Cara Mudah Mengatasi Aki Kering Yang Tekor

Cara Mudah Mengatsi Aki Kering Yang Tekor

Cara Mudah Mengatsi Aki Kering Yang Tekor - Hai kembali lagi bersama saya, oke kali ini saya akan membagikan sebuah artikel cara mengatasi aki kering yang tekor.

Mungkin beberapa dari kalian sudah mengerti apa itu aki kering dan aki basah. Ada dua jenis aki yaitu aki kering dan aki basah kalian sudah pasti bisa membedakannya. Nah pada artikel kali ini saya akan mengulas cara memperbaiki aki kering yang tekor / soak.

Accu atau aki adalah salah satu komponen yang sangat penting bagi kendaraan, untuk mobil motor dan kendaraan lainya. Selain sebagai penyimpan tenaga listrik aki juga berfungsi sebagai suplay system kelistrikan pada kendaraan bermotor.

Banyak sekali orang yang masih bingung untuk memperbaiki aki kering, sebenarnya memperbaiki aki kering sendiri di rumah sudah bisa tanpa harus membawanya ke tukang service aki. Memperbaiki aki adalah hal yang tidak sulit dan juga tidak mudah.

Untuk aki kering sering sekali digunakan pada sepeda motor, aki kering tersebut bertipe Maintenance Free (MF).

Penyebab Aki Tekor / Soak

Ada banyak penyebab yang menjadi penyebab aki menjadi tekor atau soak, berikut ini penyebab aki tekor / soak yang perlu kalian ketahui.

1. Kurang Menjaga Kebersihan Aki

Menjaga kebersihan sebuah aki adalah sama pentingnya dengan menjaaga kebersihan mesin. Karena aki bersifat kimiawi sehingga mudah berkarat atau timbul plak, jika aki sudah seperti itu maka sulit untuk menghidupkan kendaraan, sehingga kalian akan menghidupkan motor secara manual, jika mobil maka kalian harus mendorong mobil terlebih dahulu.

2. Pengikat Aki Terlepas/Rusak

Aki merupakan penyuplai kelistrikan di sebuah kendaraan, nah untuk menyambungkan antar komponen kelistrikan seperti lampu dan lain-lain maka di butuhkan kabel, komponen pengikan seperti skrup.

Jika salah satu komponen tersebut tidak saling menyambung atau terlepas, maka dipastikan aki tersebut tidak akan berfungsi. Selain tidak berfungsinya semua komponen, maka akan mengakibatkan aki tersebut melemah dan akan mengalami kerusakan.

3. Kurang Memperhatikan Muatan Kapasitas Listrik

JIka motor sudah lama tidak di hidupkan atau terlalu lama tidak digunakan atau biasanya orang-orang menyebutnya di panasi maka aki akan mengalami penurunan muatan kapasitas listrik.
 

4. Kiprok Bermasalah

Kiprok merupakan salah satu komponen yang berada pada motor, kiprok berfungsi sebagai pengatur pengisian aliran listrik pada aki. Jika kiprok bermasalah maka akan mengganggu kinerja aki, hal ini dapat menyebabkan aki akan mudah soak.

5. Modifikasi Lampu

Tanpa kalian sadari, memodifikasi lampu dapat menyebabkan aki menjadi mudah tekor. Nah bagi kalian yang hobi untuk memodifikasi motor harus mengetahui hal ini karena jika tidak, maka kalian akan rugi sendiri.

Coba kalian bayangkan jika kalian memakai variasi lampu motor dan tidak memakai aki yang memadai, lampu tersebut akan memerlukan banyak sekali daya listrik, dengan begitu kinerja aki akan menjadi tidak seimbang karena pengeluaran listrik akan lebih besar dari pemasukan.

Cara Mengatasi Aki Kering Yang Tekor

Untuk kalian yang aki kendaraannya sering tekor tenang saja, saya akan memberikan solusi bagi kalian. Oke langsung simak saja poin-poin dibawah ini :

1. Cek Kebersihan Dan Muatan Listrik Aki

Jika aki kalian tekor sebaiknya cek kebersihan aki dan muatannya, bersihkan kotoran-kotoran yang terdapat pada aki, seperti plak dan karat yang terdapat pada terminal aki. Untuk membersihkannya kalian bisa menggunakan sikat bekas yang tidak terpakai, lap basah, dan gunakan vaselin.

Untuk mengecek muatan aki kalian bisa sekalian mengeceknya pada saat service berkala di bengkel, jika tidak bisa kalian bisa mengeceknya pada jasa service aki.

2. Cek Umur Aki

Untuk selanjutnya adalah cek umur aki, biasanya aki memilki umur rata-rata penggunaan sekitar 1-2 tahun, jika kalian menggunakan aki tersebut sudah lebih dari 1-2 tahun maka di pastikan aki yang kalian gunakan saat ini sudah tidak layak untuk digunakan.

3. Melakukan Modifikasi Yang Sesuai

Jika kalian adalah para pecinta modifikasi motor, maka kalian harus meperhatikan poin ini. Poin ini sangat perlu di perhatikan karena jika kalian tidak memperhatikan kinerja aki kalian maka aki kalian akan mudah rusak.

Untuk kalian yang ingin memodifikasi bagian lampu misalnya, maka kalian harus menyesuaikan juga aki kalian kuat atau tidak, jika kalian ingin memasang lampu yang terang maka kalian harus menyesuikan muatan listrik yang harus sesuai.

4. Mengganti Aki Yang Berkualitas Dan Memadai (Bagus)

Nah, ini poin yang terakhir. Jika aki kalian sudah melebihi masa penggunaan yaitu 2 tahun maka saran saya adalah mengganti aki kalian dengan aki yang baru.

Pastikan kalian memilih aki yang berkualitas dan memadai, jika tidak maka aki kalian akan mudah rusak. Selain itu hindari memakai aki bekas, karena aki bekas juga mudah mengalami tekor atau soak.


Oke sekian artikel saya kali ini Cara Mudah Mengatsi Aki Kering Yang Tekor semoga bermanfaat, dan terimakasih juga telah mengunjungi blog saya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel