Mau Modifikasi Pintu Mobil Gunting Ala Lamborghini? Begini Caranya

Pecinta otomotif, khususnya pria akan sangat berharap bisa memiliki mobil sekelas Lamborghini. Ya, walaupun keinginan ini bakal terwujud 20 tahun lagi mungkin. Wajar ya, harga mobilnya aja merobek dompet, belum lagi bensin dan biaya perawatan ini itu.

Ada banyak orang yang mengidam-idamkan mobil Lamborghini, maka timbul ide kreatif untuk menyulap mobil pribadinya menyerupai Lamborghini. Hmm, apalagi kalau bukan mengubah bentuk pintunya. Seperti yang kita tahu, hampir semua seri Lamborghini memiliki tipe pintu gunting (scissors door). Inilah yang membuat Lamborghini benar-benar unik.

Modifikasi Pintu Mobil Gunting Ala Lamborghini

Lalu, bagaimana cara modifikasi pintu gunting layaknya Lamborghini? Ini dia tipsnya.

1. Pemilihan Engsel

Engsel merupakan komponen penggerak pada mobil. Kalau engselnya saja tidak beres, gimana caranya sistem bukaan pintu mobil akan baik-baik saja? Tipe engsel mobil ada dua, yaitu engsel universal dan engsel bolt on.

  • Engsel bolt on. Merupakan jenis engsel yang paling sederhana. Pemasangannya juga sangat mudah, cukup dengan melepas engsel standar, lalu menggantinya dengan engsel pintu gunting. Pengerjaan engsel bolt on ini juga sangat sangat cepat. Hanya perlu waktu 1 – 2 hari, maka mobil milikmu siap dibawa di jalanan. Kemudahan yang diberikan tipe engsel ini membuat harganya juga cukup mahal. Sekali pemasangan, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 9 – 15 juta
  • Engsel universal. Merupakan tipe engsel biasa, namun juga mampu membuat pintu mobilmu lebih berkelas. Keuntungan dari engsel tipe ini adalah harganya yang relatif murah, yaitu berkisar Rp 4 – 5 juta saja untuk sekali pemasangan. Sedangkan kelemahannya yaitu waktu pemasangan yang cukup lama, yaitu mencapai 2 minggu

Kalau Anda termasuk orang yang penyabar, lebih baik pilih pemasangan engsel universal saja ya, mengingat harganya yang jauh lebih murah dibandingkan pemasangan engsel bolt on.

2. Proses Pengerjaan

Proses pengerjaan antara engsel universal dan bolt on sangat jauh berbeda. Untuk tipe universal, proses pengerjaannya cukup melalui proses pengelasan saja. Setelah itu, tinggal tunggu aja sampai lasnya mengering. Sedangkan engsel bolt on tidak bisa digunakan untuk semua tipe mobil. Itu artinya hanya mobil-mobil tertentu saja yang bisa dipasang dengan engsel bolt on. Waktu pengerjaannya juga cukup lama, kira-kira 1 minggu. Kok lama banget? Karena engsel bolt on perlu dibaut sana sini, sehingga dibutuhkan ketelitian ekstra agar pemasangannya tepat.

3. Memperhatikan Bagian Spakbor

Selanjutnya yaitu memperhatikan bagian spakbor (fender). Sebelum memasang pintu gunting, pengukuran pada sisi kanan dan kiri pintu mobil perlu dilakukan. Hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu membuka pintu mobil. Lalu, lihat jarak maksimal saat pintu tersebut dibuka.

Sebelum pemasangan dilakukan, pastikan sisi kanan dan kiri spakbor sama ya. Agar pintu guntingmu tidak lain sebelah. Sehingga tampilan mobilmu pun benar-benar mirip Lamborghini sungguhan.

4. Ubah Kebiasaan

Kalau pintu mobilmu sudah mengadopsi model pintu gunting, perhatikan cara membuka dan menutup pintunya. Kalau menutup pintu mungkin masih tetap sama dengan mobil pada umumnya. Perbedaan paling mencolok yaitu saat membuka pintu mobil. Dimana pintu mobil dibuka sedikit dulu, setelah itu diangkat.

Memang, membuka pintu model gunting sedikit ribet, Anda yang belum terbiasa pasti sering melakukan kesalahan. Tapi, lama-kelamaan Anda juga akan terbiasa untuk melakukannya. Satu hal yang perlu diingat adalah jangan pernah membuka pintu mobil terlalu keras atau didorong terlalu kuat. Hal ini akan membuat pintu gunting milikmu patah karena engselnya sedikit sensitif.

Kepingin punya mobil pintu gunting? Ikuti 4 tips di atas ya! Kalau sudah ngebet pingin punya pintu gunting, siapkan budget banyak-banyak ya. Apalagi kalau Anda ingin modil bodi mobil lagi. Oke, semoga artikel kali ini bermanfaat!