Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci WAJIB BACA!

Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci


Kelinci adalah salah satu jenis hewan herbivora, kelinci juga sering di pelihara oleh manusia karena memiliki ciri khas yang lucu dan menggemaskan. Selain itu untuk memperoleh pakan untuk kelinci cukup mudah.

Meskipun makanannya mudah ditemukan, terdapat beberapa makanan yang tidak boleh di makan oleh kelinci.

Memberi makanan yang salah untuk kelinci akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh si kelinci. Selain itu memberi makanan yang tidak boleh dimakan dapat mengakibatkan kematian kelinci peliharaan kalian.

Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci

Bagi kalian yang baru menekuni dunia perkelincian hehehe, mungkin masih belum mengetahui beberapa makanan yang tidak boleh dimakan oleh kelinci.

Menurut beberapa peternak kelinci, setelah mereka memberikan makanan seperti di bawah mengalami nasib yang buruk, entah kelinci mengalami sakit atau kelinci mati. Untuk menghindari hal-hal berikut ini maka kalian harus mengetahui beberapa makanan yang harus kamu perhatikan untuk kelinci kalian.

1. Pakan yang banyak mengandung getah atau air.

Untuk kalian yang sering memberikan makanan sayuran seperti kubis, kol, dll. Sebaiknya kalian hindari karena sayuran tersebut banyak mengandung air, karena jika kelinci di berikan makanan tersebut akan mengakibatkan kembung dan diare. 

Kol mengandung serat-serat yang kasar, untuk kelinci dalam tahap perkembangan bisa sangat berpengaruh buruk pada saluran pencernaannya.

Yang paling ditakuti pada kol adalah kandungan gas, jika kol di konsumsi oleh kelinci akan mengakibatkan kembung dan bisa juga menyebabkan kematian.

Jika terpaksa untuk memakan sayuran tersebut, saran saya sebelum di berikan kepada kelinci sebaiknya kalian keringkan sampai terlihat agak layu.

2. Pakan yang memiliki tekstur kasar dan berduri

Pakan yang mempunyai teksture kasar dan berduri di khawatirkan akan melukai kelinci dan bisa menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan.

Maka dari itu sebaiknya hindari makanan yang memiliki tekstur kasar dan berduri,  Contoh pakan tersebut adalah, rumput gajah, rumput berduri, dan masih banyak rumput yang memiliki tekstur berduri dan kasar.

3. Pakan yang terlalu manis

Hindari memberi pakan yang terlalu manis, karena gula jika di konsumsi secara berlebih akan berpengaruh bagi tubuh kelinci.

Sebaiknya hindari makanan yang teralu manis ya teman-teman, agar kelinci kalian tetap sehat.

Contoh Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci

Berikut ini daftar makan yang sebaiknya di hindari atau lebih baik untuk tidak di konsumsi kelinci.

1. Alpukat


Buah alpukat sangat baik bagi kesehatan manusia, tapi tidak untuk kelinci. Dalam buah alpukat terdapat kandungan zat yang tidak baik untuk kelinci. Didalam alpukat terdapat banyak lemak dan tidak banyak mengandung serat sehingga alpukat tidak baik untuk di konsumsi oleh kelinci/

Bahkan kelinci bisa mati jika mengkonsumsi alpukat dalam jumlah besar.

Antara manusia dan kelinci sudah berbeda, apalagi dalam hal kebutuhan makanan sudah jelas sangat jauh berbeda, jika alpukat baik untuk manusia tetapi tidak untuk kelinci.

Kelinci suka makanan yang memiliki kandungan lemak yang rendah, rendah kalori, dan tinggi serat.

Jadi, alpukat sangat tidak cocok bagi kelinci. Kandungan lemak yang tinggi pada alpukat dapat menyebabkan obesitas bagi kelinci, dan jika itu terjadi maka akan mempersingkat hidup kelinci. Sedangkan kadar serat yang rendah dapat mempengaruhi pencernaan. 

2. Coklat


Meskipun coklat memiliki rasa yang sangat enak, kalian jangan coba-coba memberikan coklat pada kelinci, karena coklat mengandung theobromine, zat ini jika di konsumsi kelinci akan berakibat beracun.

Mungkin kalian ada yang bertanya, mengapa manusia dapat mengkonsumsi coklat, sedangkan kelinci tidak? Karena manusia mempunya enzim yang dapat memecah zat beracun tersebut.

Jika kelinci mengkonsumsi coklat akan mengakibatkan detak jantung sangat tinggi dan akan mengalami kejang-kejang, sungguh menyedihkan bukan? Tentu saja kalian tidak ingin mengalami, nah makanya jangan sekali-kali meberikan coklat pada kelinci ke sayangan kalian.

3. Roti, Kue dan makanan sejenis


Jenis makanan ini juga salah satu makanan yang sangat enak, siapa yang tidak suka deng kue? Roti? Banyak orang yang sangat menyukai makanan tersebut, dan bebrapa orang juga mungkin tidak menyukainya.

Makanan ini sangat tidak di anjurkan untuk makanan kelinci, jika kalian memberikan makanan-makanan tersebut berarti kalian sudah tidak menyayangi kelinci kalian lagi.

Makana ini adalah tergolong makanan manis dengan memiliki kadar karbohidrat yang tinggi, sehingga tida baik bagi kesehatan kelinci kalian.

Hindari juga makanan yang mengandung banyak gula atau bahan-bahan buatan karena berpotensi menyebabkan eterotoksemia.

Apa itu eterotoksemia?

Eteroksemia adalah masalah kesehatan yang disebabkan oleh bakteri dimana kelinci dapat terinfeksi secara alami oleh dirinya sendiri. Bakteri yang muncul secara alami di dalam perut kelinci akan mengakibatkan diare parah dan gejala penyakit lainya.

4. Sayuran Selada Bokor, Silverbeet, dan Kembang Kol


Mungkin kalian terheran, mengapa sayuran ini tidak boleh dimakan oleh kelinci?

Karena sayuran ini mengandung lactucarium, sejenis bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan kelinci kalian jika sampai memakannya.

Selada Bokor, sayuran ini sebagian besar mengandung air dan sedikit dan hampir tidak memiliki gizi.

Kadar air yang sangat tinggi pada Selada Bokor dapat menyebabkan kelinci kalian diare dan bisa juga menyebabkan kembung. Selain itu Selada Bokor juga dapat menyebabkan kematian pada kelinci.

Selain Selada Bokor, Silverbeet juga bisa menyebabkan kembung dan akan berakibat kematian.

Untuk kembang kol, kurang lebih sama berbahayanya bagi kelinci, jika mengonsumsi kembang kol kelinci juga dapat berakibat kembung, karena gas yang di kandung pada sayuran ini.

5. Kentang


Selain makanan di atas, kentang juga salah satu makanan yang tidak boleh dimakan oleh kelinci. Karena kenapa?

Kentang adalah salah satu jenis sayuran yang mengandung karbohidrat dan pati yang cukup tinggi. Hal ini dapat menyebabkan masalah pencernaan pada kelinci. Meskipun tidak beracun, kentang sangat tida direkomendasikan untuk dimakan oleh kelinci, karena makanan tersebut tidak ideal untuk dimakan kelinci.

Sistem pencernaan kelinci didesain untuk memakan makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi, rendah lemak, rendah karbohidrat. Jika kelinci memakan makanan yang selain kriteria tersebut, maka makanan itu akan sulit dicerna oleh sistem pencernaan pada kelinci dan memerlukan proses lebih lama. Sehingga akan berdampak buruk bagi kesehatan pencernaan kelinci kalian.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel