5 Cara Mengatasi Sifat Malas Belajar

5 Cara Mengatasi Sifat Malas Belajar

5 Cara Mengatasi Sifat Malas Belajar. Bagi seorang pelajar salah satu tugas utamanya adalah belajar, karena dengan belajar pengetahuan yang kita pelajari akan kita kuasai dengan baik

Namun sering sekali kita merasa malas dalam melakukan belajar. Di zaman yang telah maju smartphone menjadi salah satu penyebab malas dalam belajar. Karena smartphone bisa digunakan untuk berinternetan, mengakses social media, dan beberapa fitur lainya, sehingga para pengguna smartphone sangat betah menggunakanya walupun berjam-jam lamanya.

Kebiasaan atau bisa juga disebut kecanduan dalam menggunakan smartphone membuaat sesorang malas dalam belajar karena sudah merasa nyaman saat menggunakan smartphone. JIka kondisi seperti ini terus di biarkan akan menimbulkan efek buruk bagi orang tersebut. Lalu bagaimanakah cara mengatasinya? tenang saja silahkan simak baik-baik ulasan berikut ini.

5 Cara Mengatasi Sifat Malas Belajar

1. Mengingat tujuan awal bersekolah

Saat semangat anda mulai berkurang dalam menjalani pendidikan atau sekolah, salah satu yang bisa anda lakukan adalah mengingat tujuan awal anda bersekolah. Setiap orang pasti mempunyai tujuan masing-masing, dan memiliki alasan masing-masing untuk melanjutkan sekolah.

Dengan mengingat kembali apa tujuan kalian melanjutkan sekolah, maka kalian akan berfikir masih ada cita-cita dan tujuan yang harus kalian kejar dan kalian gapai. Dengan cara belajar dengan rajin dan sungguh kalian bisa menggapai cita-cita kalian.

2. Kurangi penggunaan smartphone


Seperti yang saya bahas di awal tadi, salah satu penyebab malas belajar adalah smartphone. Pada zaman yang sudah modern ini maka kita tidak heran lagi jika semua orang memiliki smartphone, dan smartphone adalah salah satu alat komunikasi yang populer pada saat ini. Bahkan hampir semua aktivitas dimudahkan dengan adanya smartphon, contohnya saja toko online, kita dapat membeli barang tanpa datang ke toko sang penjual.

Jika penggunaan smartphone dilakukan secara berlebihan maka dapat berpengaruh terhadap seorang pelajar, menjadi malas belajar karena sudah asik bermain smartphone. Bahkan untuk membaca buku saja tidak mau. Akibatnya adalah kurangnya pengetahuan karena kurangnya membaca, yaa.. walaupun samarthphone juga bisa untuk mencari informasi melalui internet.

Oleh karena itu seorang pelajar harus bijak menggunakan smartphone, harus pintar mengatur waktu saat belajar dan waktu bermain smartphone.

3. Mengubah metode belajar

Salah satu penyebab seorang pelajar malas untuk belajar adalah metode belajar yang itu itu aja alias monoton. Metode belajar yang monoton menjadi pelajar malas dalam melakukan belajar.

Jika sudah merasa bosan dengan metode belajar yang itu itu aja, silahkan ganti dengan metode baru atau bisa juga dilakukan secara bervariasi. Misalnya jika selama ini belajar di dalam kamar atau kelas bisa mencoba untuk belajar di luar ruangan.

4. Melakukan liburan atau refresing

Berlibur saya rasa adalah perlu, karena belajar yang berlebih juga tidak baik. Belajar secara berlebih akan menimbulkan juga kejenuhan dan membuat pelajar enggan melakukan belajar.

Maka dari itu melakukan liburan itu perlu agar kondisi psikologis kembali segar. Cobalah untuk berjalan jalan ke kebun, berlibur di pantai, bersepeda, melakukan camping, dan melakukan aktivitas liburan lainya.

5. Buat dan tentukan target yang akan di capai

Contohnya adalah membuat target juara kelas, juara umum lomba, dan sebagainya. Target tersebut dapat menjadi penyemangat kalian dalam melakukan belajar agar bisa mencapainya.
Dengan adanya target yang jelas kalian tidak lagi bermalas malasan dalam belajar.

Demikianlah pembahasan 5 Cara Mengatasi Sifat Malas Belajar yang dapat kalian coba dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat dan juga terimakasih telah mengunjungi.







Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel