Cara Mengatasi Rasa Gugup Saat Berbicara Di Depan Umum

Cara Mengatasi Rasa Gugup Saat Berbicara Di Depan Umum

Mungkin semua orang pasti pernah merasakan rasa gugup, mungkin yang berbeda adalah seberapa sering kalian gugup dan gimana tingkah laku kalian saat gugup. Saat akan tampil di depan umum kita sudah mempersiapkan segalanya agar pelaksanaan berjalan dengan lancar.

Namun pada saat hari acara tiba dan saat kalian akan tampil di depan umum rasa gugup melanda diri kita. Yaaa, tentu kita jengkel dengan rasa gugup ini, ketika semua sudah siap dengan matang malah rasa gugup yang menjadikan kita tampil tidak maksimal dan sempurna.

Nah, di sini saya akan membagikan beberapa tips yang mungkin akan berguna untuk kalian yang akan tampil di depan umum atau acara-acara yang penting. Simak saja artikel saya kali ini agar kalian mengetahuinya.

Penyebab terjadinya gugup?

Gugup merupakan masalah mental. Orang yang mudah gugup biasanya disebabkan oleh syaraf yang terlalu aktif.

Gugup biasanya timbul pada saat kita akan berpidato, mempresentasikan tugas,atau berada di depan khalayak ramai, belum maju aja jantung udah berdebar, keringat dingan dan gemeteran.

Secara psikologis hal yang membuat kita menjadi gugup adalah pikiran ragu-ragu yang kita miliki. Kalian harus menghilangkan pikiran tersebut dengan hal yang bisa membuat kalian merasa percaya diri. 

Mungkin kalian belum mengetahui, gimana sih cara agar kita merasa percaya diri? Kalian bisa mengikuti beberapa cara yang saya berikan agar tidak gugup saat berbicara di depan umum.

Cara mengatasi gugup

1.Latih nafas kalian
 Biasanya pada saat rasa gugup melanda pola bernafas kita tidak beraturan, jadi jika kalian merasa gugup coba untuk tarik nafas dan buang perlahan agar kalian merasa tenang, jika kalian susah untuk menenangkan diri mintalah bantuan teman agar menuntuk kalian untuk mengatur nafas, karena biasanya pada saat gugup melanda kalian akan merasa panik juga.

2.Fokus
 Tinggalkan semua fikiran yang tidak berhungan atau tidak penting dengan anda saat itu, fokuslah pada tujuan anda saat merasa gugup. Jangan hiraukan apa yang terjadi.

3.Berlatih
 Siapa bilang berlatih tidak mempengaruhi rasa gugup. Ketika kalian sering berlatih, dan menempatkan diri pada posisi gugup, maka akan menambah kepercayaan diri kalian. Apalagi kalian pernah mengalami hal tersebut, maka kalian tidak asing lagi dengan keadaan gugup.

4.Tidak semua peduli pada kalian
 Apakah kalian tahu? Kenapa rasa gugup melanda diri kita? Hal ini terjadi karena kalian terfokus pada apa yang akan orang pikirkan tentang kalian. Faktanya seringkali ada orang yang justru tidak peduli, tidak terlalu mendengarkan atau sekedar biasa saja ketika mendengarkan kalian. Terutama jika kalian berbicara pada acara besar. Hampir dari seluruhan penonton banyak yang tidak peduli atau tidak mendengarkan apa yang kalian bicarakan

5.Bergeraklah
 Pada saat kalian gugup dan kalian pada posisi berdiri dengan tegang, maka kalian akan semakin terlihat gugup. Pada saat presentasi cobalah untuk menggunakan bahasa tubuh atau bergeraklah agar tersalurkan melalui gerakan. Kalian bisa aktif dalam menggunakan tangan untuk menjelaskan sesuatu dan lain sebagainya.

6.Berdoa
 Yups yang terakhir adalah berdoa, dengan kalian berdoa maka apa yang kalian kerjakan semoga diberi kelancaran agar tidak ada kendala suatu apapunm.

Itulah beberapa cara agar kalian tidak gugup saat berpresentasi, semoga bermanfaaat. trimakasih telah berkunjung di blog saya. Trimakasih banyak.
Tunggu artikel saya berikutnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel