10 Tips Mengajar Untuk Guru Baru

Tips Mengajar Untuk Guru Baru

Menjadi seorang guru tidak semudah yang dibayangkan, menjadi guru adalah pekerjaan yang sangat mulia. Banyak orang yang menyebutnya pahlawan tanpa tanda jasa, tugas utama guru adalah mencerdaskan, membimbing, mengayomi, dan memberi pemahaman kepada muridnya. Nah disini saya akan membagikan tips mengajar untuk guru baru.

Keberhasilan seorang guru dapat dilihat dari muridnya, apabila bisa mencapai tujuan yang di inginkan bisa dibilang guru tersebut telah berhasil mendidik muridnya.

Pada artikel saya kali ini saya akan membagikan tips untuk guru baru. Silahkan simak baik-baik berikut ini penjelasannya :

10 Tips Mengajar Untuk Guru Baru


1. Buatlah Persiapan

Segala sesuatu harus ada persiapan, persiapan adalah salah satu hal yang paling penting. Jika kalian sudah mempersiapkan semuanya maka proses mengajar akan berjalan dengan lancar. Sebagai seorang guru harus mempersiapkan mental, fisik yang lebih penting adalah mempersiapkan materi yang akan diajarkan kepada muridnya.

2. Perbanyaklah referensi

Sebagai seorang guru yang baru memasuki dunia pendidikan maka disarankan untuk memperbanyak referensi untuk menambah pengetahuan dan wawasan, tentang bagaimana cara mengajar yang baik dan benar, cara agar murid mudah memahami pembelajaran, dan masih banyak yang lainya.

3. Mintalah saran

Dalam mengajar kalian sebagai guru baru perlu untuk meminta saran kepada guru yang lebih senior, dengan meminta saran kalian tau dimana letak kekurangan kalian dalam mengajar dan kalian akan mendapatkan ilmu.

4. Menyesuaikan metode pembelajaran

Sebagai seorang guru kalian harus menyesuaikan metode pembelajaran dengan keadaan kelas dimana siswa memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda. Jika guru tidak bisa menysuaikan metode pembelajaran yang cocok untuk siwanya maka akan kualahan untuk mengajar.

5. Datang tepat waktu

Masih banyak guru yang datang terlambat meskipun peraturan sudah di buat di sekolah. Sehingga kegiatan pembelajaran menjadi terlambat. Sebagai guru baru usahan kalian harus datang tepat waktu.

6. Berpenampilan rapi

Sebagai guru baru penampilan sangat penting, penampilan juga dapat meyakinkan murid, jika kalian datang dengan berpenampilan acak-acakan tentu murid akan menilai negatif.

7. Berfikir positif dan optimis

Dalam mengajar guru harus berfikir positif, dengan berfikir positif akan menambah kepercayaan diri bahwa sebagai guru baru bukan berarti tidak bisa apa-apa dan optimis apa yang telah di sampaikan kepada murid akan bisa diterima dengan baik..

8. Percaya diri

Percaya diri tentu penting apalagi sebagai guru baru. Jangan melihat hasil akhir, tetapi fokus dadlam proses yang di lalui

9. Ramah dan murah senyum

Murid akan senang dan menyukai seorang guru yang murah senyum, mereka akan senang jika guru mengajar dengan penuh senyum dan tawa.

10. Perbaiki kualitas mengajar

Memperbaiki kualitas mengajar sangat penting bagi seorang guru baru, contohnya dengan memperjelas kata saat mengajar supaya murid dapat mengerti. jangan tergesa-gesa jika mengajar dengan tergesa gesa maka murid akan sangat sulut memahami apa yang kalian jelaskan.

Mungkin sampai disini tips mengajar bagi guru baru, semoga bermanfaat. Trimakasih telah mengunjungi blog saya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel