10 Tips Agar Kuat Dan Tidak Lemas Saat Puasa Seharian

Pada saat berpuasa mungkin kita merasakan lemas, yaa lemas itu wajar pada saat kita melaksanakan ibadah puasa. Kita akan merasakan tubuh yang mudah lelah, lemas, dan letih, walaupun demikian kita harus tetap melaksanakan aktivitas sehari-hari. Mungkin kalian yang membaca artikel ini mengeluh gimanasih tips agar kuat dan tidak lemas saat puasa seharian. Tenang saja pada artikel ini saya akan membagikan tips agar kuat dan tidak lemas saat berpuasa. Oke lansung saja simak baik-baik artikel kali ini.

Tips Agar Kuat Dan Tidak Lemas Saat Puasa Seharian

Tips Agar Kuat Dan Tidak Lemas Saat Puasa Seharian

1. Makan secukupnya 


Mungkin kalian sering makan terlalu banyak saat berbuka maupun sahur,sampai-sampai perut tidak ada ruang lagi. Puasa sendiri mengajarkan kita untuk tidak berlebih-lebihan dalam segala hal. Terutama dalam mengkonsumsi makanan. Oleh karena itu kalian tidak boleh berlebih-lebihan saat makan sahur maupun berbuka. Karena jika kalian terlalu kenyang saat mengkonsumsi makanan bisa jadi kalian mengantuk dan lemas.

2. Jangan banyak tidur saat puasa

Saat berpuasa sebaiknya jangan banyak tidur, karena dapat membuat kalian lemas. Kalian bisa melakuakan hal yang bermanfaat seperti membaca al-quran dan melakukan hal positif lainya.

3. Konsumsilah Vitamin jika perlu

Mungkin beberapa dari kalian masih banyak yang mengkonsumsi vitamin saat berpuasa. Vitamin sangatlah berpengaruh terhadap tubuh kalian. Konsumsilah vitamin saat sahur, dan sesuai kebutuhan kalian. Jika tubuh sedang tidak enak badan silahkan konsumsi vitamin C, dan jika kalian memiliki anemia sebaiknya konsumsi vitamin penambah darah.

4. Minumlah air putih 2 liter perhari

Meskipun kalian sedang melaksanakan puasa, jangan sampai kalian tidak minum air putih sama sekali, karena air putih sangat baik bagi tubuh pada saat melakukan puasa. Untuk waktu minum kalian bisa melakukannya saat sahur, saat berpuka, saat sebelum tidur malam. Dengan mengkonsumsi air putih maka cairan yang ada ditubuh akan tetap terjaga.

5. Perbanyak makan sayur dan buah

Memperbanyak makan sayur dan buah sangat bermanfaat bagi tubuh karena mengandung banyak air dan zat yang bermanfaat lainya. Selain itu juga dapat menghindari sembelit atau konstipasi.

6. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi

Sudah banyak yang mengetahui jika zat besi sangantlah bermanfaat bagi tubuh. Mengkonsumsi zat besi saat sahur dapat menghindari tubuh lemas dan mengantuk, karena zat besi membantu pasokan kadar hemoglobin dalam tubuh kalian.

7. Pilih makanan yang banyak mengandung karbohidrat

Karena makanan yang mengandung karbohidrat akan membuat gula darah kalian cenderung stabil. Dan makanan yang mengandung zat gula akan membuat tubuh mudah lapar.

8. Sebaiknya tidak memakan gorengan

Sibaiknya hindari makan gorengan, karena makanan yang di goreng akan menimbulkan rasa kantuk pada saat berpuasa, karena makanan yang digoreng akan kehilangan banyak oksigen pada makanan tersebut.

9. Hindari kanan pedas dan berlemak

Mungkin beberapa dari kalian banyak yang menyukai makanan pedas dan makanan yang berlemak. Namun makanan tersebut sangat tidak baik bagi tubuh karena dapat menimbulkan gangguan pada pencernaan kalian.

10. Sangat di anjurkan untuk tidak tidur setelah sahur

Alasanya adalah, karena energi yang dihasilkan setelah makan hanya dipakai untuk tidur  tidak digunakan untuk beraktifitas.

Mungkin sampai disini tips agar tidak lemas saat puasa seharian, semoga bermanfaat. Dan terimakasih telah berkunjung di blog saya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel