Penyebab HP Mudah Panas Secara Berlebih

Saat ini perkembangan teknologi sangatlah pesat, contohnya saja hp sudah banyak sekali perusahaan-perusahaan yang mengembangkan hp. Dibandingkan laptop atau PC, smartphone/hp sangatlah simpel dan efektif untuk berkomunikasi.

Namun kekurangan dari beberapa jenis/merk hp mungkin ada yang sering panas, tentu saja panas pada hp sangat menggangu sekali saat kita menggunakannya. Mungkin kalian juga bertanya apa sih penyebabnya dan gimana cara mengatasi nya?? Oke Nanti saya bahas satu persatu tenang saja.
Panas pada hp atau perangkat elektronik lainya adalah hal yang wajar. Karena panas adalah energi yang di lepaskan dari sebuah perangkat elektronik, begitu pula dengan hp/smartphone kalian
Nahh kalian harus mengetahui apa penyebab dan gejala yang dihasilkan saat hp kalian panas. Mungkin, bisa jadi panas yang berlebih merupakan tanda ponsel kalian rusak.
Saya akan berbagi informasi sedikit tentang panas yang terjadi pada hp/smartphone.
Jika panas yang terjadi pada bagian belakang hp, maka patut di curigai penyebab panas adalah pada bagian baterai hp/smartphone kalian. Dan segeralah ganti baterai ke baterai yang baru agar panas tidak lagi ada di hp kalian. 
Jika panas yang terjadi pada bagian bawah, maka bisa jadi panas berhubungan dengan charger kalian. Jika benar sumber panasnya berhubungan dengan charger maka kalian wajib mengganti nya dengan charger yang baru.
Namun jika kalian kesulitan mendeteksi posisi panas terjadi dimana, ada kemungkinan panas yang terjadi pada bagian dalam hp kalian adalah overheat.

Penyebab Panas Pada HP :

1. Overcharging
Overcharging adalah satu kebiasaan buruk yang mungkin sering kalian lakukan. Overcharging bisa membuat hp kalian menjadi panas. Istilah overcharging adalah dimana kalian mengisi baterai namun lupa tidak mencabutnya saat baterai sudah penuh. Biasanya terjadi pada saat malam hari, dimana kalian sudah lelah dan memutuskan untuk mengisi baterai hp dan setelah itu kalian tinggal tidur, dan mencabut charging pada keesokan harinya. Hal ini dapat menyebabkan hp mudah panas karena hp menerima listrik yang berlebihan.

2. Bermain Game Sambil Charging
Hal ini sering dilakukan seorang gamers, dimana seorang gamers tersebut ingin bermain game tanpa ingin takut baterai habis. Jika kalian melakukannya dengan terus menerus maka hp kalian akan sering panas dan hp akan rusak. 
3. Bermain Game Secara Berlebihan
Saat asik bermain game mungkin kalian tidak memperhatikan kekuatan GPU, CPU, dan RAM hp kalian. Jika kalian menggunakan hp kalian untuk bermain game secara berlebih maka otomatis hp kalian akan panas karena kinerja hp semakin lama akan menurun. Jika tidak ingin maka kalian harus istirahat saat bermain game tidak boleh bermain secara terus menerus. 
4. Virus dan Malware
Virus dan Malware menjadi salah satu penyebab HP panas. Karena kegiatan operasi yang dilakukan secara terus-menerus, dan para pengguna hp tidak menyadari karena letaknya ada di background sistem.
Nah itulah beberapa penyebab HP Mudah Panas mungkin masih banyak faktor yang menyebabkan hp mudah panas. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat, dan terimakasih sudah berkunjung ke blog saya 😁