sesuaikan. Standar tas untuk pria adalah 70 L.

Untuk laki-laki jika memilih tas carrier yang kurang dari standar tentunya tidak akan berpengaruh pada fisik/kesehatan. Kalian bisa menyesuaikan kondisi badan dengan tas yang akan kalian beli.

Tas Carrier Yang Baik Untuk Perempuan


Tentunya berat tas untuk perempuan lebih enteng dibanding dengan tas laki-laki. Karena kekuatan fisik saja sudah berbeda, maka dari itu kalian juga harus memperhatikan pemilihan tas untuk perempuan.

Biasanya jika perempuan salah memilih tas maka punggung akan terasa sakit karena tidak sesuai dengan berat yang di bawa.

Sesuaikan Tinggi Badan Kalian
Sama seperti laki-laki, perermpuan dalam memilih tas harus menyesuaikan dengan tinggi badan, apakah harus membeli yang tinggi ke atas atau agak lebar.

Sebenarnya untuk perempuan tidaklah sulit untuk memilih tas yang pas dan cocok yang sesuai dengan postur dan tinggi badan.

Karena kapasitas yang kecil tentu ukuran tas carrier juga lebih kecil, namun tetap sesuaikan dengan postur tubuh kalian agar nyaman saat digunakan untuk mendaki.

Sesuaikan Kapasitas Carrier (Liter) Untuk Perempuan
Sebenarnya memilih tas carrier untuk perempuan tidaklah sulit.Kalian bisa mencari yang Women Series, karena tas carrier ini sudah di desain khusus untuk mengikuti tubuh perempuan.

Untuk standar perempuan dengan tinggi badan >155cm adalah ukuran 60 L. Tetapi kalian harus tetap menyesuaikan dengan postur tubuh kalian.

Untuk kalian yang tinggi badan <155cm jangan dipaksa untuk menggunakan tas yang berukuran 60 L, setidaknya jika tinggi badanmu kurang kalian bisa menggunakan tas yang berukuran 50 L.

Pilih Tas Carrier Yang Ringan Dan Kuat


Tidak semua tas carrier memiliki berat yang ringan, jadi sebelum kalian membelinya pastikan beratnya ringan dan pastikan bahanya kuat. Cobalah angkat tas saat memilihnya untuk memastikan tas tersebut ringan atau berat.

Jika kalian memilih tas carrier yang berat maka akan bertambah berat saat terisi barang, Dan akan membuat kalian mudah lelah saat mendaki karena terlalu berat tas carrier yang kalian bawa.

Pilih Tas Yang Memiliki Fitur Yang Cukup Lengkap

Salah satu hal yang perlu di perhatikan saat memilih tas carrier adalah memperhatikan fitur dari tas tersebut, pastikan tas tersebut memiliki fitur yang cukup lengkap.Beberapa fitur yang harus ada dalam tas carrier adalah :

Memiliki Cover Bag
Tidak semua tas memiliki cover bag, walaupun kita dapat membelinya secara terpisah. Tetapi alangkah baiknya kalian membeli tas carrier lengkap dengan cover bagnya.

Memiliki Banyak Kantong
Salah satu alasan tas carrier memiliki fitur lengkap adalah memiliki banyak kantong, kantong-kantong ini bisa kalian isi dengan botol minum atau snack yang dapat kalian ambil sewaktu-waktu tanpa perlu membuka resleting tas.

Memiliki Tali Pengatur Atas
Biasanya tas carrier yang sudah terisi penuh, bagian atasnya akan cenderung menggelantung kebelakang, karena itu pastikan tas yang akan kalian pilih memiliki tali pengatur atas yang terletak di bagian diantara puncak bantalan bahu atas dan badan ransel.

Memiliki Tali Bahu Atau Bantalan Bahu
Pastikan saat memilih tas memiliki bantalan bahu yang empuk tapi tidak kempes saat kalian tekan, dan juga terdapat tali webbing yang di hubungkan ke bagian atas ransel.

Memiliki Tali Pinggang
Salah satu komponen penting dalam tas carrier, karena tali pinggang menopang sebagian besar berat tas. Karena itu pilihlah tali pinggang yang nyaman dan empuk.

Memiliki Tali Dada
Tali dada adalah tali yang menghubungkan antara kedua bantalan bahu, tali ini memiliki fungsi yaitu menjaga bantalan bahu agar tetap di tempatnya.

Memiliki Rangka Dalam
Pada saat ini tas carrier sudah dilengkapi oleh rangka dalam yang berfungsi menjaga tas agar tetap tegak supaya stabil dengan punggung kalian. Pilih tas yang memiliki rangka double.

Memiliki Bantalan Punggung
Pilih bantalan punggung yang empuk agar saat bersentuhan dengan punggung nyaman. Dan juga pastikan bantalan dapat menyerap keringat.

Pilih Model Tas Yang Kalian Suka


Model tas yang kalian pilih mencerminkan karakter kalian. Pilihlah sesuai ketertarikan kalian atau yang kalian suka. 

Warna tas juga harus diperhatikan, jika kalian tipe orang yang malas membersihkan pilihlah warna yang gelap, dan hindari warna yang terang.

Nah itulah tips memilih tas carrier agar tidak salah pilih, semoga bermanfaat. Trimakasih sudah mengunjungi blog saya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel