Tips, Ide dan Cara Modifikasi Mobil Tua Menjadi Lebih Keren

Meskipun banyak mobil baru berdatangan dengan menawarkan berbagai fitur yang menarik, mobil tua tetap memiliki banyak peminat. Bahkan, daripada menjualnya dan membeli mobil baru yang jauh lebih mewah, mereka lebih memilih memodifikasi mobil tua.

Modifikasi mobil tua memang tak semudah modifikasi mobil yang masih baru dan bagus. Diperlukan ide cemerlang dan ketelatenan agar hasilnya tak mengecewakan. Jika kalian tertarik untuk memodifikasi mobil yang sudah tua, mungkin beberapa ide berikut dapat menjadi inspirasi agar mobil tua bisa menjadi jauh lebih keren.

Modifikasi Mobil Tua jadi Keren

Ada banyak sekali mobil tua. Bahkan, mobil tua sering dijadikan koleksi barang antik bagi sebagian orang. Jadi, jika kalian ingin memodifikasi mobil klasik dan tua, pilihlah mobil yang memiliki perawatan yang mudah dan juga harganya yang lebih terjangkau.

1. Modifikasi Kijang Doyok / Kijang Buaya / Kijang Kotak KF Series

Ini adalah mobil tua yang masih banyak peminatnya, terutama di Indonesia. Selain itu, sparepart nya juga masih mudah dicari. Perawatannya yang mudah dan harganya yang ekonomis menjadi daya tarik tersendiri. Dengan sedikit modifikasi, mobil tua ini akan terlihat baru dan lebih bagus dari sebelumnya.

2. Modifikasi Toyota Corolla KE Series

Ini adalah mobil sedan dengan desain compact. Hingga kini, masih sering kita jumpai mobil tua ini. Banyak yang hanya menjadikan mobil ini sebagai koleksi, untuk transportasi sehari-hari, bahkan dimodifikasi. Jadi, apa salahnya mencoba?

3. Modifikasi Hijet 1000

Mobil produk Jepang dari Daihatsu ini juga menjadi opsi menarik sebagai mobil tua untuk dimodifikasi. Hematnya bahan bakar menjadi salah satu keunggulan. Sepertinya memang menarik untuk melakukan modifikasi mobil tua jenis ini.

4. Modifikasi Mitsubishi Lancer Jadi Mobil Sport

Banyak pecinta mobil modifikasi yang menuangkan idenya untuk merubah mobil tua ini menjadi mobil yang elegan seperti mobil sport dan lain sebagainya. Sparepart yang masih mudah didapatkan juga akan memudahkan untuk perawatan dan modifikasi mobil kuno ini.

5. Modifikasi Nissan Datsun Retro

Nissan Datsun juga bisa dimodifikasi agar terlihat lebih keren. Mobil pabrikan Jepang ini rasanya tidak akan terlalu sulit untuk dimodifikasi karena desainnya yang tidak terlalu kuno.

Sebenarnya masih banyak lagi mobil kuno yang bisa kalian coba untuk dimodifikasi. Mobil-mobil di atas sangat direkomendasikan karena harganya yang terjangkau dan perawatannya yang mudah.

Modifikasi Mobil Tua jadi Mewah

Ada banyak sekali pecinta mobil yang pernah memodifikasi mobil tuanya hingga nilainya melonjak naik dan tampilannya sangat menawan. Inilah contohnya:

1. Modifikasi Toyota Crown

Pernah ada seseorang yang memodifikasi mobil tuanya, Toyota Crown matik berwarna putih. Mobilnya ia beli senilai 20 juta. Setelah dimodifikasi, kini harganya bisa mencapai ratusan juta. Apa saja modifikasinya? Pertama, ia mengubah mesinnya dari matik menjadi manual.

Kemudian, ia juga menggantinya dengan tenaga Lexus V8 4000 cc, memperbaiki body nya dan beberapa modifikasi lain termasuk interior dan eksterior. Untuk memodifikasi mobil tuanya, ia memerlukan waktu hingga setengah tahun lamanya dan menghabiskan hingga sekitar 200 juta. Tak rugi, kini mobil tua itu berubah menjadi mobil keren dengan banderol ratusan juta.

2. Modifikasi Chevrolet Pickup Keluaran Tahun 1947

Mungkinkah sebuah mobil pickup tua dimodifikasi menjadi mobil sport? Inilah yang yang pernah terjadi. Tentu saja ini menjadi salah satu contoh modifikasi mobil tua paling hebat yang pernah ada.

Bagian belakangnya dibuang dan ditambahkan sayap di belakang. Tak lupa shock breakernya jua dimodifikasi. Yang paling penting, performanya ditambah dengan 4 ban balap yang besar. Mesinnya diganti V8 5.3 liter. Transmisi otomatis dengan turbo 400 membuat performanya mengagumkan.

Bagian-bagian Mobil Tua yang Perlu Dimodifikasi

Ada banyak bagian mobil tua yang perlu dimodifikasi sehingga menjadi terlihat seperti baru bahkan lebih keren. Tentu saja itu tergantung selera kalian. Namun, tentu saja ada banyak pertimbangan. Berikut ini beberapa ide yang bisa kalian coba:

Velg dan Ban

Dua bagian inilah yang paling sering menjadi korban modifikasi. Selain factor tampilan, modifikasi pada velg dan juga ban akan menambah performa mobil misalnya kalian ingin menjadikan mobil sedan menjadi mobil offroad.

Kaca Film

Sebenarnya, kaca ini berfungsi mengurangi radiasi sinar matahari sehingga tidak silau dan panas. Namun, kaca film juga memiliki peranan besar untuk menambah daya tarik mobil. Dengan kaca film yang modern, mobil tua bisa terlihat menakjubkan.

Roof Rack

Sebenarnya, ini biasanya terdapat pada mobil-mobil offroad. Hanya saja, saat ini sudah banyak mobil sedan yang juga menggunakannya. Dengan roof rock ini, mobil tuna bisa disulap menjadi mobil sport canggih.

GPS

Saat ini, mobil-mobil baru sudah banyak yang dilengkapi GPS. Mobil tuamu juga akan terlihat modern jika kalian memasang GPS. Tentunya bukan hanya menarik tetapi juga sangat bermanfaat.

Audio

Apakah perlu modifikasi mobil tua dengan menambahkan audio? Tentu saja perlu. Audio adalah salah satu fitur hiburan yang sangat penting.

Lampu Kabin

Lampu kabin atau juga disebut Daytime Running Lights saat ini sangatlah penting, bahkan wajib di berbagai negara. Jadi, akan sangat berfungsi jika kalian menambahkan lampu ini di mobil tua kalian. Penampilan pun akan semakin menawan.

Karpet

Apakah karpet penting dalam modifikasi? Tentu saja ini sangat penting karena berhubungan dengan kebersihan dan kenyamanan. Lebih dari itu, interior mobil tua juga semakin menarik.

Klakson

Bukan karena rusak atau kenapa, klakson perlu diganti. Kebanyakan orang tidak puas dengan suara dan volume klakson. Gantilah sesuai dengan style yang kalian inginkan.

Kamera Parkir

Jika kalian melihat mobil dengan harga di atas 200 juta, pasti mobil tersebut memiliki fitur ini. jadi, mobil tuamu akan menjadi modern jika ditambahkan kamera parkir ini. selain tambah menarik, tentu saja berguna untuk keamanan.

Charger

Mobil-mobil tua biasanya fiturnya masih sangat sedikit. Berbeda dengan mobil zaman sekarang yang fiturnya sudah sangat lengkap. Salah satu yang paling penting adalah charger. Dengan fitur charger ini, kalian bisa mengisi daya hp kapan saja.

Peredam Suara

Mobil-mobil modern biasanya memiliki peredam suara. Jadi, mendengarkan music di dalam mobil tidak akan mengganggu pengguna jalan lain. Dengan menambahkan fitur audio, kalian juga tentunya memerlukan fitur modern ini. Ubahlah mobil bututmu menjadi mobil masa kini yang canggih dan menyenangkan.

Itulah ide, tips dan contoh modifikasi mobil tua yang bisa kalian coba. Sudah banyak yang pernah berhasil“menyulap” mobil tua menjadi mobil yang menarik dan bernilai sangat mahal. Dengan mempertimbangkan beberapa komponen mobil yang perlu dimodifikasi di atas, maka kalian tak perlu membeli mobil baru. Mobil tua mu sudah lebih dari cukup untuk membuat orang lain terkesan.