10 Cara Mudah Menghafal Alquran TERBUKTI!

Cara Mudah Menghafal Alquran – Menjadi penghafal alquran adalah salah satu cita-cita setiap muslim, banyak keutamaan yang akan di raih jika seseorang dapat menjadi penghafal alquran.

Keutamaan yang didapatkan jika menjadi penghafal alquran antara lain kelak di dalam surga akan diberikan derajat yang tinggi. Penghafal alquran dapat memberikan mahkota di Surga untuk orang tua, terbebas dari siksa dan masih banyak keutamaan lainya.
Menjadi penghafal alquran bukanlah hal yang mudah, kadang untuk menhafal satu surat pun membutuhkan waktu berhari hari, atau bisa juga berminggu-minggu tergantung panjang ayat.
Ada banyak sekali metode yang bisa digunakan untuk menghafal alquran kalian bisa memilih salah satu metode, diantara banyaknya metode. Contohnya adalah menghafal dengan cara metode 3T+1M.
Berikut ini adalah cara mudah menghafal alquran, silahkan kalian simak baik-baik.

10 Cara Mudah Menghafal Alquran

Oke kali ini saya akan membagikan cara mudah untuk menghafal alquran bagi kalian yang ingin menjadi penghafal alquran.

1. Niat Dan Ikhlas Karena Allah

Hal yang paling penting dan paling awal adalah untuk memulai hafalan dengan niat karena allah taala, karena niat adalah salah satu kunci untuk memulia hafalan. Jangan berniat selain allah, contohnya niat menghafal alquran agar di puji orang. Sebaiknya hindari niat seperti itu atau jangan lakukan hafalan jika kalian memilki niat seperti itu, karena akan percuma tidak akan mendapatkan apa-apa.

2. Melakukan Sholat Hajat

Cara selanjutnya adalah menunaikan sholat hajat, minta untuk diberi kemudahan dan kelancaran saat melakukan hafalan, karena segala sesuatu hanyalah milik allah.

3. Menjauhi Maksiat

Imam Syafii pernah bercerita kepada gurunya tentang susahnya dia saat menghafal. Lalu gurunya berkata dan menasehatinya untuk menjauhi maksiat. Karena ilmu adalah cahaya, dan cahaya Allah tidak akan diberikan kepada orang yang bermaksiat.

4. Meneguhkan Keyakinan

Tanamkan kepada diri sendiri jika  menghafal alquran itu mudah, karena jika kalian yakin jika menghafal alquran itu mudah, kalian akan tersugesti dan menghafal alquran menjadi mudah. Begitu pula sebaliknya jika kalian menanamkan pada diri jika menghafal alquran itu sulit maka kalian akan terasa sulit juga saat menghafal alquran.

5. Meminta Doa Restu Kepada Orang Tua

Doa restu orang tua juga salah satu kunci untuk menghafal alquran, terutama ibu, karena ridho ibu juga ridho allah. Maka dari itu sebelum memulai melakukan hafalan silahkan kalian meminta restu kepada kedua orang tua kalian masing-masing.

6. Mencari Guru Pembimbing

Untuk menhafal alquran kalian tidak bisa sendirian kalian akan butuh guru pembimbing agar bisa membimbing kalian untuk menhafal alquran, kalian bisa mendapatkan koreksi jika ada kesalahan hafalan atau adanya kesalahan makhrojnya. Jika kalian tidak bisa mendatangkan guru kalian bisa meminta bantuan orang tua atau saudara yang bisa membimbing kalian saat melakukan hafalan.

7. Memperbanyak Doa

Kunci selanjutnya adalah memperbanyak doa, mintalah kepada allah agar selalu di beri kemudahan dalam melakukan kemudahan untuk melakukan hafalan. Selalu berdoa juga kepada allah untuk kuatkan alquran dalam diri kalian. Semoga kalian di beri kelancaran dan kemudahan.

8. Menggunakan 1 Mushaf

Sangat saya anjuurkan menggunakan satu mushaf yang sama karena akan mempermudah proses penghafalan alquran, dari pada menggunakan banyak mushaf, akan mempersulit kalian dalam hafalan.

9. Mendengarkan Bacaan Qari

Untuk menunjang kalian dalam menghafal alquran, kalian bisa untuk membiasakan diri untuk mendengarkan bacaan qari,. Kalian bisa mendengarkan bacaan para imam-imam masjid dari masjid nabawi atau majidil haram. Selain itu kalian bisa mendengarkan qari lain yang kalian sukai. Untuk mendengarkannya kalian bisa memanfaatkan media sosial youtube yang kalian punya.

10. Manfaatkan Teknologi

Untuk selanjutnya adalah memanfaatkan teknologi, kalian bisa memanfaatkan smartphone kalian untuk media hafalan. Kalian bisa mendownload aplikasi alquran di play store atau appstore. Ketika kalian berada di luar rumah dan tidak membawa alquran pada saat waktu luang kalian bisa menggunakan aplikasi alquran yang sudah kalian download tadi untuk menambah hafalan atau mengulang hafalan.
Oke sekian artikel dari saya 10 Cara Mudah Menghafal Alquran semoga bermanfaat, dan terimakasih juga telah mengunjungi artikel saya.