27 Cara Menghilangkan Pilek dengan Cepat, Ringankan dalam Semalam!
27 Cara Menghilangkan Pilek dengan Cepat, Ringankan dalam Semalam!

27 Cara Menghilangkan Pilek dengan Cepat, Ringankan dalam Semalam!

Pilek, juga dikenal sebagai rhinovirus atau flu biasa, adalah kondisi umum yang sering kita alami. Gejalanya termasuk pilek, bersin, batuk, dan kadang-kadang demam ringan. Meskipun pilek umumnya bukan penyakit serius, dapat mengganggu aktivitas sehari-hari kita dan membuat kita merasa tidak nyaman.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai cara menghilangkan pilek dengan efektif. Kami akan memberikan panduan langkah demi langkah yang dapat Anda ikuti.

Cara Menghilangkan Pilek dengan Obat Pilek Alami yang Paling Mudah Dicari

Pilek merupakan infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh infeksi rhinovirus. Penyakit ini umumnya akan sembuh tanpa pengobatan medis.

1. Jahe

Jahe membantu menghilangkan pilek dengan melemaskan otot saluran pernapasan. Selain itu, jahe juga menangkal rasa mual akibat terus membuang ingus atau dahak. Rempah pedas satu ini juga meningkatkan kemampuan sistem imun dalam mempercepat proses pemulihan dari pilek.

Cara menggunakan jahe untuk mengobati pilek sangat mudah. Cukup rebus beberapa buah jahe yang sudah digeprek atau diparut, saring, lalu minum selagi hangat. Anda bisa menambahkan perasan lemon, madu, atau larutan gula merah supaya air jahe lebih nikmat.

2. Madu

Sifat antimikroba pada madu terbukti dapat meningkatkan fungsi sistem imun dalam melawan peradangan akibat pilek. Caranya, minum satu sendok makan madu pada pagi dan malam hari. Jika madu terlalu manis atau kental, larutkanlah dalam minuman hangat seperti teh atau air lemon. Selain efektif meredakan pilek, segelas air madu juga membantu mencegah dehidrasi. Namun, madu tidak boleh digunakan sebagai obat pilek untuk bayi di bawah satu tahun. Pasalnya, madu mungkin mengandung spora bakteri Clostridium botulinum yang dapat menyebabkan botulisme pada bayi.

3. Bawang Putih

Masyarakat Mesir, Yunani, dan Tiongkok telah sejak lama memanfaatkan bawang putih sebagai cara mengatasi flu dan pilek dengan cepat. Sebuah studi dalam jurnal Clinical Nutrition melaporkan bahwa vitamin C dan senyawa allicin dalam bawang putih membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan kuman penyakit.

Bawang putih sebagai obat pilek alami paling manjur jika dimakan mentah. Namun, Anda juga bisa menumis atau mencacahnya untuk dicampur ke dalam masakan. Mengolah bawang putih menjadi sup ayam juga bisa menjadi pilihan pas untuk menyembuhkan pilek. Apalagi, daging ayam mengandung zat carnosine yang membantu menghilangkan gejala flu dan pilek.

4. Garam

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa berkumur air garam dapat membantu mencegah gejala pilek bertambah parah. Ini karena larutan garam dapat mencairkan lendir lengket yang menempel pada dinding hidung dan tenggorokan. Uniknya lagi, rutin berkumur air garam juga dapat membantu mencegah penularan pilek dari orang lain.

Caranya, larutkan setengah sendok garam dengan segelas air hangat. Gunakan larutan garam untuk berkumur selama beberapa detik, lalu buang.

5. Daun Mint

Cara menghilangkan pilek dengan obat alami yang selanjutnya yaitu daun mint. Ekstrak daun mint diketahui memiliki cara kerja yang mirip dengan obat pilek di apotek yang disebut dekongestan. Dekongestan dan daun mint dapat membantu mencairkan lendir penyebab hidung mampet. Sensasi hangat dari daun mint juga berfungsi melancarkan aliran udara dalam saluran pernapasan.

6. Oleskan Minyak Esensial di Dada

Minyak atsiri merupakan salah satu obat guna cara menghilangkan pilek seperti pilek dan meningkatkan kualitas tidur. Meskipun tidak banyak penelitian tentang keefektifannya, mereka umumnya aman. Anda dapat menggunakan minyak esensial untuk membuat gosok dada. Minyak dapat berupa minyak peppermint yang diyakini memiliki sifat melawan dingin. Pastikan anda mengencerkan campuran minyak esensial anda dengan minyak lain seperti minyak kelapa untuk mencegah iritasi kulit.

Cara Menghilangkan Pilek dengan Cepat

Selain dengan bahan-bahan alami, Anda juga dapat mengatasi pilek dengan cepat melalui pengobatan rumahan. Berikut beberapa contohnya.

1. Menghirup Uap Hangat

Cara menghilangkan pilek yang pertama adalah dengan menghirup uap hangat. Uap hangat dapat membantu mengencerkan lendir sekaligus melemaskan saluran hidung yang bengkak akibat pilek. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi kesusahan untuk sekadar bernapas.

Caranya, isilah sebuah baskom dengan air panas, lalu posisikan kepala Anda menunduk tepat di atas permukaan air. Tutupi kepala dengan handuk supaya uap panas tidak menguar ke mana-mana. Pastikan jarak wajah dan air panas tidak terlalu dekat. Untuk menambah efek relaksasi, Anda pun bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam air hangat tersebut.

2. Minum Air Putih

Tidak hanya mencegah dehidrasi, minum air putih juga dapat membantu melegakan pilek dan melembapkan tenggorokan. Tidak melulu air putih, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan cairan dari minuman lain, seperti jus buah asli, air jahe, dan teh hangat. Akan tetapi, hindari minuman kemasan dengan kandungan gula tinggi, minuman beralkohol, dan minuman berkafein.

3. Memakai Bantal Tambahan

Tidak hanya menyebabkan hidung mampet, pilek juga sering kali membuat tenggorokan terasa gatal dan nyeri. Sebagai solusinya, tambahkan bantal ekstra di bawah kepala Anda. Menyelipkan satu bantal tambahan dapat membuat lendir mengalir dengan sendirinya. Pastikan posisi tidur ini membuat Anda nyaman. Bantal yang terlalu tebal atau tinggi justru bisa menyebabkan tidur makin tidak nyenyak.

4. Rajin Membuang Ingus dari Hidung

Agar tidak menumpuk dan berkerak di dalam saluran hidung, sering-seringlah mengeluarkan ingus dari hidung. Cara terbaik untuk membuang ingus yaitu menekan salah satu sisi lubang hidung, lalu denguskan napas lewat hidung secara perlahan sampai ingus bisa keluar dari lubang satunya. Namun, ingat, membuang ingus terlalu keras dapat menyebabkan lendir bergerak ke saluran telinga. Bukannya membuat hidung lega, Anda malah bisa mengalami sakit telinga.

5. Gunakan Pelembap Udara

Suhu dingin dan udara kering di ruangan ber-AC dapat menyebabkan hidung dan tenggorokan semakin gatal. Berada terlalu lama di ruangan ber-AC juga bisa menyebabkan mulut kering yang semakin memperparah gejala pilek Anda. Sebagai solusinya, Anda bisa memakai humidifier (alat pelembap udara). Humidifier efektif untuk melembapkan udara sekaligus membantu melegakan pernapasan Anda. Namun, pastikan Anda membersihkan alat ini secara rutin dan tidak menggunakannya secara berlebihan. Penggunaan humidifier yang keliru dapat membuat udara terlalu lembap sehingga memudahkan bakteri dan jamur untuk berkembang biak.

6. Perbanyak Makanan Mengandung Vitamin C

Cara menghilangkan pilek berikutnya adalah dengan konsumsi vitamin C. Salah satu manfaat konsumsi vitamin C dari makanan dan suplemen ialah meningkatkan sistem imun. Jika Anda ingin menyembuhkan pilek dengan cepat, tentu ini merupakan cara yang tak boleh terlewatkan. Obat pilek alami ini mudah sekali ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran, terutama:

  • Jeruk,
  • Lemon,
  • Belimbing,
  • Tomat,
  • Jambu,
  • Paprika,
  • Kiwi,
  • Brokoli,
  • Pepaya, dan

Sebagai catatan, jika Anda ingin mengonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter.

7. Banyak Istirahat

Selama pilek, kurangilah interaksi dengan orang lain untuk mencegah penularan. Gunakan lebih banyak waktu Anda untuk beristirahat dan tidur 7–8 jam sehari. Dalam laman resminya, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan orang yang sakit flu dan pilek untuk istirahat di rumah setidaknya 24 jam setelah demam turun. Anda bisa kembali beraktivitas saat kondisi tubuh benar-benar fit. Namun, jika memang harus keluar rumah, pakailah masker selama flu untuk menghindari penularan ke orang lain.

8. Bersihkan Hidung Dengan Neti Pot

Membilas saluran hidung menggunakan alat seperti neti pot dapat membantu melonggarkan lendir yang kental dan menghilangkan iritasi, allergen, dan kuman. Menurut Food and Drug Administration (FDA), neti pot aman digunakan selama mengisinya dengan air steril atau suling.

Untuk menggunakan neti pot, anda dapat mengikuti cara-cara mudah sebagai berikut ini:

  • Isi panci dengan larutan garam (dibuat dengan air hangat dan steril dan garam).
  • Bersandarlah di wastafel dan memiringkan kepala ke samping dengan dahi dan dagu sejajar (untuk menghindari cairan mengalir ke mulut Anda).
  • Saat bernapas melalui mulut, masukkan cerat neti pot ke lubang hidung bagian atas sehingga cairan mengalir melalui lubang hidung bagian bawah.
  • Ulangi di sisi lain.

9. Mandi Air Panas

Cara menghilangkan pilek yang berikutnya adalah dengan mandi air panas. Alasannya adalah karena menghirup uap menghilangkan rasa sakit dan tekanan sinus dengan membantu mengeluarkan lendir. Mandi juga dapat membantu pernapasan kembali normal.

Anda juga bisa mendapatkan efek mandi uap dengan menghirup uap dari air panas di wastafel. Cukup mengalirkan air panas di wastafel kamar mandi, letakkan handuk di atas kepala dan letakkan kepala anda di atas wastafel, berhati-hatilah agar tidak terlalu dekat dan berisiko membakar kulit anda.

10. Buat Dekongestan Alami

Membuat dekongestan alami dengan menggunakan buah yang kaya akan vitamin C seperti lemon dapat membantu meredakan pilek. Vitamin C telah ditunjukkan dalam beberapa penelitian untuk mempersingkat durasi pilek dan menghilangkan keparahan gejalanya.

Namun jika karena alergi, anda dapat menggunakan jahe. Penelitian menunjukan ekstrak jahe 500 miligram (mg) setiap hari sama efektifnya dengan loratadine yang berguna untuk mengatasi pilek karena alergi hidung. Hal ini karena Jahe memiliki mekanisme anti-alergi dan anti-inflamasi.

11. Kompres Hangat

Jika anda mengalami sakit kepala atau nyeri sinus akibat pilek, cobalah kompres hangat langsung di atas hidung dan dahi anda. Ini dapat membantu meredakan peradangan dan tekanan hidung serta meredakan ketidaknyamanan anda.

Anda dapat membeli produk kompres panas yang dapat dipanaskan dalam microwave atau anda cukup merendam kain bersih dengan air hangat, peras kelebihannya, lalu lipat dan letakkan di atas hidung, pipi, dan dahi anda. Coba lakukan ini selama 20 menit dan ulangi sesering yang diperlukan.

12. Tingkatkan Asupan Cairan

Cara menghilangkan pilek selanjutnya adalah meningkatkan asupan cairan tubuh. Minum banyak cairan (non alkohol) dan tetap terhidrasi akan membantu mengencerkan lendir di saluran hidung, sehingga memudahkan sinus yang tersumbat untuk mengalir.

13. Ubah Rutinitas Malam

Seperti yang dapat dibuktikan oleh siapa saja yang menderita pilek, kemacetan sering kali terasa lebih buruk di malam hari. Salah satu alasan utamanya adalah saat anda berbaring, gravitasi menyebabkan lendir menggenang atau kembali ke atas alih-alih mengalir. Untuk mengatasi masalah ini, letakkan satu atau dua bantal tambahan di bawah kepala anda, sehingga gravitasi dapat bekerja untuk membantu mengeluarkan lendir dari hidung.

14. Menghirup Uap Hangat

Banyak orang dengan pilek menemukan bahwa menghirup uap dapat membantu mereka merasa lebih baik. Kehangatan dan kelembaban dapat menenangkan selaput di dalam hidung, memberikan kelegaan sementara. Selain itu uap hangat juga memungkinkan lendir mengalir lebih baik dan dapat membantu membunuh virus penyebab pilek.

15. Semprotan Garam

Cara menghilangkan pilek berikutnya bisa dengan menggunakan semprotan air garam. Menggunakan semprotan garam dapat membantu menghilangkan peradangan jaringan di hidung dan menghilangkan pilek. Para peneliti juga menemukan bahwa irigasi hidung dengan semprotan garam tampaknya memiliki beberapa manfaat bagi orang-orang dengan pilek akibat sinusitis kronis.

16. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih berasal dari daun pohon kayu putih. Komponen tertentu dalam minyak kayu putih memiliki sifat penyembuhan dan bertindak sebagai agen antibakteri, anti-inflamasi, pereda nyeri, dan obat penenang. Menghirup kayu putih dalam uap atau melalui diffuser dapat membantu menghilangkan gejala pilek. Untuk menggunakannya, tambahkan beberapa tetes minyak ke semangkuk air panas atau ikuti petunjuk pada diffuser.

17. Gunakan Akupresur

Akupresur menjadi cara menghilangkan pilek berikutnya. Akupresur melibatkan penggunaan tangan anda untuk mengaktifkan titik-titik tekanan tertentu. Meskipun akupresur tidak akan menyembuhkan pilek anda, ini dapat membantu meredakan tekanan sinus.

Untuk menargetkan tekanan pada sinus anda, gunakan jari telunjuk kiri dan kanan Anda untuk menekan pangkal kedua sisi hidung anda. Tahan selama sekitar tiga menit. Untuk sakit kepala karena sinus, tekan jari anda ke sudut terdalam salah satu alis selama tiga menit.

18. Makan Sesuatu yang Pedas

Capsaicin adalah senyawa kimia yang ditemukan dalam cabai. Senyawa ini memiliki efek pengenceran pada lendir. Makanan yang mengandung capsaicin dapat membantu mengatasi pilek. Namun, capsaicin juga merangsang sekresi lendir, yang bisa membuat hidung anda meler, sehingga disarankan hanya mengonsumsi secukupnya saja.

19. Hindari Alkohol

Jika anda mengalami pilek, minum alkohol bisa memperburuknya. Bahkan mengonsumsi alkohol dapat memicu gejala gangguan pernapasan bagian atas seperti bersin dan pilek atau berair. Alkohol adalah diuretik, yang berarti meningkatkan produksi urin. Saat anda minum, lebih sulit untuk tetap terhidrasi. Saat anda mengalami dehidrasi, lendir anda lebih kental dan tidak bisa mengalir dengan mudah. Ini sebabnya, cara menghilangkan pilek salah satunya adalah dengan menghindari alkohol.

20. Hindari Kafein

Kafein adalah stimulan yang ditemukan dalam teh, kopi, dan soda. Ini dapat memberi anda dorongan energi, tetapi juga memiliki efek diuretik ringan. Jadi, jika anda mengalami kesulitan untuk tetap terhidrasi dengan cairan, konsumsi kafein dapat memperburuknya. Tubuh yang mengalami dehidrasi saat pilek akan membuat lendir menjadi lebih kental dan membuat proses penyembuhan memerlukan waktu lebih lama dari yang seharusnya. Selain itu mengonsumsi kafein sebelum tidur juga dapat menyebabkan gangguan tidur.

21. Diffuse Essential Oil Dari Pohon Teh

Cara menghilangkan pilek yang terakhir adalah dengan diffuse essential oil dari pohon teh. Minyak atsiri ini dipercaya dapat membantu memperbaiki penyumbatan hidung. Banyak penelitian menemukan bahwa minyak pohon teh memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba, yang membantu mengatasi pilek.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat mengatasi pilek dengan cepat dan merasa lebih baik dalam waktu singkat. Ingatlah bahwa pilek biasanya akan sembuh dengan sendirinya, tetapi tindakan-tindakan ini dapat membantu meredakan gejala dan membuat Anda merasa lebih nyaman selama masa pemulihan.

Kapan Harus Mengunjungi Dokter Jika Masih Mengalami Pilek?

Pilek biasanya dapat sembuh sendiri, dengan atau tanpa obat alami. Namun, Anda harus segera mengunjungi dokter jika pilek tidak juga membaik dalam waktu 7–10 hari sejak pertama kali gejala muncul. Konsultasi dengan dokter juga diperlukan jika Anda mengalami kondisi berikut:

1. Demam tinggi meski sudah minum paracetamol.

2. Sering muntah.

3. Sesak napas.

4. Warna ingus berubah menjadi tidak biasa.

5. Sakit tenggorokan hingga suara serak atau parau.

6. Sakit kepala parah.

7. Batuk terus-terusan.

8. Nyeri pada sinus.

9. Telinga berdenging.

10. Berat badan berkurang drastis.

Dengan memperhatikan gejala-gejala tersebut, Anda dapat menentukan kapan saat yang tepat untuk mencari bantuan medis dari dokter.

Penutup

Pilek adalah masalah umum yang seringkali dapat diatasi dengan perawatan rumahan dan obat alami. Dalam kebanyakan kasus, gejalanya akan mereda dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, jika Anda mengalami gejala yang lebih serius atau tidak kunjung membaik, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Selain itu, selalu jaga kebersihan diri, hindari penularan, dan pertahankan sistem imun yang kuat untuk mencegah pilek datang kembali. Semoga Anda segera pulih dan tetap sehat!

 

Q: Bagaimana caranya agar pilek cepat sembuh?

A: Sembuh dari pilek dapat dipercepat dengan istirahat yang cukup, minum banyak cairan, dan mengonsumsi makanan bergizi. Penggunaan obat alami seperti jahe dan madu juga dapat membantu.

 

Q: Minum apa agar pilek cepat sembuh?

A: Minuman hangat seperti teh jahe, air hangat dengan lemon dan madu, atau jus buah kaya vitamin C dapat membantu mempercepat pemulihan dari pilek.

 

Q: Jika pilek, apa yang harus dipijat?

A: Pemijatan lembut pada dada dan punggung dengan minyak esensial seperti minyak kayu putih dapat membantu meredakan gejala pilek seperti pilek.

 

Q: Apa yang menyebabkan pilek?

A: Pilek disebabkan oleh infeksi virus, terutama rhinovirus. Paparan virus ini menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan atas, menghasilkan gejala pilek.

 

Q: Berapa lama sembuh dari pilek?

A: Pilek biasanya sembuh dalam waktu 7-10 hari. Namun, ini dapat bervariasi tergantung pada individu dan kondisi kesehatan masing-masing.

 

Q: Bagaimana posisi tidur saat pilek?

A: Tidur dengan kepala yang sedikit terangkat dapat membantu menghilangkan pilek dan memudahkan pernapasan selama pilek.

 

Q: Apakah minyak kayu putih bisa meredakan pilek?

A: Ya, minyak kayu putih memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu meredakan pilek jika digunakan dengan hati-hati sebagai obat luar.

 

Q: Ramuan apa yang dapat digunakan untuk pilek?

A: Beberapa ramuan yang dapat membantu pilek termasuk jahe, madu, daun mint, dan minyak esensial seperti minyak kayu putih. Ramuan ini dapat digunakan sebagai obat alami untuk meredakan gejala pilek.

27 Cara Menghilangkan Pilek dengan Cepat, Ringankan dalam Semalam!